Ini yang Terjadi Pada Ibu Saat Hamil 1 Bulan
Kehamilan

Ini yang Terjadi Pada Ibu Saat Hamil 1 Bulan

November 1st 2022

Hamil 1 bulan biasanya belum menunjukkan banyak perubahan pada tubuh ibu. Tak heran jika belum banyak perempuan yang menyadari kehamilannya pada saat hamil 1 bulan. Kehamilan biasanya mulai disadari pada usia 5 minggu ke atas.

Meskipun demikian, janin telah mengalami perkembangan yang cukup pesat pada saat hamil 1 bulan. Begitu pula pada tubuh ibu hamil, jika diperhatikan dengan saksama, sebenarnya ada saja perubahan yang terjadi. Apa saja yang terjadi pada saat usia kehamilan baru menginjak 1 bulan? Simak penjelasan berikut ini.

Apa yang terjadi pada janin saat hamil 1 bulan?

ilustrasi yang terjadi pada janin saat hamil 1 bulan
Sumber gambar

Pada saat hamil 1 bulan, ukuran janin dalam kandungan masih sangat kecil, yaitu sebesar kacang kedelai. Implantasi telah selesai dan kini janin berada seutuhnya di dalam rahim Anda. Pada saat inilah plasenta telah terbentuk sempurna sehingga pertukaran oksigen dan nutrisi dari tubuh ibu ke janin berlangsung melalui plasenta.

Ukuran janin ketika hamil 1 bulan memang masih sekitar 2 mm, namun sel dalam tubuh mungil tersebut sudah mulai membentuk beberapa lapisan. Lapisan terluar kelak akan berubah menjadi organ saraf, mata, dan kulit. Lapisan tengah merupakan cikal bakal dari organ jantung, pembuluh darah, dan sistem muskuloskeletal. Sementara itu, lapisan terdalam akan berubah menjadi organ pernapasan, saluran kemih, dan pencernaan.

Pada saat usia hamil 1 bulan, dokter akan memantau perkembangan organ-organ janin tersebut melalui pemeriksaan USG. Karena itulah pemeriksaan USG pada awal kehamilan merupakan hal yang tak boleh terlewatkan. Anda juga dapat mulai merencanakan tes NIPT ketika kelak kandungan mencapai usia 10 minggu. Tes NIPT berguna dalam mengetahui kelainan kromosom maupun jenis kelamin janin dalam kandungan.

Apa yang terjadi pada tubuh ibu saat hamil 1 bulan?

ilustrasi mual
Sumber gambar

Pada saat hamil 1 bulan, bisa jadi Anda belum mengalami keterlambatan haid. Begitu pula dengan gejala kehamilan lain yang mungkin sudah sering Anda dengar. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh ibu. Berikut adalah beberapa perubahan pada hamil 1 bulan yang sering tidak disadari para perempuan.

Payudara membesar

Payudara akan mulai membesar dan terasa lebih lembut ketika hamil 1 bulan. Warna di sekitar areola (puting payudara) perlahan akan berubah semakin gelap. Sebagian perempuan mungkin telah memproduksi hormon prolaktin dalam tubuhnya, yaitu hormon yang berperan dalam produksi ASI (Air Susu Ibu).

Akan tetapi, tidak semua perempuan mengalami hal ini. Ada yang baru merasakannya pada trimester kedua, bahkan trimester ketiga. Fluktuasi hormonal dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab membesarnya payudara pada ibu hamil.

Kram perut

Kram perut akan dirasakan pada awal kehamilan, yaitu sekitar saat usia hamil 1 bulan. Hal ini terjadi karena saat hamil 1 bulan, proses implantasi janin ke rahim dimulai sehingga menimbulkan sensasi kram pada perut. Kram yang dirasakan sangat mirip dengan nyeri sebelum haid. Itulah sebabnya banyak yang salah mengartikan awal kehamilan sebagai awal dimulainya siklus haid.

Adanya bercak darah

Sama seperti kram perut, munculnya bercak darah juga terjadi karena implantasi janin ke dalam rahim. Ini juga sering disalahartikan sebagai awal siklus haid. Bedanya, flek pada hamil 1 bulan cenderung lebih sedikit dan memiliki warna samar.

Keputihan

Keputihan cukup sering terjadi pada ibu hamil dan merupakan hal yang wajar. Keputihan pada ibu hamil memang biasanya lebih banyak dan terjadi akibat perubahan hormon dalam tubuh. Akan tetapi, waspadalah bila keputihan tersebut berbau, berwarna, atau berbusa.

Mual dan muntah

Anda tentu sudah sering mendengar keluhan yang satu ini. Mual muntah pada awal kehamilan dikenal sebagai morning sickness karena umumnya memberat di pagi hari. Rasa mual hingga muntah terjadi karena kenaikan kadar hormon kehamilan (hCG). Pada perempuan yang mengalami hamil anggur, rasa mual akan semakin parah karena kadar hCG yang sangat tinggi.

Apa yang harus dilakukan saat hamil 1 bulan?

Apabila telah mengetahui bahwa diri Anda hamil, sebenarnya hanya ada dua hal yang wajib untuk dilakukan. Berikut adalah hal yang wajib Anda lakukan dengan segera.

Segera memeriksakan diri ke dokter

Hal pertama tentu segera mengonfirmasinya dengan mengunjungi dokter kandungan. Anda wajib setidaknya melakukan 4 kali pemeriksaan USG pada dokter kandungan. Hal tersebut karena tidak semua kondisi dalam kandungan dapat diamati dari luar.

Pemeriksaan pada saat hamil 1 bulan biasanya akan menghitung usia kehamilan, taksiran perkiraan lahir, melihat kantong kehamilan, plasenta, serta mengukur beberapa bagian tubuh janin (seperti lingkar kepala, lingkar lengan, panjang femur, dan sebagainya). Hal-hal tersebut tidak boleh terlewat untuk dilakukan. Apabila tidak dilakukan sedini mungkin, maka akurasi USG akan berkurang.

Perhatikan kebutuhan nutrisi

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah asupan nutrisi. Dokter tentu akan memberikan Anda sepaket multivitamin, tablet besi, dan sebagainya tergantung kebutuhan. Akan tetapi, Anda tak dapat bergantung sepenuhnya hanya pada vitamin maupun suplemen.

Apa yang Anda konsumsi sehari-hari itulah yang paling penting. Konsumsilah lebih banyak protein, asam folat, vitamin, dan mineral ketika hamil. Untuk memudahkan diri dalam mengatur asupan nutrisi harian, Anda dapat melakukan tes nutrigenomik. Tes nutrigenomik kini sudah tersedia di beberapa laboratorium sehingga tidak perlu menunggu lama untuk melakukannya.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Nutrisi, istirahat, dan perawatan antenatal yang tepat adalah kunci dalam menjaga kesehatan selama hamil 1 bulan. Pada awal kehamilan, Anda harus memberikan perhatian ekstra karena di masa itulah berbagai organ penting janin mulai terbentuk. Intervensi yang tepat sejak dini akan membantu optimalisasi perkembangan tersebut.

Sumber:

  1. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/7247-fetal-development-stages-of-growth#:~:text=By%20the%20end%20of%20the%20first%20month%2C%20the%20fetus%20is,than%20a%20grain%20of%20rice.&text=Facial%20features%20continue%20to%20develop,arms%20and%20legs%20are%20forming.
  2. https://www.nhs.uk/start4life/pregnancy/week-by-week/1st-trimester/week-4/

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id