Hamil 17 Minggu Belum Merasakan Gerakan Janin, Apa Penyebabnya?
Kehamilan

Hamil 17 Minggu Belum Merasakan Gerakan Janin, Apa Penyebabnya?

September 16th 2022

Hamil 17 minggu belum merasakan gerakan janin apakah normal? Ketahui kapan seharusnya Anda pertama kali merasakan gerakan janin dan bagaimana rasanya.

Kehamilan menjadi kabar yang paling dinanti-nanti sebagian besar pasangan, apalagi yang telah melakukan usaha ekstra untuk bisa hamil. Mulai dari konfirmasi kehamilan hingga gejala dan tanda yang berkembang selalu menjadi sesuatu yang mendatangkan keingintahuan dan rasa penasaran tersendiri.

Agar kehamilan lancar hingga persalinan, Anda harus menjaga kondisi kehamilan sejak trimester pertama kehamilan. Melakukan pemeriksaan USG sesuai dengan yang telah dijadwalkan, mengkonsumsi nutrisi yang seimbang, mencukupi kebutuhan cairan tubuh, mendapatkan pemeriksaan test NIPT, mengonsumsi suplemen serta mendapatkan tidur yang cukup akan membantu menjaga kondisi kesehatan selama kehamilan, sekaligus kondisi janin.

Di setiap minggunya, Anda akan mengalami perubahan-perubahan, baik yang bisa dilihat maupun hanya bisa dirasakan oleh tubuh. Salah satunya adalah pergerakan janin.

Seperti apa rasa pergerakan janin di dalam perut?

Jika ini adalah kehamilan pertama melalui program hamil, maka Anda mungkin belum berpengalaman soal pergerakan janin. Pergerakan janin untuk setiap orang bisa terasa berbeda, dan biasanya digambarkan sebagai berikut:

  • Rasa seperti ada kupu-kupu yang terbang di dalam perut
  • Rasa seperti denyutan ringan yang mirip ketukan lembut
  • Rasa seperti gelembung yang sedang pecah
  • Rasa seperti denyutan kecil otot
  • Rasa seperti kertas yang sedang digulung
  • Rasa seperti ada yang berkedip atau berdenyut

Bagi sebagian ibu hamil yang mengalami kehamilan pertama, rasa ini cukup membingungkan di awalnya. Apalagi jika gerakan janin cukup halus dan lembut. Seiring waktu Anda akan mengalami pola gerakan janin yang bisa dikenali dengan gerakan yang semakin kuat.

Hamil 17 minggu belum merasakan gerakan janin apakah normal?

ilustrasi hamil 17 minggu
Sumber gambar

Pergerakan janin menjadi pertanda bahwa janin sedang bertumbuh dan berkembang di dalam rahim. Keaktifan pergerakannya akan membuat Anda semakin menyadari keberadaannya. Sebenarnya, janin pertama kali mampu bergerak sekitar usia kehamilan 12 minggu, namun sebagian besar ibu hamil merasakan gerakan janin di usia 17 minggu kehamilan.

Beberapa ibu lainnya mungkin tidak merasakan pergerakan janin di usia kehamilan 17 minggu, dan mulai bertanya-tanya apakah itu normal?

Pergerakan janin normalnya dirasakan pertama kali oleh ibu hamil di usia kehamilan 16 hingga 25 minggu. Bila ini adalah kehamilan pertama Anda, adalah hal yang normal Anda tidak merasakan pergerakan janin di usia kehamilan 17 minggu. Anda mungkin baru akan merasakannya mendekati usia kehamilan 25 minggu. Sedangkan bila ini adalah kehamilan kedua, Anda bahkan sudah bisa merasakan pergerakan janin sejak usia kehamilan 13 minggu.

Mengapa pergerakan janin bisa terasa berbeda?

Hamil 17 minggu belum merasakan gerakan janin adalah hal yang normal. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rasa pergerakan janin di dalam rahim, antara lain:

Bukan kehamilan yang pertama

Jika ini bukanlah kehamilan pertama Anda, maka Anda akan lebih mudah merasakan pergerakan janin, bahkan Anda bisa menyadarinya di usia kehamilan sebelum 17 minggu. Hal ini disebabkan, otot pada rahim sudah lebih rileks akibat kehamilan yang pertama, dan menjadi lebih sensitif terhadap pergerakan janin. Karena pengalaman melahirkan sebelumnya itulah, ibu hamil menjadi lebih bisa merasakan pergerakan janin lebih dini.

Letak plasenta

Letak plasenta juga sangat mempengaruhi rasa pergerakan janin. Jika posisi plasenta adalah plasenta anterior, yang artinya berada di antara rahim dan perut, makan akan sulit bagi Anda untuk merasakan gerakan pertama janin Anda.

Keaktifan janin di dalam perut

Manusia kecil yang tumbuh di dalam rahim Anda sudah memiliki beberapa sifat bawaan, misalnya lebih tenang atau justru sangat aktif. Janin yang tenang bukan berarti tidak sehat, karena beberapa janin memang tidak terlalu aktif dibandingkan janin lainnya. Namun jika gerakannya terlalu sedikit, pada usia kehamilan tertentu, maka Anda harus waspada dan memeriksakan diri ke dokter. Penurunan pergerakan janin bisa menandakan adanya komplikasi kehamilan yang mempengaruhi janin.

Seberapa sering pergerakan janin bisa dirasakan?

ilustrasi gerakan janin
Sumber gambar

Pergerakan janin sangatlah bervariasi, di mana di usia kehamilan 20-24 minggu Anda akan semakin merasakan pergerakan tersebut dan mulai bisa diamati melalui pemeriksaan USG. Dokter atau bidan dapat mendengarkan denyut jantung janin ketika mereka aktif bergerak.

Pergerakan janin juga dipengaruhi oleh perubahan kadar gula darah di dalam tubuh ibu. Jika kadar gula darah ini melonjak, maka janin akan menjadi lebih aktif karena di dalam tubuhnya juga terjadi lonjakan kadar gula darah.

Semakin bertambah usia kehamilan, maka pergerakan janin akan semakin aktif. Di usia kehamilan 28 minggu, setidaknya Anda akan merasakan 10 pergerakan pada setiap 2 jamnya. Bayi Anda mungkin sedang dalam keadaan tidur apabila pergerakannya menurun di jam-jam tertentu, dan kembali menjadi aktif di malam hari.

Pergerakan janin sejak usia kehamilan 28 minggu menjadi semakin aktif, karena ia kini sudah bisa meninju, menyikut dan menendang. Anda bahkan bisa mulai memperhatikan pola pergerakannya apakah akibat kakinya, atau tangannya. Terkadang pergerakan janin juga tampak pada perut, yang membuat perut Anda berubah bentuk menjadi tidak bulat di sudut tertentu.

Seberapa pergerakan janin di kehamilan tertentu terkadang menjadi indikator apakah janin dalam kondisi sehat. Anda bisa membantu memantau dan menghitung pergerakannya untuk mengetahui kondisi janin.

Panduan pola pergerakan janin untuk ibu hamil

ilustrasi ibu hamil usg
Sumber gambar

Anda boleh mulai khawatir bila lebih dari 3 jam, janin tidak bergerak atau pergerakannya sangat lemah. Namun jangan panik, karena Anda juga harus mengingat pola apakah ini saatnya janin beristirahat atau tidur. Agar Anda tidak cemas akan pergerakan janin yang jarang, Anda bisa mengamati beberapa pola pergerakan janin setiap minggu berikut ini:

  • Usia kehamilan 12 minggu – pada saat ini janin sudah mulai bergerak, namun Anda mungkin tidak bisa merasakannya karena ukuran janin masih terlalu kecil.
  • Usia kehamilan 16 minggu – pada saat ini sebagian ibu hamil sudah mulai merasakan pergerakan ringan janin, yang lebih mirip seperti kepakan sayap kupu-kupu. Mungkin tidak semua rasa ini adalah benar pergerakan janin, dan mungkin saja adalah gas yang sedang berputar di dalam perut. Namun perhatikan dan amati saja perkembangan gerakannya.
  • Usia kehamilan 20 minggu – pada saat ini gerakan janin mulai terasa lebih nyata karena janin sudah semakin bertumbuh besar.
  • Usia kehamilan 24 minggu – di usia kehamilan ini bukan hanya pergerakan tubuh janin saja yang Anda rasakan, Anda juga mungkin merasakan adanya kedutan di perut ketika janin mengalami cegukan.
  • Usia kehamilan 28 minggu – di usia kehamilan ini janin bergerak lebih sering. Beberapa tendangan dan tinjuannya bahkan mungkin terasa cukup menyakitkan.
  • Usia kehamilan 36 minggu – di usia kehamilan ini, janin tumbuh jauh lebih besar sehingga ia akan cukup mengalami kesulitan dalam bergerak di dalam rahim. Pergerakannya menjadi terasa lebih lambat dan janin mulai mengubah aktivitasnya menjadi lebih konsisten.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Ketika Anda merasa bahwa pergerakan janin sangat lemah dan jarang, padahal seharusnya ini adalah waktunya bergerak. Anda bisa segera menghubungi dokter dan memeriksakan diri. Apalagi bila pergerakannya tidak Anda rasakan nyari setengah hari, Anda mungkin sebaiknya tidak menunda memeriksakan diri.

  1. Sumber:
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/301687#_noHeaderPrefixedContent
  3. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/22829-quickening-in-pregnancy
  4. https://www.medicinenet.com/fetal_movement_feeling_baby_kick_week-by-week/article.htm
  5. https://www.verywellfamily.com/17-weeks-pregnant-4159005
  6. https://www.verywellfamily.com/feeling-your-baby-move-in-your-second-pregnancy-2759930

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id