Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas?
Kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas?

Juni 30th 2022

Ibu hamil makan pedas, asam, dan yang manis-manis adalah hal yang biasa selama kehamilan. Perubahan hormon dikatakan sebagai penyebab ibu hamil ngidam makanan tertentu seperti makanan pedas.

Makanan pedas memang paling sulit ditolak dalam kondisi apapun, baik saat menjalani program hamil maupun saat sedang hamil. Apalagi saat ngidam, Anda cenderung mendambakan makanan yang manis, asin, asam maupun pedas, seperti rujak atau pempek misalnya. Tenang saja, walaupun tidak semua ibu hamil mengalaminya, namun hal ini adalah hal yang wajar dialami hampir sebagian besar ibu hamil.

Mitos tentang ibu hamil makan pedas

Di dalam dunia kehamilan ada banyak mitos terkait kehamilan yang beredar, salah satunya tentang ibu hamil makan pedas berikut ini:

Mitos yang pertama, makan pedas berarti jenis kelamin bayi laki-laki

Ada yang bilang jika gemar makan pedas saat hamil pertanda anak yang dilahirkan berjenis kelamin laki-laki. Benarkah demikian? Sayangnya itu hanya mitos belaka. Keinginan makan makanan pedas, manis, asam atau asin saat ngidam tidak berhubungan dengan jenis kelamin janin yang ada di dalam kandungan.

Saat hamil, memang akan ada banyak perubahan besar yang terjadi di dalam tubuh, salah satunya adalah perubahan hormon. Perubahan hormon mempengaruhi beberapa hal, termasuk keinginan makan tertentu yang lebih populer disebut dengan istilah ngidam. Hormon juga mempengaruhi pengalaman sensorik Anda, baik penciuman maupun indera perasa di mana Anda mungkin mendambakan atau enggan makan atau mencium bau makanan tertentu.

Mitos yang kedua, makan makanan pedas mempercepat persalinan

Salah satu mitos tentang makanan pedas dan kehamilan yang cukup populer adalah sebelum bersalin dianjurkan makan makanan pedas agar persalinan lebih cepat. Sekalipun banyak orang yang mempercayai dan mempraktekkannya, faktanya makan pedas tidak akan mempercepat persalinan.

Rasa mulas yang Anda alami mungkin lebih berkaitan dengan iritasi pada usus setelah makan makanan yang pedas. Anda mungkin juga akan mengalami diare dan heartburn (naiknya asam lambung ke kerongkongan) setelah makan makanan pedas, yang justru menyebabkan rasa tidak nyaman.

Mitos yang ketiga, makan makanan pedas menyebabkan keguguran dan cacat bawaan pada janin

Makan makanan pedas dikatakan dapat menyebabkan keguguran dan cacat bawaan pada janin adalah tidak benar. Cacat bawaan lebih banyak dipengaruhi oleh adanya masalah dalam kromosom, di mana terkadang ada kesalahan dalam pembuahan seperti misalnya ketika pembuahan terjadi sel telur tidak cukup mendapatkan kromosom atau justru mendapatkan terlalu banyak kromosom. Hal ini menyebabkan perkembangan janin menjadi tidak normal dan mengakibatkan keguguran.

Apabila Anda cukup khawatir dengan risiko cacat lahir atau kelainan pada anak, Anda dapat mendeteksinya lebih dini dengan NIPT test yang bisa Anda dapatkan sejak trimester pertama kehamilan.

Apakah boleh ibu hamil makan pedas?

ilustrasi ibu hamil sedang makan
Sumber gambar

Kabar baiknya, Anda boleh makan makanan pedas bahkan sejak trimester pertama kehamilan. Makan makanan pedas dinyatakan aman bagi janin dan tidak akan mempengaruhi kondisi janin.

Walaupun pada sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2019 sempat menyebutkan bahwa makanan yang dimakan oleh ibu hamil mempengaruhi rasa air ketuban, namun tidak ada penelitian lebih lanjut tentang makan makanan pedas atau makanan lain yang secara spesifik mempengaruhi air ketuban.

  • Makan makanan pedas bahkan memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti:
  • Makan makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memperlambat nafsu makan Anda
  • Makan makanan pedas menurut Harvard and China National Center for Disease Control and Prevention dapat memperpanjang usia
  • Menurut Purdue University, makan makanan pedas dapat membantu membakar kalori di dalam tubuh
  • Membantu memperkenalkan bayi terhadap rasa makanan yang lebih beragam sehingga saat tumbuh besar ia tidak menjadi anak yang pemilih dalam hal makanan
  • Para ilmuwan percaya bahwa kandungan capsaicin di dalam cabai dapat membantu mengurangi peradangan kronis yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular
  • Menurut penelitian American Association for Cancer Research, kandungan capsaicin di dalam cabai membantu membunuh sel kanker
  • Makan makanan pedas dapat membantu menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kekuatan otot dinding jantung
  • Makan makanan pedas dapat menurunkan stres
  • Makan makanan pedas dapat melegakan hidung yang tersumbat yang menjadi salah satu tanda-tanda hamil muda

Risiko ibu hamil makan pedas

ilustrasi risiko ibu hamil makan pedas
Sumber gambar

Pun demikian, Anda tetap harus membatasi porsi makan makanan pedas saat sedang hamil, ya. Karena sekalipun makan makanan pedas memiliki manfaat tersendiri, risiko makan makanan pedas juga tetap tidak dapat dihindari. Adapun resiko makan makanan pedas yang mungkin terjadi antara lain:

Heartburn

Heartburn (naiknya asam lambung ke kerongkongan) adalah salah satu tanda-tanda kehamilan yang kerap dialami di trimester kedua dan ketiga. Perubahan hormon menyebabkan otot-otot menjadi lebih rileks sehingga asam lambung terkadang kembali ke kerongkongan dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Seiring dengan perkembangan tubuh janin, organ di dalam tubuh Anda juga berdesakan yang membuat Anda lebih sering mengalami mual. Sayangnya, setelah makan makanan pedas, asam lambung juga cenderung mudah naik dan memperparah rasa mual yang sebelumnya Anda rasakan.

Selain makanan pedas, heartburn juga dapat dipicu oleh makanan yang berbahan dasar tomat, makanan berlemak, peppermint, kafein dan coklat.

Gangguan pencernaan

Makan makanan pedas juga berisiko menyebabkan gangguan pencernaan, yang kerap ditandai dengan rasa perut yang penuh (begah), rasa tidak nyaman di bagian atas perut, rasa terbakar di bagian atas perut, kembung, dan juga mual.

Mual

Morning sickness adalah salah satu tanda kehamilan klasik yang hampir dialami semua wanita hamil. Rasa mual ini bisa datang kapan saja, tidak hanya di pagi hari namun juga di siang, sore atau malam hari. Rasa mualnya bisa makin parah setelah Anda makan terlalu banyak makanan pedas. Sehingga lebih baik dengarkan tubuh Anda, dan batasi porsi makanan pedas yang Anda makan sepanjang usia kehamilan.

Tips ibu hamil makan pedas tetap aman

ilustrasi tips makanan pedas ibu hamil
Sumber gambar

Untuk mengurangi risiko yang disebabkan terlalu banyak makan pedas saat sedang hamil, Anda bisa menerapkan beberapa langkah berikut ini:

  • Batasi penggunaan cabai dalam makanan yang Anda makan
  • Gunakan cabai keriting alih-alih cabai rawit untuk memberikan rasa pedas pada makanan Anda
  • Dapatkan rasa pedas makanan dari cabai yang segar, bukan dari cabai bubuk agar Anda dapat lebih mengontrol rasa pedasnya

BACA JUGA: Program Hamil Perlu Tes Genetik? Ini Penjelasannya

Agar makan makanan pedas tetap memberikan manfaat bagi tubuh Anda yang sedang hamil, tingkatkan variasi isi makanan pedas yang Anda makan agar kebutuhan nutrisi juga tetap tercukupi. Apabila Anda memilih sajian pedas dalam bentuk rujak buah, maka pastikan pilihan buah cukup beragam dan jangan lupa untuk mencuci bersih buah sebelum disajikan agar terhindar dari ancaman kuman yang bisa berbahaya bagi kehamilan.

Sumber:

  1. https://www.verywellfamily.com/can-i-eat-spicy-foods-while-pregnant-5195400
  2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/spicy-food-pregnancy#side-effects
  3. https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/is-it-safe-to-eat-spicy-foods-during-pregnancy_1246919
  4. https://www.verywellfamily.com/pregnancy-cravings-5069392
  5. https://www.healthline.com/health/five-reasons-to-eat-spicy-foods

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id