Kondisi Ibu dan Janin Saat Hamil 5 Bulan
Kehamilan

Kondisi Ibu dan Janin Saat Hamil 5 Bulan

November 15th 2022

Menginjak usia hamil 5 bulan, Anda telah berada pada trimester kedua kehamilan. Saat ini keluhan mual dan muntah sudah cukup banyak berkurang. Anda bisa mulai fokus terhadap perkembangan janin dan bagaimana cara mengoptimalkannya.

Ada banyak hal yang ditanyakan para ibu ketika hamil 5 bulan. Seperti apa bentuk dan ukuran janin dalam kandungan, organ mana saja yang telah terbentuk sempurna, serta kemampuan apa saja yang telah dimiliki janin dalam kandungan? Tentu ada banyak hal terjadi baik pada ibu maupun janin ketika memasuki usia hamil 5 bulan. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut.

Kondisi ibu saat hamil 5 bulan

ilustrasi kondisi ibu saat hamil 5 bulan
Sumber gambar

Pada saat hamil 5 bulan, Anda mungkin sudah tidak terlalu mempermasalahkan keluhan mual dan muntah yang hebat. Anda mulai dapat menikmati kegiatan sehari-hari dengan nyaman. Perut pun belum terlalu membesar sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas.

Akan tetapi, keluhan akan selalu datang silih berganti. Begitu pula keluhan baru yang akan muncul memasuki usia hamil 5 bulan. Nah, berikut adalah perubahan kondisi yang dapat terjadi pada tubuh ibu ketika hamil 5 bulan.

Rasa lelah

Rasa lelah tentu akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Hal itu karena tubuh menanggung beban yang lebih berat. Janin semakin berkembang dan tubuh harus terus beradaptasi dengan beban tersebut sehingga menimbulkan rasa lelah. Sempatkanlah untuk beristirahat di sela-sela aktivitas Anda.

Tubuh bengkak

Memasuki usia hamil 5 bulan, kebutuhan tubuh dan janin akan meningkat tajam. Begitu pula dengan aliran darah dari ibu menuju ke janin. Pada saat ini akan banyak terjadi retensi cairan yang mengakibatkan bengkak di berbagai bagian tubuh. Bengkak dapat terjadi di kelopak mata, kaki, tangan, pipi, hidung, dan sebagainya.

Meskipun bengkak merupakan keluhan umum selama kehamilan, namun waspadalah jika mengalaminya secara berlebihan. Pembengkakan pada tubuh disertai tekanan darah tinggi bisa merupakan indikasi preeklampsia selama hamil. Anda harus mendapatkan pertolongan dokter sesegera mungkin untuk mencegah progresivitas penyakit.

Keluhan pencernaan

ilustrasi keluhan pencernaan
Sumber gambar

Keluhan pencernaan selama hamil 5 bulan sangat beragam. Anda bisa mengalami konstipasi, kembung, hingga rasa terbakar pada dada. Konstipasi dapat diatasi dengan olahraga, memperbanyak minum air putih, konsumsi buah, dan sayur. Sedangkan, kembung dan rasa terbakar di dada merupakan dampak naiknya asam lambung selama hamil. Makanlah dalam porsi kecil namun sering untuk meredakan keluhan tersebut.

Sering BAK

Meskipun tidak terlalu tampak dari luar, namun ukuran rahim telah membesar saat hamil 5 bulan. Rahim yang membesar akan mendesak kandung kemih sehingga urine akan terdorong keluar. Inilah yang menyebabkan ibu hamil sering sekali buang air kecil.

Payudara membesar

Sebagian ibu hamil telah mulai memproduksi ASI sejak usia hamil 5 bulan. Payudara akan membesar, terasa kencang, dan kadang sedikit nyeri. Jika tidak tahan, Anda dapat mengompresnya dengan air dingin maupun air hangat agar senantiasa terasa nyaman.

Perubahan kulit

Pernah melihat wajah ibu hamil yang semakin gelap? Ternyata perubahan warna kulit tersebut disebabkan oleh fluktuasi hormon selama hamil. Kulit akan semakin gelap di banyak tempat, muncul bercak hitam, dan semakin tampak kusam.

Anda mungkin tidak sabar untuk mengoles skincare di bagian kulit yang kusam. Tapi tunggu dulu, Anda tidak boleh memakai sembarang produk kimia ketika hamil, bahkan yang berbentuk sediaan luar. Alangkah lebih baik untuk memberi intervensi dari dalam melalui makanan. Anda bisa melakukan tes nutrigenomik untuk mengetahui zat gizi yang sesuai agar kulit senantiasa terhidrasi dan tampak sehat.

Kondisi janin saat hamil 5 bulan

ilustrasi kondisi janin 5 bulan
Sumber gambar

Tidak hanya perubahan pada tubuh ibu yang banyak terjadi, organ tubuh janin pun banyak mengalami perkembangan. Bahkan ketika memasuki usia hamil 5 bulan, banyak organ penting yang terbentuk. Apa saja perkembangan kondisi janin pada saat hamil 5 bulan?

Pada saat hamil 5 bulan, janin berukuran sepanjang buah pisang, yaitu sekitar 25 cm. Berat janin sekitar 300g. Janin sudah mulai aktif bergerak dan menendang. Anda akan mulai merasakan banyak tendangan di perut yang bisa terlihat dari luar.

Saat ini rambut tipis dan halus mulai tumbuh dari kepala janin dan menyelimuti sebagian tubuhnya. Rambut halus tersebut dikenal sebagai lanugo. Janin juga akan dilapisi oleh kulit yang sangat tipis, yang biasa disebut sebagai kulit ari.

Sangat penting memantau perkembangan janin pada periode ini. Pemeriksaan USG dengan dokter kandungan akan mampu mengukur apakah perkembangan janin telah sesuai dengan usianya atau mengalami keterlambatan. Deteksi hambatan perkembangan sejak dini akan baik dalam memberikan penanganan yang lebih cepat dan tepat.

Selain pemeriksaan USG, melakukan tes NIPT juga merupakan langkah yang tepat. Tes NIPT akan mendeteksi adanya kelainan kromosom dan jenis kelamin pada janin. Berbagai deteksi kelainan sangat cocok dilakukan pada usia kehamilan yang masih muda.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Nah, itulah sekilas wawasan mengenai perubahan kondisi ibu dan janin saat hamil 5 bulan. Hamil 5 bulan merupakan saat yang tepat pula untuk melakukan stimulasi dalam membantu perkembangan otak, seperti memperdengarkan lagu dan mengajak bicara. Sempatkanlah untuk melakukan hal-hal kecil tersebut di sela-sela kesibukan apabila Anda ingin memiliki bayi yang cerdas dan sehat.

Sumber:

  1. https://www.nhs.uk/start4life/pregnancy/week-by-week/2nd-trimester/week-20/#:~:text=Your%20baby%2C%20or%20foetus%2C%20is,Your%20baby%20weighs%20around%20300g
  2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/20-weeks-pregnant#20-week-scan

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id