Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Janin 5 Bulan
Kehamilan

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Janin 5 Bulan

Juli 8th 2022

Janin 5 bulan sudah berbentuk bayi sempurna namun ukurannya kira-kira masih sebesar buah pisang berukuran besar. Kabar baiknya, Anda sudah bisa tahu jenis kelaminnya, lho.

Akhirnya kehamilan Anda sampai di trimester kedua setelah menjalani rangkaian proses panjang mulai dari program hamil, hingga tanda-tanda awal kehamilan di trimester pertama yang melelahkan. Perubahan yang Anda alami di trimester kedua ini memang tidak sesignifikan di trimester sebelumnya. Apalagi, janin 5 bulan sudah berbentuk bayi sempurna dengan jemari dan kaki tangan serta penampakan yang lengkap.

Saat usia janin 5 bulan, Anda sudah bisa mengetahui jenis kelaminnya melalui pemeriksaan USG. Tetapi hasilnya mungkin tidak selalu akurat, terutama bila posisi janin terus berubah atau janin tidak berhenti bergerak selama pemeriksaan. Kabar baiknya, Anda bisa mengetahui jenis kelamin bayi lebih awal tanpa harus menunggu kehamilan berkembang hingga masuk trimester kedua.

Adalah NIPT test yang sudah bisa dilakukan sejak usia kehamilan 10 minggu, yang bisa membantu mengetahui jenis kelamin bayi dengan lebih akurat sejak dini. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan manfaat lain dengan pemeriksaan tersebut, seperti mendeteksi adanya kelainan genetik pada janin. Untuk mendapatkan tes tersebut, terlebih dahulu Anda bisa berdiskusi dengan dokter kandungan Anda.

Nah, sekarang yuk ketahui apa saja perubahan yang dialami janin dan Anda di usia 5 bulan kehamilan ini.

Perubahan yang dialami janin 5 bulan

ilustrasi Perubahan yang dialami janin 5 bulan
Sumber gambar

Di usia kehamilan 21 minggu ini, janin berukuran kira-kira 18,1 cm bila diukur dari kepala ke pantat; atau sepanjang 25,9 cm bila diukur dari kepala ke tumitnya. Beratnya berkisar 398 gram, mirip seperti 4 butir telur berukuran besar. Anda akan merasakan pergerakan janin yang cukup sering karena ia sibuk bergerak dan menelan cairan ketuban.

Saat ini, plasenta masih menjadi sumber nutrisi utama bagi janin, namun sistem pencernaannya belum matang dan terus berkembang. Pankreasnya baru mulai memproduksi enzim untuk mengurai makanan yang dicerna, dan ususnya sedang tumbuh lebih panjang untuk menyerap nutrisi yang didapatkan melalui cairan ketuban yang ditelannya.

Liver janin memproduksi sebagian besar sel darah merah, sementara sumsum tulang belakang masih hanya membantu produksi sel darah merah tersebut. Kira-kira 3 minggu kemudian, sumsum tulang akan mengambil alih produksi utama sel darah merah pada janin.

Jika di usia 11 minggu kelopak mata mulai terbentuk namun masih menempel, di usia ini kelopak mata mulai terpisah untuk segera bisa terbuka dan berkedip. Alat kelaminnya pun sudah sempurna, penis atau vagina janin serta kedipan matanya ini bisa Anda lihat dengan jelas melalui pemeriksaan USG 4D.

Selain itu, di sekujur tubuh janin akan dipenuhi dengan lapisan lembut yang disebut vernix caseosa, yang membungkus dan melindungi janin dari cairan ketuban. Rambut-rambut halus juga memenuhi tubuh janin. Rambut ini disebut lanugo, yang sebagian akan masih menempel pada tubuh bayi saat dilahirkan namun akan segera menghilang. Keduanya berfungsinya untuk membantu menjaga suhu tubuh janin agar tidak kedinginan.

Sejak usia kehamilan ini, Anda bisa mulai menghitung pergerakan janin karena gerakannya yang semakin kuat. Pada pertumbuhan janin ini, asupan zat besi dan kalsium sangatlah penting untuk janin. Apabila lebih dari 5 jam Anda tidak merasakan pergerakan janin, sebaiknya dapatkan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada masalah dengan janin.

Tanda-Tanda kehamilan yang dirasakan di usia kehamilan 5 bulan

ilustrasi Tanda-Tanda kehamilan yang dirasakan di usia kehamilan 5 bulan
Sumber gambar

Dibandingkan trimester pertama Anda mungkin tidak akan banyak mengalami masalah morning sickness dan mual, sehingga di usia kehamilan ini Anda bisa lebih menikmati makanan dan mengidam makanan tertentu. Namun masalah kehamilan lain justru muncul dan menjadi tantangan baru bagi Anda.

Adapun beberapa tanda-tanda yang menyertai di usia kehamilan 5 bulan ini, adalah:

  • Seringkali merasakan sakit punggung akibat ukuran perut yang semakin besar
  • Mengidam makanan
  • Mudah lupa
  • Mengalami heartburn (naiknya asam lambung ke kerongkongan)
  • Mengalami kram dan pembengkakan kaki akibat penambahan berat badan yang sering dialami di malam hari, setelah duduk atau berdiri terlalu lama atau ketika cuaca sedang panas
  • Munculnya varises, yaitu vena yang bengkok dan terlihat menonjol pada kulit, biasanya berwarna ungu atau kebiruan. Varises pada kehamilan disebabkan karena penambahan berat badan, tumbuhnya rahim, perubahan hormon dan adanya cairan ekstra di dalam tubuh
  • Hidung sering tersumbat
  • Merasakan nyeri ligamen
  • Perubahan kulit

Tips menjaga kehamilan sehat ketika janin 5 bulan

ilustrasi menjaga kesehatan di usia kehamilan 5 bulan
Sumber gambar

Untuk mengurangi keluhan sakit punggung, kaki bengkak dan juga varises, biasanya Anda akan disarankan untuk berolahraga dan mengatur pola diet sehat. Olahraga yang bisa Anda lakukan di usia kehamilan ini, seperti:

  • Berjalan kaki atau jogging di tempat yang rindang dan tidak terlalu panas
  • Yoga prenatal
  • Berenang
  • Mengikuti kelas dansa atau aerobik low impact
  • Angkat beban yang ringan
  • Bersepeda statis
  • Melakukan peregangan khususnya pada kaki

Anda tidak perlu khawatir akan penambahan berat badan di usia kehamilan ini. Walaupun perut sudah semakin terlihat buncit, di usia kehamilan 5 bulan Anda justru harus menambahkan 300 kalori tambahan yang berguna untuk kebutuhan nutrisi janin. Tetapi sebaiknya pilih tambahan kalori ini dari makanan yang sehat saja, ya. Lebih baik hindari dulu makanan cepat saji seperti burger, pizza, sosis bakar, atau minuman manis seperti bubble, milk tea, dan juga milkshake atau minuman manis lainnya.

Pola diet sehat yang disarankan di usia kehamilan ini yaitu:

  • Protein rendah lemak seperti unggas, ikan, dan daging sapi
  • Produk susu rendah lemak
  • Produk gandum utuh
  • Buah-buahan segar
  • Sayuran segar
  • Lemak tak jenuh tunggal seperti yang terkandung di dalam kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun dan alpukat

Di usia kehamilan 5 bulan, ibu hamil juga rawan mengalami infeksi saluran kencing. Untuk menghindari adanya infeksi saluran kencing, Anda disarankan untuk minum cukup air, mengelap dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil atau buang air besar, menghindari pakaian yang terlalu ketat, dan memilih jenis celana dalam berbahan katun yang lebih dingin dan berpori-pori.

BACA JUGA: Program Hamil Perlu Tes Genetik? Ini Penjelasannya

Keguguran mungkin sudah bukan ancaman bagi kehamilan di usia janin 5 bulan, tetap waspada apabila Anda menemukan tanda-tanda seperti pendarahan, kram perut yang parah, nyeri punggung, demam, sakit saat buang air kecil, muntah-muntah, dan keputihan disertai bau tak sedap. Segera hubungi dokter dan diskusikan dengannya akan kondisi Anda, sehingga Anda bisa segera mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

Sumber:

  1. https://www.verywellfamily.com/21-weeks-pregnant-4159022
  2. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/week-by-week/21-weeks-pregnant/
  3. https://www.healthline.com/health/pregnancy/5-months-pregnant#see-a-doctor
  4. https://www.motherandbaby.co.uk/pregnancy/month-by-month/five-months-pregnant/

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id