5 Jus Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil
Kehamilan

5 Jus Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

September 25th 2022

Meminum jus buah penambah darah untuk ibu hamil adalah hal yang sangat baik dilakukan selama masa kehamilan. Hal ini karena ibu hamil merupakan kelompok orang yang sangat berisiko mengalami anemia. Anemia yang sering terjadi pada ibu hamil adalah anemia akibat kurangnya zat besi dalam tubuh.

Anda mungkin pernah merasa pusing, lemas, dan sulit berkonsentrasi dalam beraktivitas sehari-hari. Gejala tersebut bisa merupakan tanda Anda mengalami anemia. Anemia dalam kehamilan merupakan kondisi yang tak dapat diremehkan.

Sebagai ibu hamil, Anda harus sigap dalam mengatasi anemia. Tentunya selain suplemen dari dokter, ada beberapa makanan termasuk buah-buahan yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi anemia. Berikut akan dijelaskan mengenai anemia dalam kehamilan dan rekomendasi jus buah penambah darah untuk ibu hamil.

Bahaya anemia dalam kehamilan

ilustrasi Bahaya anemia dalam kehamilan
Sumber gambar

Anemia merupakan kondisi kurangnya hemoglobin dalam darah. Hemoglobin merupakan protein yang terbentuk dari zat besi. Ada banyak tipe anemia, namun salah satu yang paling banyak diderita oleh ibu hamil adalah anemia defisiensi besi.

Anemia defisiensi besi terjadi karena cadangan zat besi dalam tubuh tak mampu memenuhi kebutuhan. Apabila Anda sedang hamil, volume darah yang dibutuhkan untuk menyalurkan nutrisi ke janin akan semakin banyak. Oleh karena itu, tubuh perlu membentuk banyak hemoglobin sehingga kebutuhan akan zat besi pun bertambah pesat.

Zat besi yang tidak memadai membuat tubuh tak dapat membentuk hemoglobin. Padahal, hemoglobin berfungsi mengikat oksigen. Kondisi ini akan menyebabkan kurangnya oksigen yang disalurkan ke janin.

Hal ini akan mengakibatkan banyak masalah pada ibu dan janin. Masalah pada ibu terjadi selama persalinan, yaitu jika ibu mengalami perdarahan pasca persalinan. Hemoglobin yang rendah membuat ibu semakin sulit menjalani pemulihan pasca bersalin.

Sedangkan, anemia berbahaya bagi janin karena dapat mengakibatkan persalinan prematur, berat badan lahir rendah, IUGR (janin gagal berkembang), IUFD (kematian janin dalam rahim), hingga bayi lahir dalam kondisi meninggal. Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi pada janin dalam kandungan. Oleh karena itu, penting melakukan perawatan prenatal rutin ke dokter. Tak hanya pemeriksaan rutin, Anda bisa mencoba tes NIPT untuk mengetahui kelainan kromosom pada janin sejak dini.

Rekomendasi jus buah penambah darah untuk ibu hamil

ilustrasi jus buah
Sumber gambar

Nah, setelah mengetahui bahaya anemia, kini saatnya Anda berusaha untuk mencegah atau mengatasi hal tersebut. Dokter tentu akan memberikan suplemen tablet besi sebagai cara tercepat untuk mengatasi anemia. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi makanan lain, seperti daging, hati, dan jus buah. Berikut adalah rekomendasi jus buah penambah darah untuk ibu hamil yang praktis untuk dibuat di rumah.

Aprikot

Aprikot merupakan jus buah penambah darah untuk ibu hamil yang terbaik. Satu buah aprikot dengan berat 30g mengandung 0.9mg zat besi, cukup banyak dibandingkan jenis buah lain. Selain zat besi, aprikot juga kaya akan vitamin A yang baik untuk meningkatkan sistem imun dan perkembangan mata janin.

Sultana

Sultana adalah sejenis anggur berwarna hijau tanpa biji. Orang sering menyebutnya kismis. Namun jangan salah, sultana adalah sejenis kismis yang berwarna kuning cerah dan kadang kehijauan, bukan kecoklatan.

Buah ini memiliki kandungan zat besi terbanyak kedua setelah aprikot, yaitu 0.7mg tiap 30g sultana. Rasa manis asam yang dimiliki sultana membuat buah ini cocok dikonsumsi ibu hamil yang mengalami morning sickness. Anda juga dapat mencampur buah ini dengan susu.

Plum

Tiap 30g plum mengandung 0.3mg zat besi. Tak hanya itu, plum juga mengandung banyak serat, kalium, dan vitamin K. Serat berguna dalam mengatasi konstipasi yang banyak dialami ibu hamil. Sedangkan, vitamin K merupakan komponen penting dalam proses pembekuan darah ketika terjadi perdarahan. Kandungan zat gizi yang beragam tersebut menjadikan plum sebagai jus buah penambah darah untuk ibu hamil yang sangat populer di masyarakat.

Jeruk

ilustrasi jus jeruk
Sumber gambar

Jeruk memang bukan merupakan buah yang banyak mengandung zat besi. Akan tetapi, jeruk sangat kaya akan vitamin C. Vitamin C dan zat besi adalah dua zat yang saling melengkapi dan membantu penyerapan satu sama lain.

Apabila dokter memberikan Anda suplementasi tablet besi, konsumsilah jus jeruk pada saat bersamaan. Vitamin C dalam jeruk akan membuat penyerapan zat besi menjadi optimal. Selain itu, vitamin C akan membantu meningkatkan sistem imun yang berguna dalam melawan penyakit.

Tomat

Sama seperti jeruk, tomat juga membantu penyerapan zat besi karena kandungan vitamin C yang tinggi. Anda dapat mencampur tomat, apel, dan wortel untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. Tak hanya vitamin C, tomat juga kaya akan antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh.

Itulah 5 jenis jus buah penambah darah untuk ibu hamil yang paling baik untuk dikonsumsi. Apabila ingin memperoleh manfaat optimal dari buah-buahan tersebut, Anda bisa melakukan tes nutrigenomik. Tes nutrigenomik akan memberikan gambaran mengenai jenis makanan dengan kode genetik yang cocok dengan gen Anda sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Anemia merupakan masalah yang umum dialami oleh ibu hamil. Akan tetapi, jangan pernah meremehkan kondisi ini. Lakukanlah perawatan prenatal secara rutin dan ikuti anjuran dari dokter. Selain itu, cobalah konsumsi jus buah penambah darah untuk ibu hamil sekali dalam sehari untuk mencegah dan mengatasi anemia dalam kehamilan.

Sumber:

  1. https://www.health.qld.gov.au/__data/assets/pdf_file/0023/150089/antenatal-iron.pdf
  2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/iron-rich-foods-for-pregnancy#sources-of-heme-iron
  3. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/anemia-during-pregnancy/art-20114455#:~:text=Severe%20iron%20deficiency%20anemia%20during,weight%20baby%20and%20postpartum%20depression

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id