Para Calon Ibu Perlu Tahu, Begini Perkembangan Janin Ketika Hamil 2 Bulan
Kehamilan

Para Calon Ibu Perlu Tahu, Begini Perkembangan Janin Ketika Hamil 2 Bulan

Juni 5th 2022

Hamil 2 bulan apa ya yang berubah dari tubuh? Yang pasti saat ini pakaian Anda akan lebih terasa ketat karena janin sudah semakin berkembang.

Setiap pasangan yang menjalani program hamil pasti senang jika program yang dijalaninya berhasil. Belum lagi jika hasil NIPT test menunjukkan bahwa tidak ditemukan kelainan genetik pada janin. Kini saatnya untuk lebih fokus pada perkembangan janin dari minggu ke minggu hingga saatnya persalinan nanti.

Di akhir trimester pertama, kenaikan berat badan biasanya sudah mulai terjadi walaupun tidak banyak. Hal ini ditunjukkan dengan mulai terasa pas dan ketatnya pakaian yang Anda gunakan. Rahim mulai berkembang untuk memberi ruang bagi perkembangan bayi yang semakin pesat. Payudara terasa semakin penuh dan lembut yang membuat Anda harus memilih pakaian lebih longgar.

Perubahan di tahapan awal kehamilan ini masih terjadi karena tubuh dituntut untuk beradaptasi dengan pertumbuhan janin di dalam rahim. Karena perubahan suasana hati di 2 bulan usia kehamilan ini bisa naik turun sesuka hati, maka Anda harus mencukupi istirahat agar gejalanya bisa berkurang dan Anda lebih rileks.

Perubahan yang terjadi saat ibu hamil 2 bulan

ilustrasi perubahan saat hamil 2 bulan
Sumber gambar

Di usia kehamilan 2 bulan ini, perubahan perut belum terlalu terlihat. Namun, ada perubahan lain seperti volume darah yang meningkat, jantung yang memompa darah 50% lebih banyak per menit daripada sebelum hamil.

Gejala-gejala lain yang menyertai kehamilan 2 bulan meliputi:

  • Morning sickness
  • Perubahan suasana hati
  • Kenaikan atau penurunan berat badan
  • Kembung, adanya gas, dan sembelit
  • Peningkatan ketajaman indera penciuman
  • Produksi air liur yang lebih banyak
  • Minat untuk makan sesuatu (ngidam)
  • Heartburn dan rasa tidak nyaman di pencernaan
  • Keinginan buang air kecil yang meningkat
  • Kelelahan
  • Keputihan yang lebih banyak
  • Kram panggul ringan
  • Bercak darah ringan
  • Perubahan pada payudara seperti lebih besar, rasa kesemutan, puting yang menegang, puting sensitif dan areola yang lebih gelap
  • Munculnya benjolan areolar yang lebih biasa disebut tuberkel Montgomery

Nah, Anda sudah tahu kan perubahan apa saja yang terjadi pada tubuh. Sekarang kita simak perubahan apa saja yang terjadi pada janin ketika hamil 2 bulan.

Perkembangan pada janin saat ibu hamil 2 bulan

ilustrasi perkembangan janin 2 bulan
Sumber gambar

Pada usia 8 minggu, bayi biasanya memiliki panjang 1,5 hingga 2 cm, yang apabila digambarkan mungkin lebih mirip dengan sebiji kacang merah. Dengan pemeriksaan USG, ciri fisik bayi sudah semakin terlihat, sistem dan organ tubuhnya terus berkembang, dan bayi mulai terlihat seperti manusia kecil.

Perubahan tubuh janin usia 2 bulan

Penampilan janin saat ini lebih mirip seperti kecebong yang memudar, di mana tubuhnya mulai lurus, tunas lengan dan kaki semakin panjang, sementara jari tangan dan kaki terbentuk di dalam tangan dan kaki yang mirip seperti dayung.

Sistem pencernaan bayi, termasuk usus saat ini sedang berkembang. Namun karena belum ada cukup ruang di di dalam embrio kecil ini, maka usus berada di tali pusar. Begitu tubuh bayi semakin berkembang dan sudah ada cukup ruang untuknya, susu akan pindah ke dalam perut bayi.

Jantung janin saat ini berdetak sekitar 140 hingga 170 detak per menit. Anda tentu akan semakin bersemangat ketika mendengarkan degup jantungnya.

Perubahan pada wajah janin usia 2 bulan

Saat ini, hidung dan bibir atas bayi mulai terlihat. Lipatan kecil kelopak matanya sedang berkembang, dan matanya sekarang merupakan bagian wajah yang terlihat. Perkembangan mata eksternal juga terjadi, di mana retinanya saat ini sudah mulai berpigmen. Telinga mulai terbentuk di bagian luar kepala bayi dengan sempurna, sementara telinga bagian dalam masih terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia janin di dalam perut.

Perubahan pada organ reproduksi janin usia 2 bulan

Walaupun di usia ini alat kelamin bayi mulai terbentuk, tetapi belum terlihat apakah akan menjadi testis atau vagina. Untuk memastikannya akan dibutuhkan waktu sekitar 2 bulan lagi.

Yang sebaiknya dilakukan para ibu di usia hamil 2 bulan

ilustrasi ibu hamil 2 bulan
Sumber gambar

Dokter tentunya akan merekomendasikan Anda untuk tetap sehat hingga 9 bulan kehamilan nanti dengan makan makanan bergizi dan tetap berolahraga. Tetapi tidak apa-apa untuk memberikan waktu lebih untuk Anda, terutama di usia kehamilan 2 bulan morning sick akan semakin memuncak, sehingga bisa makan enak dan makan makanan bergizi butuh perjuangan yang besar bagi Anda.

Jika rasa mual di pagi hari saja sudah membuat Anda tidak bersemangat, maka Anda bisa mengambil sepotong biskuit malkist sebagai asupan energi dan kekuatan untuk memulai hari. Bila perut Anda terasa lebih nyaman, santap semua sayuran berdaun hijau dan protein untuk kebutuhan nutrisi Anda.

Di usia kehamilan ini, Anda mungkin akan membutuhkan vitamin prenatal dan juga susu dengan formula khusus yang dapat meredakan mual agar tetap bugar saat beraktivitas.

Aturannya berlaku sama untuk olahraga, tidak perlu memaksakan diri terutama ketika Anda merasa sedang mual. Berolahragalah ketika perut Anda sudah terasa nyaman, dan pilih saja jenis olahraga ringan seperti jalan sehat atau yoga prenatal.

BACA JUGA: Mengenal NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Usia hamil 2 bulan adalah bagian trimester pertama di mana Anda harus waspada apabila bercak darah atau kram perut terasa lebih intens dan mengganggu. Pendarahan ringan sekalipun tidak boleh Anda abaikan, terutama bila keputihan berwarna merah seperti darah segar atau coklat gelap dan dalam jumlah yang banyak. Segera periksakan kondisi Anda ke dokter kandungan apabila Anda menemukan keputihan atau pendarahan yang intens, terutama bila disertai demam, sakit kepala parah, adanya gejala infeksi saluran kemih, atau rasa sakit parah di perut dan pinggul.

Sumber:

  1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/298515#things-to-do
  2. https://www.babycenter.com/pregnancy/week-by-week/8-weeks-pregnant
  3. https://www.verywellfamily.com/8-weeks-pregnant-4158920
  4. https://www.healthline.com/health/pregnancy/2-months-pregnant#see-a-doctor

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id