6 Hal yang Perlu Dilakukan di Awal Kehamilan, Apa Saja?
Kehamilan

6 Hal yang Perlu Dilakukan di Awal Kehamilan, Apa Saja?

Juni 1st 2022

Hal yang dilakukan di awal kehamilan apa yang sudah ada di dalam daftar? Daftar di dalam artikel ini akan membantu Anda mempersiapkan kehamilan dengan lebih baik lagi.

Anda mungkin akan merasa agak sedikit kewalahan ketika dinyatakan program hamil telah berhasil. Gejala-gejala awal kehamilan ini datang bertubi-tubi dan mungkin membuat Anda sedikit kaget. Mulai dari rasa nyeri pada payudara, morning sickness, sering buang air kecil hingga terlambat haid semuanya datang bersamaan di awal kehamilan.

Awal kehamilan atau disebut juga trimester pertama dimulai dari awal kehamilan dan berlangsung hingga usia kehamilan 13 minggu 6 hari. Pada saat ini akan ada banyak perubahan di dalam tubuh Anda yang terjadi, yang disebabkan oleh tubuh yang mempersiapkan ruang untuk janin tumbuh dan berkembang. Nah, agar Anda tak kebingungan, pembahasan kali ini adalah tentang hal dilakukan di awal kehamilan. Simak terus, yuk!

Hal yang dilakukan di awal kehamilan pertama, tentu saja membuat janji temu dengan dokter

ilustrasi bertemu dengan dokter
Sumber gambar

Hal pertama yang perlu dilakukan di awal kehamilan adalah membuat janji temu dengan dokter untuk mengonfirmasi kehamilan Anda. Walaupun hasil tes kehamilan mungkin menunjukkan positif atau hamil, namun Anda tetap perlu mengonfirmasinya dengan dokter kandungan atau bidan Anda.

Kehamilan trimester pertama umumnya masih lemah dan rentan terjadi keguguran, sehingga Anda perlu lebih memperhatikan kondisi Anda saat ini. Dokter akan memberitahu apa-apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di trimester pertama kehamilan.

Di sini, Anda juga akan mendapatkan pemeriksaan tentang riwayat kesehatan keluarga, terutama apabila ada kondisi kesehatan yang terkait dengan kelainan genetik di dalam keluarga. Dokter mungkin akan merekomendasikan Anda untuk menjalani NIPT test yang dapat mendeteksi kelainan kromosom di janin sejak usia kehamilan 10 minggu. Tes ini dapat membantu memastikan bahwa janin tidak memiliki masalah apapun dan kehamilan mungkin untuk dilanjutkan.

Melengkapi hal yang dilakukan di awal kehamilan dengan mengunjungi dokter gigi

ilustrasi mengunjungi dokter gigi
Sumber gambar

Jika sebelumnya Anda enggan mengunjungi dokter gigi, maka inilah saat yang tepat untuk pergi ke dokter gigi. Di trimester pertama kehamilan, keluhan sakit gigi umum dirasakan, sehingga sebelum sakit gigi mengganggu Anda, adalah sangat penting untuk mendapatkan pengecekan gigi dan pembersihan rongga mulut.

Bakteri juga berpotensi masuk melalui gigi yang rusak atau berlubang, yang dapat menyebabkan infeksi pada ibu hamil. Agar hal ini tidak terjadi, buat janji temu dengan dokter gigi dan ungkapkan semua pertanyaan terkait dengan kehamilan dan gigi yang ingin Anda ketahui.

Di awal kehamilan, sebisa mungkin cukupilah istirahat Anda

Adalah hal yang wajar kok bila Anda mudah merasa lelah selama trimester pertama. Ini karena tubuh belum terbiasa dengan perubahan kadar hormon yang cepat. Anda akan mudah mengantuk setiap pagi dan sulit untuk bertahan agar tetap terjaga di malam hari. Tidak perlu menahan rasa kantuk itu dan nikmati istirahat berkualitas agar tubuh kembali bugar.

Jangan lupa untuk membiasakan tidur dengan posisi miring sekarang, karena hari demi hari perut Anda akan kian buncit dan membesar. Berbaring tengkurap di awal kehamilan mungkin masih bisa dilakukan, tetapi rasanya mungkin sudah tidak terlalu nyaman. Sedangkan berbaring telentang dapat mempengaruhi suplai darah ke bayi. Faktanya, pada trimester ketiga tidur miring juga mengurangi risiko lahir mati pada janin dibandingkan tidur dengan posisi telentang. Yuk biasakan tidur miring mulai dari sekarang!

Rutin minum vitamin adalah hal yang dilakukan di awal kehamilan agar janin tetap sehat

ilustrasi minum vitamin
Sumber gambar

Selain memiliki pola makan yang sehat, cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan adalah dengan mengonsumsi vitamin yang telah diresepkan oleh dokter. Pola makan sehat saat ini mungkin tidak lagi mencukupi untuk kehamilan, vitamin prenatal diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tertentu yang dibutuhkan ibu hamil, misalnya seperti asam folat, kalsium, dan zat besi.

Kesemua vitamin tersebut dapat membantu memaksimalkan perkembangan janin yang tepat dan membantu mencegah cacat lahir.

Sebaiknya Anda juga tidak sembarangan minum vitamin selama kehamilan, dokter akan membantu Anda menemukan multivitamin yang cocok untuk kondisi dan kebutuhan Anda saat ini. Dokter mungkin juga akan merekomendasikan vitamin yang mengandung EPA dan DHA, yang merupakan asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak bayi.

Pastikan selalu mengikuti dosis yang ditentukan oleh dokter, karena beberapa vitamin apabila dikonsumsi berlebihan juga dapat berbahaya bagi janin.

Ketahui hal yang perlu dilakukan di awal kehamilan seperti memilih makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan

Pola diet yang sehat dan seimbang akan memastikan bahwa Anda dan janin mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Coba buat daftar makanan mulai dari sekarang, ketahui makanan apa yang perlu dihindari selama kehamilan dan makanan apa yang justru baik untuk Anda dan janin.

Beberapa makanan mungkin mengandung bakteri, parasit, atau bahkan racun apabila tidak dipasteurisasi atau tidak dimasak hingga matang. Untuk itu, periksa kembali label kemasan produk susu yang hendak Anda beli, dan pastikan memasak makanan hingga matang untuk mencegah keracunan atau infeksi bakteri.

Hentikan kebiasaan minum kafein dan alkohol

ilustrasi minuman yang mengandung kafein
Sumber gambar

Dokter mungkin masih mengijinkan Anda untuk menikmati kopi maksimal satu cangkir kopi hitam atau dua cangkir kopi instan dalam sehari. Saat hamil, Anda harus membatasi asupan kafein hingga maksimal 200 mg saja. Mengonsumsi kafein terlalu sering dan banyak dapat meningkatkan risiko keguguran.

Tak hanya kopi saja, kafein juga bisa ditemukan di dalam teh, minuman berenergi, soda dan coklat. Batasi pula konsumsi semua makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Tidak diketahui berapa batas aman konsumsi alkohol bagi kehamilan, sehingga sebaiknya Anda berhenti minum minuman yang mengandung alkohol.

Tetap berolahraga sepanjang kehamilan

Anda mungkin akan disarankan untuk menghindari mengangkat barang yang berat atau melakukan aktivitas berat. Namun bukan berarti dokter meminta Anda untuk berhenti berolahraga.

Faktanya, olahraga teratur dapat memberikan aneka manfaat bagi kehamilan seperti mengurangi risiko insomnia, mencegah nyeri otot, mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan, dan membantu mengelola suasana hati.

Anda masih bisa berolahraga secara rutin selama Anda hamil, seperti misalnya yoga prenatal, berjalan kaki, atau bahkan mungkin berlari. Sebelum menjalankan program olahraga Anda, bicarakan terlebih dahulu dengan dokter Anda dan minta pendapatnya, apakah kondisi Anda memungkinkan untuk menjalani program olahraga seperti yang Anda inginkan atau tidak.

BACA JUGA: Mengenal NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Jika masih banyak hal yang tidak Anda mengerti terkait kehamilan, jangan ragu untuk mencari informasi dari artikel lain di laman ini. Tanyakan juga pada dokter kandungan kemungkinan apa saja yang bisa terjadi dan bagaimana menjaga kehamilan di usia kehamilan awal ini.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/dos-and-donts#Food-Fix:-What-to-Eat-When-Pregnant
  2. https://www.babycentre.co.uk/a1051123/first-trimester-your-essential-pregnancy-to-do-list
  3. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id