10 Ciri-ciri Ketika Ibu Hamil Anak Perempuan
Kehamilan

10 Ciri-ciri Ketika Ibu Hamil Anak Perempuan

Juli 2nd 2022

Hamil anak perempuan atau laki-laki biasanya baru bisa diketahui lewat pemeriksaan USG. Namun ada beberapa cara menyenangkan yang bisa digunakan memprediksi jenis kelamin bayi.

Dalam program hamil, untuk mengetahui hamil anak perempuan atau laki-laki, dokter biasanya akan merekomendasikan beberapa pemeriksaan medis. Mulai dari pemeriksaan USG yang biasanya dilakukan di usia kehamilan 20 minggu untuk memastikan jenis kelamin bayi; pemeriksaan amniocentesis yaitu pemeriksaan sel genetik bayi dengan mengambil sampel air ketuban; atau pemeriksaan NIPT test yang bisa dimulai sejak usia kehamilan 10 minggu.

Masing-masing pemeriksaan, memberikan hasil prediksi jenis kelamin yang cukup akurat dengan keunggulan yang berbeda-beda. Bahkan, pemeriksaan seperti amniocentesis dan NIPT test bisa mendeteksi adanya kelainan genetik yang mungkin dibawa oleh bayi, yang bisa diketahui sejak dini. Dengan mengetahuinya lebih awal, Anda sebagai orang tua bisa mempersiapkan diri dan membicarakannya dengan dokter untuk mendapatkan saran medis terbaik.

Selain cara di atas, Anda mungkin pernah mendengar beberapa cara memprediksi jenis kelamin bayi yang sebenarnya adalah kepercayaan turun temurun karena tidak dilatarbelakangi penelitian dan penjelasan medis. Uniknya, terkadang dari cara tersebut bisa menebak dengan benar jenis kelamin bayi yang ada di kandungan Anda. Apa saja sih caranya?

Tanda-tanda hamil anak perempuan yang wajib diketahui

ilustrasi tanda-tanda hamil anak perempuan
Sumber gambar

Tanda pertama: mual-mual yang parah

Tanda hamil anak perempuan yang paling sering dirasakan adalah morning sickness yang parah. Tidak seperti namanya, mual pada morning sickness sebenarnya bisa muncul kapan saja, baik di pagi hari, siang hari maupun malam hari. Jadi mual tidak secara spesifik hanya dirasakan di pagi hari saja. Dan kerap kali mual ini hadir di malam hari sehingga membuat Anda kesulitan dan terganggu selama tidur.

Apabila sejak awal hamil muda Anda merasakan mual yang parah, maka dikatakan bahwa Anda hamil anak perempuan. Sedangkan bila Anda hamil anak laki-laki, Anda cenderung ‘ngebo’ dan jarang merasakan gangguan mual.

Tanda kedua: perubahan suasana hati

Perubahan hormon saat kehamilan mampu mempengaruhi suasana hati dan mengubahnya dengan cepat. Dikatakan bila Anda hamil anak perempuan, maka kadar estrogen akan lebih tinggi sehingga suasana hati Anda lebih mudah berubah. Anda mungkin akan lebih mudah tersentuh dan menangis saat melihat hal-hal yang mengharukan, atau lebih mudah marah dan merajuk ketika keinginan tidak dituruti.

Perubahan suasana hati mungkin juga terjadi apabila Anda hamil anak laki-laki, namun frekuensinya tidak sesering saat hamil anak perempuan, dan tidak separah saat hamil anak perempuan.

Tanda ketiga: ukuran pinggul lebih besar

Saat hamil anak perempuan dikatakan bahwa penambahan berat badan akan berpusat di area tengah tubuh, sehingga menyebabkan pinggul Anda terlihat lebih berisi. Sedangkan bila Anda hamil anak laki-laki, sisi kanan kiri tubuh terlihat lebih ramping dan perut akan terlihat lebih bulat.

Tanda keempat: bentuk perut yang oval

ilustrasi bentuk perut yang oval pada ibu hamil
Sumber gambar

Tanda hamil anak perempuan berikutnya adalah bentuk perut yang cenderung oval dengan posisi perut yang tinggi, yang menandakan bahwa Anda hamil anak perempuan.

Tanda kelima: mengidam makanan yang manis

Saat hamil, hormon Anda akan mempengaruhi banyak perubahan di dalam tubuh Anda, termasuk keinginan makan sesuatu yang manis, asam, asin ataupun pedas. Jika janin di dalam perut Anda berjenis kelamin perempuan, maka Anda cenderung mendambakan makanan yang rasanya manis-manis seperti manisan, es krim, coklat, minuman manis, roti, dan lain sebagainya. Sebaliknya, jika janin di perut Anda berjenis kelamin laki-laki Anda cenderung mendambakan makanan yang asin dan gurih.

Tanda keenam: ibu hamil anak perempuan cenderung lebih mudah stres

Perubahan hormonal yang mempengaruhi suasana hati juga cenderung menyebabkan ibu hamil anak perempuan juga lebih mudah mengalami stres. Perasaan yang lebih sensitif dan perasa menyebabkan ibu hamil sulit untuk berhenti memikirkan sesuatu. Akibatnya ibu hamil sulit tidur, mudah stres, dan kepikiran.

Tanda ketujuh: kulit saat hamil anak perempuan lebih berminyak dan kusam

Konon, ketika Anda hamil anak perempuan maka seluruh kecantikan Anda akan dicuri oleh si anak. Akibatnya Anda akan terlihat tidak secantik sebelum hamil, kulit menjadi terlihat kusam dan berminyak.

Tanda kedelapan: denyut jantung bayi cepat

ilustrasi denyut jantung bayi cepat
Sumber gambar

Tanda hamil anak perempuan ditunjukkan dengan denyut jantung bayi lebih tinggi dari 140 per menit, sedangkan bila Anda hamil anak laki-laki maka denyut jantung lebih rendah dari 140 per menit.

Tanda kesembilan: cincin yang diikat akan bergerak ke kanan dan ke kiri

Salah satu cara memprediksi jenis kelamin bayi yang telah dilakukan selama bertahun-tahun adalah mengikat cincin perkawinan dengan seutas benang dan menggantungnya di depan perut. Apabila ia bergerak berayun ke kanan dan ke kiri, maka janin yang ada di dalam perut Anda berjenis kelamin perempuan, namun jika cincin bergerak memutar maka janin di dalam perut berjenis kelamin laki-laki.

Tanda kesepuluh: kehilangan gairah seksual selama kehamilan

Saat Anda hamil anak perempuan, Anda cenderung pasif dan kehilangan gairah seksual dengan pasangan. Berbeda bila Anda hamil anak laki-laki, di mana Anda cenderung bersemangat, aktif dan penuh gairah seksual. Tak jarang Anda juga berinisiatif memulai dan memimpin pasangan.

Nah, itulah tadi 10 tanda atau ciri-ciri ketika ibu hamil anak perempuan. Tentunya tidak sepenuhnya ciri-ciri tersebut bisa dipercaya, karena tidak ada penjelasan medis yang mendukung setiap pernyataan. Sehingga untuk memastikan jenis kelamin anak yang ada di dalam kandungan, lebih bijaksana bila Anda mendapatkan pemeriksaan medis agar hasilnya lebih akurat.

BACA JUGA: Program Hamil Perlu Tes Genetik? Ini Penjelasannya

Hal yang tak kalah penting, apapun jenis kelamin bayi di dalam kandungan Anda, baik laki-laki maupun perempuan, selalu berusahalah untuk menjaga kesehatan kehamilan dan janin dengan menjalani gaya hidup sehat, menghindari pantangan kehamilan, berhenti merokok dan minum minuman beralkohol. Periksakan juga kehamilan secara rutin agar dokter kandungan bisa memantau perkembangan janin dari minggu ke minggu sampai waktu persalinan datang.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/signs-of-having-baby-girl#carrying-high
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322368#how-doctors-test-for-the-babys-sex
  3. https://www.babycentre.co.uk/b25030824/21-signs-youre-having-a-girl

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id