5 Hal yang Sebaiknya Dihindari Ketika Hamil Muda
Kehamilan

5 Hal yang Sebaiknya Dihindari Ketika Hamil Muda

Juni 16th 2022

Hamil muda adalah di mana kehamilan baru menampakkan tanda-tanda awalnya. Walaupun Anda bersemangat karena perubahan status ini, sebaiknya tetap berhati-hati karena risiko keguguran dapat terjadi saat hamil muda.

Kehamilan terjadi ketika sel telur yang dilepaskan oleh ovarium kemudian dibuahi oleh sperma dan menempel ke dinding rahim. Bagi sebagian orang, kehamilan dapat terjadi tanpa direncanakan sebelumnya. Namun sebagian lainnya memilih menjalani program hamil untuk meningkatkan keberhasilan kehamilan dan mengatur jarak kehamilan itu sendiri.

Normalnya, kehamilan berlangsung selama 38-40 minggu, di mana setiap minggunya Anda akan menghadapi banyak perubahan yang terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan janin. Agar kehamilan sehat sampai saat persalinan, Anda perlu memperhatikan kondisi tubuh terutama saat hamil muda di trimester pertama. Memilih makanan, minuman, kegiatan dan juga menjalani NIPT test akan membantu menjaga kondisi selama kehamilan.

Yang terjadi di dalam tubuh saat hamil muda

ilustrasi hamil muda
Sumber gambar

Trimester pertama kehamilan (tiga bulan pertama kehamilan) disebut juga dengan hamil muda adalah saat di mana sel telur yang telah dibuahi membelah dengan cepat dan menjadi lapisan-lapisan sel yang tertanam di dinding rahim. Lapisan sel tersebut kemudian akan berkembang menjadi embrio, dan dalam enam minggu detak jantungnya akan terdeteksi.

Saat hamil muda, tulang, otot, dan organ bayi telah terbentuk sehingga ia sudah bisa disebut sebagai janin walaupun ukurannya mungkin masih sebesar kacang merah. Pertumbuhan bayi paling cepat adalah selama trimester pertama ini, karena pada akhir trimester berat janin akan berkisar 0,5-1 ons. Karena perkembangan bayi yang pesat, Anda perlu berhati-hati dalam menjaga kehamilan, risiko keguguran masih sangat besar dan mungkin terjadi. Untuk itu, Anda disarankan menghindari sejumlah aktivitas dan makanan atau minuman tertentu.

Hal-hal yang sebaiknya dihindari saat hamil muda

ilustrasi hal yang harus dihindari saat hamil
Sumber gambar

Demi kehamilan yang sehat sampai persalinan, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari, sebagai berikut:

Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat hamil muda

Yang perlu Anda ingat, apa yang Anda makan saat hamil, itulah yang juga dimakan oleh bayi. Inilah sebabnya Anda sebaiknya tidak makan sembarangan dan mempertahankan diet seimbang serta kecukupan gizi selama kehamilan, sehingga bayi mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

Berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya dihindari apabila hamil muda:

  • Makanan laut yang berisiko tinggi mengandung merkuri seperti ikan todak, ikan makarel, dan lain sebagainya.
  • Makanan yang mentah dan tidak diproses terlebih dahulu, seperti telur, daging mentah, ikan mentah, dan lain sebagainya
  • Produk susu yang tidak dipasteurisasi
  • Daging olahan seperti sosis, luncheon, sandwich, makanan kaleng

Daging yang dimasak setengah matang atau tidak benar-benar matang, misalnya seperti sate, steak setengah matang, dan lain sebagainya

Berikut adalah daftar minuman yang sebaiknya dihindari apabila hamil muda:

  • Minuman beralkohol
  • Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh yang dapat mempengaruhi detak jantung bayi
  • Minuman yang manis atau minuman bersoda

Konsumsi obat-obatan dan suplemen tanpa resep dokter

ilustrasi obat-obatan
Sumber gambar

Mengonsumsi obat-obatan dan suplemen walaupun bisa dengan mudah dibeli di toko obat atau apotik sebaiknya tetap harus dibicarakan dengan dokter, atau lebih baik lagi bila dengan resep dokter.

Di dalam tubuh Anda, bayi berbagi suplai darah yang sama, sehingga obat-obatan dan suplemen yang Anda minum akan melewati aliran darah di plasenta yang mungkin memiliki efek merugikan bagi kesehatan bayi. Tidak ada obat yang akan dikonsumsi 100% selama kehamilan, sehingga sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Jenis obat-obatan yang tidak disarankan dikonsumsi selama kehamilan antara lain:

  • Obat jerawat yang mengandung isotretinoin dan spironolactone yang berisiko menyebabkan kecacatan pada bayi
  • Pereda nyeri seperti aspirin, ibuprofen dan naproxen
  • Obat antidiare, antihistamin, dekongestan
  • Obat antidepresan dan anti kecemasan
  • Obat antibiotik yang berisiko menyebabkan kecacatan pada bayi

Selain obat yang diminum, sebaiknya Anda juga menghindari produk pembersih rumah tangga, yang bahan kimia di dalamnya berisiko mempengaruhi kehamilan. Umumnya di setiap label kemasan akan dicantumkan apakah produk tersebut aman digunakan oleh ibu hamil atau mengandung bahan kimia yang berisiko.

Perawatan kecantikan yang tak boleh dilakukan saat hamil muda

Sepanjang kehamilan Anda tidak perlu khawatir akan penampilan kulit karena Anda tentu akan lebih terlihat bercahaya. Hal ini disebabkan oleh aliran darah yang mengalir lebih banyak daripada biasanya, yang mempengaruhi penampilan kulit.

Pun demikian, tidak sedikit orang yang tergoda untuk melakukan perawatan kecantikan lain seperti botox, chemical peeling, mewarnai rambut, atau menggunakan krim pemutih kulit. Perlu diingat bahwa usaha untuk melakukan segala bentuk pemutihan atau pencerahan juga sebaiknya tidak dilakukan, termasuk usaha memutihkan gigi.

Aktivitas fisik yang sebaiknya tidak dilakukan saat hamil muda

ilustrasi angkat beban
Sumber gambar

Anda mungkin sebelumnya terbiasa melakukan aktivitas fisik berat seperti menyetir jarak jauh, melakukan olahraga intensitas tinggi atau naik turun tangga. Di usia hamil muda, sebaiknya hentikan melakukan aktivitas fisik yang berat dan berisiko tinggi. Apabila Anda ingin tetap beraktivitas fisik dan berolahraga, usahakan untuk membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui risiko dan kemungkinannya.

Aktivitas yang berhubungan dengan gaya hidup yang sebaiknya dihindari

Merokok, pergi ke sauna dan berendam air panas mungkin sudah lama menjadi kegiatan yang membantu Anda melepaskan stres dan ketegangan setelah bekerja, namun kali ini sepertinya Anda harus mencari kegiatan lain yang dapat membantu mengatasi stres Anda. Merokok dan pergi ke sauna memiliki risiko tinggi yang dapat mempengaruhi kondisi janin, menyebabkan kecacatan pada janin, kelahiran prematur, dan lain sebagainya.

Demikian juga dengan memelihara hewan dan membersihkan kotorannya, terutama tanpa sarung tangan. Kotoran hewan seringkali mengandung bakteri atau parasit yang bisa mengancam kesehatan ibu dan janin dan berisiko menyebabkan keguguran atau lahir mati.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah tadi daftar hal-hal yang sebaiknya dihindari saat hamil muda. Yuk patuhi petunjuk dokter atau bidan dan hindari semua hal yang telah disebutkan di atas demi kehamilan dan janin yang sehat.

Sumber:

  1. https://www.verywellfamily.com/what-to-avoid-during-pregnancy-a-comprehensive-guide-4942479
  2. https://www.emedicinehealth.com/what_should_i_avoid_during_my_first_trimester/article_em.htm
  3. https://www.healthline.com/health/pregnancy#symptoms
  4. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id