Perbedaan Hasil USG Tidak Hamil dan Sebaliknya
Kehamilan

Perbedaan Hasil USG Tidak Hamil dan Sebaliknya

Oktober 21st 2022

Hasil USG tidak hamil bisa diketahui sejak Anda mencurigai adanya tanda-tanda kehamilan. USG kehamilan bahkan juga bisa mengetahui apakah embrio tidak berkembang di dalam kantung rahim, yang menandakan adanya kehamilan kosong. Bagaimana membedakan hasil USG yang menunjukkan kehamilan dan tidak hamil, baca ulasan berikut ini.

Ultrasonografi janin atau dikenal dengan istilah USG kehamilan adalah tes yang digunakan untuk mengonfirmasi kehamilan dan mengetahui perkembangan janin di dalam rahim. Dalam pemeriksaan ini, dokter akan menggunakan alat khusus dan menampilkan gambarnya di layar monitor untuk memperlihatkan kantung rahim dan juga ada atau tidaknya embrio yang berkembang di dalam rahim.

Tes USG menggunakan tongkat elektronik yang disebut transduser untuk mengirim dan menerima gelombang suara. Anda tidak perlu khawatir karena selama pemeriksaan tidak ada radiasi yang digunakan yang berisiko mengganggu perkembangan janin. Dalam prosesnya, transduser digerakkan di atas perut, dan gelombang suara bergerak melalui kulit, otot, tulang dan cairan pada kecepatan yang berbeda. Gelombang suara ini memantul dari bayi seperti gema dan kembali ke transduser. Transduser mengubah gelombang suara menjadi gambar yang bisa dokter dan Anda lihat di layar monitor.

Ragam jenis tes USG kehamilan

Selama ini mungkin Anda berpikir bahwa hanya ada satu jenis tes USG kehamilan, namun secara umum USG kehamilan sendiri dibedakan menjadi dua, USG transvaginal (USG yang dilakukan melalui liang vagina) dan USG transabdominal (USG yang dilakukan di atas perut).

USG transabdominal kemudian dibedakan menjadi beberapa jenis, yang dibedakan berdasarkan gambaran hasil tes yang bisa dihasilkan, antara lain:

USG Spesial

USG spesial adalah tes pemeriksaan yang biasanya digunakan dalam keadaan tertentu, seperti misalnya saat dokter mencurigai adanya kelainan pada janin. Untuk membantu mendeteksi kelainan pada janin, selain melakukan tes USG sebaiknya Anda juga mendapatkan tes NIPT yang bisa dilakukan lebih awal di usia kehamilan muda.

USG 3D

USG 3D atau disebut USG tiga dimensi adalah jenis pemeriksaan USG yang digunakan untuk mendeteksi adanya kelainan wajah atau cacar tabung saraf. USG ini memberikan hasil gambaran yang lebih jelas termasuk kelengkapan wajah, dan mimik wajah janin.

USG Doppler

USG Doppler mampu mengukur adanya perubahan gelombang saat memantul dari objek bergerak seperti sel darah. USG ini bermanfaat memberikan rincian tentang aliran darah janin.

Ekokardiografi janin

Ekokardiografi janin adalah USG yang biasanya dilakukan untuk memberikan gambaran rinci tentang jantung janin. Pemeriksaan ini biasanya digunakan untuk mengonfirmasi kecurigaan terhadap cacat jantung bawaan.

Manfaat melakukan tes USG selama kehamilan

ilustrasi manfaat melakukan usg
Sumber gambar

Pemeriksaan USG memberikan manfaat yang berbeda-beda saat dilakukan di usia kehamilan yang berbeda-beda.

Manfaat USG di trimester pertama, antara lain:

  • Mengonfirmasi kehamilan
  • Mengevaluasi keberadaan janin
  • Mengevaluasi ukuran janin
  • Mengevaluasi lokasi kehamilan
  • Menentukan jumlah janin
  • Memperkirakan usia kehamilan
  • Sebagai skrining adanya kelainan di leher rahim maupun rahim

Manfaat USG di trimester kedua, antara lain:

  • Mengevaluasi anatomi janin
  • Memeriksa perkembangan janin
  • Memeriksa jumlah cairan ketuban dan juga posisi plasenta
  • Menginvestigasi adanya komplikasi kehamilan

Manfaat USG di trimester ketiga, antara lain:

Pemeriksaan USG di trimester ketiga lebih difokuskan pada perkembangan janin, posisi plasenta dan juga jumlah cairan ketuban di dalam rahim. Posisi janin juga dapat diketahui melalui pemeriksaan USG ini untuk memastikan bahwa kepala janin sudah masuk ke jalur lahir mendekati waktu persalinan.

Prosedur pemeriksaan USG kehamilan

Selama menjalani prosedur pemeriksaan USG kehamilan, Anda akan menjalani pemeriksaan rawat jalan. Anda tidak perlu menginap di rumah sakit, terkecuali ada indikasi atau penyebab tertentu. Berikut adalah prosedur umum selama menjalani USG kehamilan:

  1. Pada pemeriksaan USG transabdominal, Anda akan diminta untuk membuka sedikit pakaian dan menampilkan perut Anda. Sedangkan dalam pemeriksaan USG transvaginal, Anda harus mengganti pakaian dengan pakaian yang telah disediakan karena seluruh pakaian bagian bawah harus dilepas. Anda juga mungkin tidak diperkenankan menggunakan perhiasan selama pemeriksaan yang berisiko mempengaruhi hasil USG.
  2. Pada pemeriksaan USG transabdominal maupun transvaginal Anda akan diminta untuk berbaring di atas meja pemeriksaan. Perbedaannya, Anda harus membuka kedua kaki dan menempatkannya pada alat penyangga dalam pemeriksaan USG transvaginal.
  3. Sebelum mendapatkan USG transabdominal, perawat atau dokter akan mengoleskan gel di seluruh kulit perut yang membantu transduser bergerak di area perut.
  4. Sebelum mendapatkan USG transvaginal, probe akan ditutup dengan kondom dan diolesi gel pelumas untuk kemudian dimasukkan ke liang vagina.
  5. Perawat akan membersihkan sisa gel dari perut setelah pemeriksaan selesai, dan Anda juga mungkin akan diminta untuk membersihkan diri setelah mendapatkan pemeriksaan USG transvaginal.

Hasil USG tidak hamil seperti apa?

ilustrasi tentang hasil usg tidak hamil
Sumber gambar

Setelah mengetahui adanya gejala kehamilan, Anda bisa mengonfirmasi tanda-tanda kehamilan dengan mendapatkan pemeriksaan USG kehamilan. Walaupun hasil test pack kehamilan menunjukkan hasil yang positif, namun bukan berarti Anda benar-benar hamil.

Hasil test pack positif palsu bisa dihasilkan apabila:

  • Anda terlalu lama merendam alat tes pack sehingga hasil tes menunjukkan positif hamil palsu
  • Anda mengalami kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)
  • Anda hamil namun mengalami keguguran, di mana sisa-sisa hormon hCG masih terdeteksi sehingga hasil tes pack menunjukkan positif hamil
  • Alat tes kehamilan yang digunakan sudah kadaluarsa atau rusak sehingga tidak memberikan hasil yang tepat
  • Anda sedang menjalani pengobatan kesuburan yang dapat meningkatkan hormon hCG
  • Anda sedang menjalani pengobatan kondisi kesehatan tertentu

Untuk mengonfirmasi kehamilan setelah test pack menunjukkan hasil positif hamil, maka Anda perlu melakukan USG kehamilan. Kantung kehamilan adalah salah satu tanda pertama kehamilan yang dapat dilihat dengan USG transvaginal. USG transvaginal dianggap paling akurat untuk mendeteksi kehamilan awal dibandingkan USG transabdominal.

Kantung kehamilan pada dasarnya adalah kantung yang mengelilingi janin dan akan berisi cairan ketuban selama kehamilan. Kantung kehamilan yang tidak terlihat di usia 5 minggu kehamilan artinya Anda tidak hamil. Tidak adanya kehamilan ini mungkin disebabkan oleh beberapa hal:

  • Pemeriksaan USG dilakukan terlalu cepat
  • Adanya kehamilan ektopik
  • Kesalahan penggunaan test pack yang menunjukkan hasil tes positif palsu
  • Adanya keguguran

Saat kantung kehamilan tidak terdeteksi walaupun Anda memiliki tes kehamilan positif, maka dokter akan meminta Anda mengulangi pemeriksaan di waktu lain, atau merekomendasikan pemeriksaan lain untuk mengonfirmasi kehamilan ektopik ataupun keguguran.

Bila hasil pemeriksaan ulang menunjukkan tidak adanya kehamilan, maka Anda tidak perlu kecewa. Anda bisa merencanakan kehamilan dengan menjalani program hamil. Jika kehamilan Anda tertunda karena adanya problem kelebihan berat badan atau obesitas, Anda bisa mendapatkan tes nutrigenomik untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara yang cepat dan tepat. Mengatasi problem kelebihan berat badan dan obesitas dapat meningkatkan peluang kehamilan dalam program kehamilan Anda.

Hasil USG menunjukkan kehamilan

ilustrasi usg
Sumber gambar

Kantung kehamilan biasanya dapat dilihat melalui pemeriksaan USG di usia kehamilan 4-5 minggu. Ketika berhasil diidentifikasi, maka diameter kantung kehamilan di usia 5 minggu adalah sekitar 2-3 milimeter. Kantung ini terlihat sebagai tepi putih di sekitar pusat di dalam rahim. Kantung kehamilan juga biasanya terlihat saat kadar hCG telah mencapai 1.500-2.000.

Pada perkembangan selanjutnya, pemeriksaan USG akan menemukan adanya kantung kuning telur di dalam kantung kehamilan. Kantung kuning telur ini berfungsi sebagai makanan untuk embrio yang sedang berkembang dan biasanya dapat dilihat di usia kehamilan 5,5-6 minggu dengan USG transvaginal.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Saat hasil pemeriksaan USG menunjukkan Anda positif hamil, Anda bisa mulai menjadwalkan pemeriksaan USG selanjutnya untuk memantau perkembangan kehamilan. Pastikan untuk selalu mematuhi jadwal yang telah dibuat oleh dokter sehingga perkembangan janin dan kehamilan Anda tetap terpantau hingga waktu persalinan.

Sumber:

  1. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/fetal-ultrasound/about/pac-20394149
  2. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=fetal-ultrasound-92-P09031
  3. https://my.clevelandclinic.org/health/diagnostics/9704-ultrasound-in-pregnancy
  4. https://www.verywellfamily.com/understand-early-pregnancy-ultrasound-results-2371367
  5. https://www.verywellfamily.com/ultrasound-showed-no-gestational-sac-2371356
  6. https://www.healthline.com/health/pregnancy/false-positive-pregnancy-test#next-steps

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id