Tips Ibu Hamil Melahirkan Sendiri di Rumah, Seperti Apa?
Persalinan

Tips Ibu Hamil Melahirkan Sendiri di Rumah, Seperti Apa?

Juli 13th 2022

Ibu hamil melahirkan sendiri di rumah adalah hal yang biasa ditemukan di jaman dulu. Seiring perkembangan jaman, melahirkan sendiri di rumah mendatangkan pro dan kontra yang berbeda-beda.

Sejak berabad-abad lalu, sebagian besar wanita memang melahirkan sendiri di rumah. Hanya sebagian saja yang memiliki kesempatan melahirkan di rumah sakit maupun klinik, karena pada saat itu tidak ada cukup banyak klinik yang bisa menampung ibu melahirkan, dan keterbatasan teknologi yang dapat membantu proses persalinan. Dengan bantuan bidan atau dokter yang datang ke rumah, melahirkan bayi di rumah menjadi hal yang lumrah, namun tak demikian di jaman yang sudah modern ini.

Melahirkan sendiri di rumah atau dikenal juga dengan istilah home birth menghadirkan pro kontra tersendiri dari berbagai pihak. Yuk simak, apa saja sih kira-kira manfaat dan risiko bila melahirkan sendiri di rumah.

Manfaat ibu hamil melahirkan sendiri di rumah

ilustrasi manfaat melahirkan di rumah
Sumber gambar

Home birth atau melahirkan sendiri di rumah adalah proses persalinan bayi secara normal di rumah yang melibatkan bidan profesional bersertifikat khusus. Ketika memutuskan untuk menjalani persalinan home birth, Anda terlebih dahulu akan dibantu mempersiapkan banyak hal, termasuk kesehatan kehamilan, ruangan untuk persalinan, sprei atau kain bersih, air yang bersih, dan lain sebagainya.

Sebelum memilih persalinan di rumah, terlebih dahulu Anda harus tahu bahwa ada beberapa kondisi khusus yang menyebabkan Anda tidak dapat mengajukan persalinan di rumah, antara lain:

  • Anda hamil bayi kembar
  • Anda menderita preeklamsia
  • Anda memiliki riwayat diabetes tipe 1 atau 2
  • Anda mengalami diabetes gestasional
  • Anda memiliki persalinan prematur
  • Anda mengalami kolestasis kehamilan
  • Dokter telah merekomendasikan persalinan caesar, namun Anda memaksakan diri mendapatkan persalinan normal
  • Anda mengonsumsi obat tertentu
  • Anda membutuhkan epidural untuk mengurangi rasa sakit
  • Anda membutuhkan induksi untuk membantu persalinan
  • Ada gangguan pertumbuhan dengan janin sehingga meningkatkan risiko kebutuhan NICU setelah dilahirkan
  • Tidak merasa benar-benar yakin akan keamanan melahirkan sendiri di rumah

Untuk dapat menjalani persalinan di rumah, mendekati tanggal perkiraan persalinan, kondisi kehamilan dan janin akan terus dipantau, baik tekanan darah, tingkat oksigen, suhu tubuh, denyut jantung janin, pergerakan janin dan juga kontraksi yang mulai dirasakan. Bidan akan memantau lebih intens untuk mempertimbangkan apakah kondisi Anda siap untuk melahirkan sendiri di rumah atau harus mendapatkan bantuan penanganan medis di klinik atau rumah sakit.

Menurut American Pregnancy Association, melahirkan sendiri di rumah memberikan banyak manfaat, misalnya seperti:

  • Perasaan aman dan lebih nyaman, lebih terkontrol dan juga menenangkan
  • Kemampuan untuk lebih cepat sembuh dan menurunkan risiko depresi pasca persalinan karena perasaan aman yang dirasakan
  • Kemampuan untuk bergerak lebih bebas dan tidak canggung, bisa mandi, makan, tidur lebih nyaman karena berada di rumah sendiri yang tentu saja mempengaruhi mental ibu hamil dalam persalinan
  • Menurunkan potensi intervensi obat-obatan
  • Mendapatkan lebih banyak dukungan moril dengan kehadiran keluarga dan perasaan familiar
  • Semua keuntungan tersebut dapat mempengaruhi dan mendukung kesehatan mental ibu, sehingga menurunkan risiko postpartum depression yang kerap dialami setelah melahirkan.

Tips bila ingin melahirkan sendiri di rumah

ilustrasi tips melahirkan di rumah
Sumber gambar

Jika memang keputusan Anda sudah bulat untuk melahirkan sendiri di rumah, maka tips berikut akan sangat membantu persiapan Anda dan keluarga demi mensukseskan persalinan home birth Anda:

  • Persiapkan dengan baik segala kebutuhan persalinan home birth maupun rencana cadangan bila Anda harus mendapatkan perawatan darurat di rumah sakit/klinik. Pastikan ada rumah sakit/klinik yang siap untuk dituju dan menerima Anda
  • Ikuti kelas persalinan bersama pasangan sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan untuk melancarkan persalinan, baik teknik pernapasan maupun kapan harus mendorong bayi keluar
  • Dengarkan cerita dan pengalaman orang yang terlebih dahulu melakukan persalinan di rumah, sehingga Anda mendapatkan banyak masukan untuk menyempurnakan persiapan Anda
  • Persiapkan diri untuk mengelola rasa sakit saat melahirkan, terutama bila tidak terdapat banyak intervensi obat yang dapat membantu meringankan rasa sakitnya

Ibu melahirkan sendiri di rumah memiliki risiko yang besar, pertimbangkan lagi yuk!

Walaupun persalinan home birth telah direncanakan sedemikian rupa, namun penelitian menunjukkan bahwa ada risiko signifikan yang bisa membahayakan ibu dan janin dibandingkan persalinan yang dilakukan di rumah sakit atau klinik, misalnya seperti:

  • Kebersihan dan higienitas
  • Risiko komplikasi persalinan seperti pendarahan
  • Risiko infeksi pada ibu maupun janin
  • Kebutuhan bayi baru lahir akan akses oksigen maupun NICU
  • Risiko janin yang terlalu besar sehingga membutuhkan episiotomi
  • Risiko robekan vagina yang membutuhkan jahitan

Adanya komplikasi kehamilan yang melatarbelakangi kehamilan juga perlu dipertimbangkan agar tidak membahayakan jiwa ibu dan janin. Selama menjalani program hamil, Anda tentu mendapat banyak penjelasan tentang segala risiko komplikasi kehamilan yang bisa dialami ibu hamil, mulai diabetes gestasional, preeklamsia, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan lain sebagainya.

Kesemua komplikasi kehamilan sangat mungkin terjadi kapan saja, dan membutuhkan pertolongan medis dengan peralatan yang seharusnya mumpuni. Bayangkan saja bagaimana bila Anda melahirkan di rumah, dan ternyata Anda atau janin mengalami komplikasi dan tidak ada alat serta teknologi memadai untuk membantu persalinan? Tentu saja masalah yang baru akan muncul begitu komplikasi kehamilan tidak tertangani dengan baik, risiko kematian janin maupun ibu hamil tak dapat terhindari lagi.

Belum lagi jika ternyata bayi memiliki kelainan genetik, yang sebenarnya sudah bisa diketahui sejak trimester pertama kehamilan melalui NIPT test, akan sulit bagi bidan atau dokter memaksimalkan pertolongan pada janin jika tidak ada alat dan teknologi yang tersedia.

Risiko harus dirujuk ke rumah sakit /klinik ketika ibu hamil melahirkan sendiri di rumah

ilustrasi risiko melahirkan di rumah
Sumber gambar

Bahkan ketika bidan meyakini kondisi Anda cukup sehat untuk melakukan persalinan di rumah, Anda mungkin harus tetap dirujuk untuk mendapatkan penanganan medis di rumah sakit. Kondisi ini dilaporkan sering terjadi karena beberapa hal, antara lain:

  • Pembukaan lahir berjalan terlalu lama, sehingga ibu hamil membutuhkan bantuan epidural, induksi atau bahkan pembedahan caesar untuk menyelamatkan janin di dalam rahim
  • Tiba-tiba ibu hamil mengalami peningkatan tekanan darah
  • Tidak adanya denyut jantung janin atau pergerakan janin yang dirasakan
  • Adanya pendarahan yang membuat ibu hamil membutuhkan transfusi darah agar tidak kehilangan banyak darah dan membahayakan jiwanya

Adalah sangat penting untuk mempertimbangkan segala hal sebelum memutuskan memilih melahirkan sendiri di rumah. Melahirkan di rumah sakit mungkin terasa asing dan tidak nyaman, terutama harus tidur di ranjang yang sempit dan masuk ke ruang bersalin yang dingin. Namun semua itu adalah demi kesehatan dan keselamatan Anda dan juga bayi di dalam rahim.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Masih merasa ragu dengan keputusan Anda? Pertimbangkan untuk mendapatkan opini dari dokter kandungan Anda, yang dapat memberikan gambaran lebih jelas tentang manfaat dan risiko melahirkan sendiri di rumah.

Sumber:

  1. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/in-depth/home-birth/art-20046878
  2. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/labor-and-birth/home-birth/
  3. https://www.healthline.com/health/pregnancy/home-birth-vs-hospital-birth#safety
  4. https://www.thebump.com/a/home-birth

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id