Manfaat Infused Water untuk Ibu Hamil
Kehamilan

Manfaat Infused Water untuk Ibu Hamil

September 21st 2022

Konsumsi infused water untuk ibu hamil adalah kegiatan yang marak dilakukan akhir-akhir ini. Berbagai berita dan artikel mengenai manfaat infused water telah beredar secara luas di masyarakat. Banyak orang mulai mempraktikkan hal ini dan menjadikannya sebagai rutinitas yang sehat.

Tren inilah yang membuat ibu hamil mulai banyak membuat dan mengonsumsi infused water dalam keseharian mereka. Konsumsi infused water untuk ibu hamil dikatakan memiliki segudang manfaat yang tak kalah besarnya daripada dikonsumsi orang biasa. Akan tetapi, masih ada pula sebagian ibu hamil yang ragu untuk menerapkan pola hidup demikian.

Seperti yang telah diketahui, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan dan minuman. Lalu, apakah infused water untuk ibu hamil itu aman? Jika memang aman, apa saja manfaat infused water untuk ibu hamil? Bagaimana cara pembuatan infused water yang benar bagi ibu hamil? Simak penjelasan berikut.

Pembuatan infused water untuk ibu hamil yang aman

ilustrasi pembuatan infused water
Sumber gambar

Pada dasarnya, semua jenis buah dapat digunakan sebagai infused water untuk ibu hamil yang aman. Tentu saja selama buah tersebut dikupas, matang, dan dicuci dengan bersih. Tidak ada pantangan buah tertentu yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Satu-satunya buah yang pantang dikonsumsi ibu hamil adalah papaya yang dimakan bersama kulitnya. Itulah mengapa penting untuk mengupas buah terlebih dahulu sebelum melarutkannya dalam air. Buah juga harus berada dalam kondisi bersih sudah dicuci agar tidak ada bakteri yang masih menempel sehingga dapat mengakibatkan penyakit pada ibu hamil.

Anda tentu tahu bahwa terserang infeksi bakteri selama hamil adalah hal yang berbahaya. Sebab jika dibiarkan berlarut-larut tanpa penanganan yang tepat, itu akan berakibat buruk juga bagi janin. Apabila Anda ingin mengetahui kelainan genetik yang terjadi pada janin dalam kandungan, sekali waktu cobalah melakukan tes NIPT di samping pemeriksaan rutin USG.

Nah, selain dari sisi buah, Anda juga harus memperhatikan kualitas air yang digunakan. Gunakanlah air matang, bersih, dan bebas dari kontaminasi mikroorganisme. Hindari menggunakan air isi ulang bagi ibu hamil. Selama Anda menerapkan prinsip-prinsip tersebut, maka konsumsi infused water untuk ibu hamil adalah rutinitas yang aman dan menyehatkan.

Manfaat infused water untuk ibu hamil

ilustrasi ibu hamil meminum infused water
Sumber gambar

Tidak banyak dokter yang menyarankan konsumsi infused water untuk ibu hamil. Hal ini karena infused water hanya mengandung sedikit nutrisi dibandingkan dengan memakan buah secara langsung. Meminum jus buah yang diblender atau diperas juga terbukti mengandung lebih banyak nutrisi daripada konsumsi infused water untuk ibu hamil.

Akan tetapi, bukan berarti infused water untuk ibu hamil sama sekali tidak bermanfaat. Berikut adalah beberapa manfaat yang masih dapat Anda peroleh ketika mengonsumsi infused water.

Hidrasi selama kehamilan

Konsumsi infused water sama seperti konsumsi cairan pada umumnya. Manfaat dari cairan secara umum adalah menghidrasi tubuh. Selama kehamilan, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan baik bagi ibu maupun untuk dipasok ke janin.

Hidrasi menggunakan infused water adalah hal yang tepat. Karena selain menyegarkan tubuh dan kulit, rasa buah yang beragam dapat mengurangi mual pada trimester pertama kehamilan. Jadi, konsumsi infused water di pagi hari dapat menjadi cara hidrasi sekaligus meredakan mual pada ibu hamil yang mengalami morning sickness.

Sarana transportasi nutrisi ke janin

ilustrasi ibu hamil sedang minum
Sumber gambar

Meski hanya mengandung sedikit nutrisi, namun infused water tetap mengandung sebagian vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Jenis vitamin dan mineral yang terkandung beragam sesuai dengan buah yang digunakan. Umumnya, infused water menggunakan buah yang kaya akan vitamin C dan A.

Tak hanya nutrisi dari infused water itu sendiri, ia juga membantu transportasi nutrisi dari makanan lain. Konsumsi infused water untuk ibu hamil dapat memperlancar proses transportasi nutrisi dari ibu ke janin. Misalkan bila tengah mengonsumsi suplemen tablet besi, Anda dapat mengonsumsi infused water jeruk secara bersamaan untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi.

Mengatur suhu tubuh

Derajat hidrasi seseorang sangat erat kaitannya dengan suhu tubuh. Seseorang yang kekurangan cairan akan mengalami peningkatan suhu tubuh. Semakin dehidrasi, maka suhu tubuh akan semakin tinggi.

Suhu tubuh yang terlalu tinggi dapat merusak beberapa organ dalam tubuh. Oleh karena itu, hidrasi selama kehamilan sangat penting. Infused water dapat membantu Anda mengontrol suhu tubuh sehingga tidak menimbulkan kerusakan terhadap organ lain.

Detoksifikasi dari zat berbahaya

Meskipun tidak berperan besar, namun cairan yang masuk ke dalam tubuh dapat mengeluarkan racun. Tak hanya itu, kandungan dari infused water dengan buah tertentu memiliki sifat alami sebagai pendetoksifikasi zat sisa. Hal ini sangat penting karena penumpukan zat sisa dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti gagal ginjal.

Itulah sekilas mengenai manfaat infused water untuk ibu hamil. Jika ingin merasakan manfaat yang lebih optimal, cobalah membuat infused water dari buah-buahan yang sesuai dengan genetik Anda. Lalu bagaimana mencari buah yang tepat bagi diri Anda? Saat ini Anda dapat melakukan tes nutrigenomik di laboratorium untuk mengetahui hal tersebut. Menarik, bukan?

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Setelah menemukan buah yang tepat, buatlah infused water yang aman sesuai panduan di atas. Konsumsi segelas infused water untuk ibu hamil sekali dalam sehari dan rasakan manfaatnya dalam tubuh.

Sumber:

  1. https://www.webmd.com/baby/what-to-know-about-drinking-water-during-pregnancy
  2. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-infused-water

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id