10 Tanda Saat Ibu Hamil Anak Laki-laki, Seperti Apa?
Kehamilan

10 Tanda Saat Ibu Hamil Anak Laki-laki, Seperti Apa?

Juli 1st 2022

Hamil anak laki-laki konon ditandai dengan beberapa hal seperti bentuk perut yang lebih bulat, atau ukuran payudara sebelah kanan yang lebih besar dibandingkan yang kiri. Daripada penasaran, yuk cari tahu kebenaran dan faktanya.

Tanda hamil anak laki-laki pada ibu hamil melalui program hamil sejatinya sama saja dengan ibu hamil pada umumnya. Walaupun mungkin saat mengikuti program hamil Anda meminta dokter untuk meningkatkan potensi hamil bayi laki-laki, penampilan Anda tidak akan jauh berbeda dengan ibu hamil lainnya.

Namun Anda tentunya pernah mendengar bahwa hamil bayi laki-laki dan bayi perempuan konon bisa dilihat dari ciri fisik atau tanda ibu hamil. Walaupun mungkin sebagian besar hanyalah mitos, tak jarang beberapa tanda tersebut tepat meramalkan jenis kelamin bayi laki-laki.

Tanda hamil anak laki-laki apa saja, sih?

ilustrasi tanda hamil anak laki-laki
Sumber gambar

Ada beberapa mitos yang hingga kini masih dipercaya bisa memprediksi jenis kelamin bayi di dalam rahim ibu. Meskipun sebagian tebakannya mungkin benar, sebaiknya Anda tidak mengandalkannya dalam mengetahui jenis kelamin bayi Anda.

Bila hamil anak laki-laki Anda tidak mual

Parah atau tidaknya morning sickness di trimester pertama kehamilan konon dapat meramalkan jenis kelamin bayi yang ada di kandungan Anda. Bila jenis kelaminnya perempuan, maka kadar hormon yang mempengaruhi kehamilan lebih tinggi sehingga Anda akan mengalami morning sickness yang cenderung lebih parah.

Sedangkan jika saat hamil muda Anda tidak terlalu sering mengalami morning sickness, maka janin di dalam perut Anda kemungkinan berjenis kelamin laki-laki.

Ibu hamil lebih cantik saat hamil anak laki-laki

Tanda berikutnya yang dipercaya sebagian besar orang adalah kondisi kulit dan penampilan ibu hamil. Jika Anda hamil bayi laki-laki, maka Anda mungkin akan terlihat lebih cantik dan memiliki kulit serta rambut yang berkilau. Anda juga jarang mengalami problem jerawat.

Sebaliknya, jika Anda hamil bayi perempuan maka Anda akan kehilangan kecantikan Anda karena konon si janin telah mencuri kecantikan tersebut.

Ibu hamil ngidam makanan yang gurih dan asin

ilustrasi makanan gurih
Sumber gambar

Saat mengandung bayi laki-laki, ibu hamil cenderung ngidam makanan yang rasanya asin atau gurih. Sedangkan saat hamil bayi perempuan, Anda akan cenderung mendambakan makanan yang rasanya manis-manis seperti permen, coklat, es krim, dan lain sebagainya.

Denyut jantung bayi laki-laki dan perempuan berbeda

Salah satu mitos jenis kelamin bayi yang ternyata tak hanya dipercaya di Indonesia saja dilihat dari denyut jantungnya. Bila denyut jantung janin di bawah 140 per menit maka bayi berjenis kelamin laki-laki, sedangkan bila denyut jantung di atas 140 per menit maka bayi berjenis kelamin perempuan.

Bentuk perut ibu hamil

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka perut Anda akan semakin membuncit. Bentuk perut bila mengandung bayi laki-laki, cenderung terlihat lebih bulat dan turun ke bawah. Sedangkan bila Anda mengandung bayi perempuan, perut akan cenderung berbentuk lonjong.

Tanda hamil bayi laki-laki lainnya, antara lain:

  • Payudara kanan lebih besar dibandingkan yang kiri bila Anda hamil bayi laki-laki
  • Bulu di kaki akan tumbuh lebih cepat bila Anda hamil bayi laki-laki
  • Bila hamil bayi laki-laki, kaki Anda cenderung lebih sering terasa dingin dibandingkan saat sebelum hamil
  • Anda seringkali merasakan sakit kepala yang parah saat hamil bayi laki-laki
  • Ketika Anda menggantung cincin pernikahan Anda pada seutas benang, jika bayi Anda laki-laki maka cincin akan berputar membentuk sebuah lingkaran

Fakta tentang hamil anak laki-laki

ilustrasi fakta hamil anak laki-laki
Sumber gambar

Di antara 10 tanda hamil anak laki-laki yang telah disebutkan di atas mungkin sebagian bisa menebak jenis kelamin bayi Anda dengan tepat. Namun sebenarnya kesemua tanda tersebut tidak memiliki pembuktian ilmiah dan hanya dianggap sebagai kepercayaan turun temurun.

Jangan khawatir karena sebenarnya, Anda tetap bisa mengetahui apakah Anda hamil anak laki-laki atau perempuan melalui cara berikut ini:

NIPT Test

Noninvasive prenatal testing atau disebut juga NIPT test adalah metode yang cukup akurat untuk mengetahui jenis kelamin bayi Anda bahkan sejak usia kehamilan 10 minggu. Tak hanya mengetahui jenis kelaminnya saja, tes ini juga bisa mendeteksi adanya kelainan genetik yang mungkin dialami oleh janin Anda.

Salah satu kelainan yang bisa dideteksi lebih dini adalah down syndrome, trisomy 18, trisomy 13 atau hilangnya salinan kromosom X dan Y pada janin. Tes ini cukup mudah dilakukan, karena hanya membutuhkan sampel darah Anda dan tidak akan mengganggu kehamilan maupun janin Anda.

Tes Amniosentesis

Tes amniosentesis adalah prosedur yang dilakukan dokter dengan mengambil sedikit sampel air ketuban dari dalam rahim. Sampel air ketuban tersebut mengandung sel DNA bayi yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kelainan genetik seperti down syndrome, spina bifida, dan fibrosis kistik, maupun mengetahui jenis kelamin bayi. Tes ini biasanya baru bisa dilakukan di trimester kedua, sejak usia 15 minggu kehamilan.

Tes ini juga bermanfaat untuk mengetahui apakah paru-paru bayi sudah terbentuk matang dan cukup kuat untuk membuat bayi bertahan di luar rahim.

Tes USG kehamilan

Cara lain untuk mengetahui jenis kelamin bayi di dalam rahim adalah tes USG atau ultrasonografi kehamilan. Teknik pencitraan ini menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar janin di dalam rahim.

Tes USG kehamilan biasanya dilakukan dokter untuk mengetahui beberapa hal berikut ini:

  • Mengonfirmasi kehamilan dan lokasi embrio
  • Mengetahui usia kehamilan
  • Mengonfirmasi jumlah janin di dalam rahim
  • Mengevaluasi pertumbuhan dan perkembangan janin
  • Mengetahui posisi plasenta dan jumlah air ketuban
  • Mengidentifikasi bila ada kecacatan pada janin
  • Menginvestigasi adanya komplikasi kehamilan
  • Membantu memantau posisi janin sebelum persalinan
  • Mengetahui jenis kelamin bayi, yang biasanya dilakukan pada usia kehamilan 18-20 minggu

Menentukan jenis kelamin bayi menggunakan tes USG bisa jadi kurang efektif apabila posisi janin menutupi alat kelaminnya. Dokter mungkin harus menunggu sampai janin mengubah posisi agar bisa mengonfirmasi jenis kelamin dengan lebih akurat.

BACA JUGA: Program Hamil Perlu Tes Genetik? Ini Penjelasannya

Jadi bagaimana, metode mana yang lebih Anda pilih untuk mengetahui jenis kelamin bayi Anda? Metode NIPT test, tes amniosentesis atau tes USG? Apabila Anda berminat mengetahui jenis kelamin bayi melalui NIPT test atau jenis tes lainnya, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda, pilih jenis tes yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber:

  1. https://www.babycentre.co.uk/b25030826/23-signs-youre-having-a-boy
  2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/signs-of-having-a-boy#takeaway
  3. https://www.healthline.com/health/amniocentesis#what-is-it
  4. https://www.parents.com/pregnancy/signs/symptoms/boy-pregnancy-symptoms-old-wives-tales-gender/
  5. https://medlineplus.gov/genetics/understanding/testing/nipt/
  6. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/fetal-ultrasound/about/pac-20394149

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id