Usia Janin 6 Bulan Ini Hal yang Perlu Diperhatikan
Kehamilan

Usia Janin 6 Bulan Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

Mei 27th 2022

Janin 6 bulan sudah seperti apa ya di dalam perut? Selain berat badan yang bertambah, paru-paru, telinga, dan kelopak matanya telah berkembang lho di trimester kedua ini.

Program hamil akhirnya membawa Anda ke kehamilan pertama yang penuh pengalaman baru. Setelah berlega hati dengan hasil NIPT test yang menunjukkan janin dalam kondisi sehat dan tidak ada indikasi kelainan genetik, kini Anda sudah bisa fokus kembali pada pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam perut.

Di trimester pertama Anda telah melewati berbagai hal yang melelahkan seperti mual yang nyaris datang sepanjang hari, nyeri payudara, selalu ingin buang air kecil terus menerus, sakit kepala, dan lain sebagainya. Kini Anda akan bertemu banyak tantangan berbeda di trimester kedua. Di usia janin 6 bulan ada banyak perkembangan yang dialami oleh janin.

Perkembangan janin 6 bulan di dalam perut

ilustrasi perkembangan janin 6 bulan
Sumber gambar

Janin 6 bulan atau berusia 24 minggu umumnya telah tumbuh sekitar 21,3 cm dari bagian atas kepala hingga bagian bawah bokong.

Berat badan janin 6 bulan

Tinggi bayi kira-kira sudah 30,4 cm dengan berat rata-rata sekitar 665 gram. Beratnya mungkin sudah naik 3-6 ons dari minggu sebelumnya. Berat badan bayi berasal dari penambahan lemak yang tak sekedar menghaluskan kerutan kulitnya namun juga membantu mempertahankan panas tubuh ketika berenang di dalam air ketuban Anda. Perkembangan apalagi ya yang dimilikinya?

Perkembangan paru-paru

Di usia 24 minggu ini, cabang-cabang paru-paru bayi telah terbentuk serta sel-sel telah memproduksi surfaktan (zat alami yang melapisi kantung udara kecil) di paru-paru untuk memungkinkan pernapasan. Walaupun demikian, di usia ini paru-paru masih belum matang sehingga bayi lahir terlalu dini ia akan mengalami kesulitan bernapas.

Perkembangan telinga

Telinga bagian bayi telah berkembang untuk mengontrol pendengaran dan keseimbangan. Ia juga sudah bisa merespon suara sehingga Anda sudah bisa mengajaknya berkomunikasi, membacakannya cerita atau memutarkan lagu untuknya.

Perkembangan kelopak mata

Kelopak mata telah terbentuk di trimester pertama namun masih tertutup rapat dan belum terpisah hingga sekitar minggu ke-11. Kelopak mata mulai terpisah di minggu ke-20, sedangkan di minggu ke-24 mulai membentuk bentuk akhir.

Di usia 24 minggu bayi yang terpaksa dilahirkan lebih dini hanya memiliki 42%-59% peluang untuk bertahan hidup. Paru-paru yang belum terbentuk sempurna membuat bayi kesulitan bernapas dan cenderung membutuhkan perawatan medis tingkat lanjut.

Tanda-tanda yang menyertai usia kehamilan janin 6 bulan

ilustrasi ibu dengan janin 6 bulan
Sumber gambar

Ada beberapa tanda yang menyertai kehamilan di usia 24 minggu ini, di antaranya:

  • Sakit dan nyeri khususnya di punggung dan pinggul
  • Kontraksi palsu
  • Mengidam makanan
  • Seringkali lupa
  • Mengalami kram kaki
  • Hidung tersumbat
  • Nyeri pada ligamen

Yang perlu diperhatikan bila hamil janin 6 bulan

tanda kehamilan janin 6 bulan
Sumber gambar

Sekalipun di usia kehamilan trimester kedua risiko keguguran tidak sebesar di trimester pertama, namun masih banyak hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

Penambahan berat badan ibu

Selain janin, Anda juga mulai mengalami penambahan berat badan serta perut yang terlihat semakin buncit. Perlu diingat bahwa pedoman kehamilan merekomendasikan penambahan berat badan di trimester kedua sekitar hanya sekitar 450 gram setiap minggunya.

Para ahli merekomendasikan agar semua ibu hamil mendapatkan skrining diabetes gestasional atau kemungkinan kadar gula darah yang tinggi selama kehamilan. Bila sejak awal Anda tidak berisiko tinggi terhadap diabetes gestasional, biasanya skrining ini tetap dilakukan di antara usia kehamilan 24-28 minggu. Hindari terlalu banyak makanan yang manis dan tetap berolahraga agar berat badan tidak meningkat berlebihan dan terhindari dari risiko diabetes gestasional.

Perubahan pada kulit

Di trimester kedua ini Anda mungkin menyadari bahwa ada garis gelap di perut yang muncul dari tulang kemaluan ke pusar. Garis ini disebut dengan linea nigra yang umumnya tidak berbahaya, yang menunjukkan adanya perubahan hormon.

Linea nigra ini akan memudar dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan setelah bayi dilahirkan. Anda bisa mengoleskan lotion di perut untuk membantu menjaga kelembaban kulit perut dan mempercepat pudarnya linea nigra, serta mencegah semakin parahnya stretch mark dan rasa gatal di sekitar perut.

Terjadinya heartburn dan refluks asam

Heartburn seringkali terjadi di trimester kedua dan ketiga, di mana rahim terus tumbuh menekan ke atas perut Anda. Selain itu, semakin besarnya janin juga ikut memperparah gejala heartburn yang dirasakan, yang menyebabkan asam lambung naik dan memicu sensasi seperti terbakar di kerongkongan.

Untuk meredakan heartburn dan refluks asam, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut:

  • Tidak langsung berbaring setelah makan
  • Menyusun bantal lebih tinggi sehingga menurunkan risiko naiknya asam lambung
  • Menghindari makanan pedas, terlalu berminyak, makanan berlemak atau makanan yang terlalu asam
  • Membagi porsi makanan menjadi porsi lebih kecil sehingga tidak membuat perut terasa penuh
  • Nikmati waktu makan Anda dan kunyah dengan baik makanan agar tidak memicu refleks muntah

Adanya pembengkakan kaki

Anda mungkin melihat pergelangan kaki dan tangan yang membengkak di usia kehamilan janin 6 bulan. Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa Anda mungkin kurang beristirahat atau berdiri terlalu lama. Namun bila Anda tidak merasa ada hal yang memicu pembengkakan kaki dan tiba-tiba saja pergelangan kaki dan tangan membengkak dalam waktu semalam, maka ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter atau bidan untuk memastikan apakah kondisi Anda ada kaitannya dengan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi semasa kehamilan disebut preeklamsia yang dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin, serta meningkatkan risiko still birth (lahir mati).

BACA JUGA: Mengenal NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Bertambahnya usia kehamilan dari minggu ke minggu sama halnya dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap semua hal yang mungkin terjadi. Untuk menurunkan risiko hal yang mengganggu kehamilan, pastikan untuk mendapatkan pemeriksaan rutin di bidan atau dokter sesuai yang telah dijadwalkan. Semangat ya, tinggal 16 minggu lagi!

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/6-months-pregnant
  2. https://www.motherandbaby.co.uk/pregnancy/month-by-month/six-months-pregnant/
  3. https://www.verywellfamily.com/24-weeks-pregnant-4159040

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id