Mengulik Tentang Fungsi DNA yang Tak Banyak Diketahui
Kesehatan

Mengulik Tentang Fungsi DNA yang Tak Banyak Diketahui

April 25th 2022

Tubuh manusia merupakan mekanisme yang luar biasa. Bahkan hingga bagian terkecil, seperti fungsi DNA pun memegang peran yang sangat penting bagi kehidupan.

Pernahkan berpikir, bagaimana manusia bisa memejamkan mata saat tidur malam tanpa terjaga selama berjam-jam? Atau muncul pertanyaan sebaliknya, bagaimana seseorang bisa mampu bekerja dari pagi hingga sore hari, bahkan tanpa perlu beristirahat?

Tentunya ada banyak elemen tubuh yang bekerja agar seorang manusia bisa melangkahkan kakinya. Dari sekian banyak komponen-komponen di badan manusia, ada satu benda kecil yang memegang peran penting dalam kehidupan sehari-hari, dari lahir hingga mati, yaitu DNA.

Apa itu DNA?

Ilustrasi DNA manusia
Sumber Gambar

Secara umum, DNA atau asam deoksiribonukleat adalah asam nukleat yang di dalamnya terdapat satu sel makhluk hidup. DNA merupakan biomolekul utama yang terdapat pada makhluk hidup dengan tugas membentuk dan menyusun berat kering.

Dalam susunannya, DNA terdiri dari materi yang membentuk kromosom-kromosom dan informasi genetik yang tersimpan dalam tubuh makhluk hidup. Singkatnya, DNA merupakan database yang memegang kendali manusia beserta keturunannya. Dalam artian lain, DNA adalah senyawa kimia pembentuk keterangan genetik suatu sel makhluk hidup yang bersifat warisan, akan turun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Sebuah cetak biru di mana kode kehidupan setiap makhluk hidup yang tercatat dalam sel.

Fungsi DNA dalam tubuh manusia

DNA bukan hanya sebagai pembawa warisan sifat atau bentuk fisik manusia. Lebih dari itu, biomolekul ini juga punya banyak tugas penting. Yuk, kenali lebih jauh mengenai fungsi DNA pada manusia:

1. Sebagai pembawa informasi genetik dari DNA

Fungsi DNA sebagai pembawa informasi genetik makhluk hidup. Di mana DNA membawa instruksi bagi pembentukan ciri dan sifat manusia. Secara singkat, DNA merupakan pengenal dari seseorang, terutama ketika orang tersebut tidak memiliki identitas seperti KTP atau SIM. Hanya saja, untuk mengidentifikasinya harus melalui tahap ilmiah.

Sel dalam tubuh akan membaca kode lalu kemudian diproses dan hasilnya berupa protein yang berperan penting dalam pertumbuhan dan kelangsungan hidup. Urutan DNA yang berisi informasi untuk membuat protein ini Anda kenal dengan sebutan gen.

Dalam protein, juga terdapat beberapa kombinasi asam amino. Protein ini harus ditempatkan bersama dan dalam urutan yang tepat. Hasilnya berupa struktur serta fungsi yang unik di dalam tubuh tiap organisme.

2. Memiliki peran dalam menduplikasi diri dan dalam pewarisan sifat

Makhluk hidup dapat mewariskan sifat kepada keturunannya lewat proses reproduksi. Dengan menghasilkan generasi, manusia dan makhluk hidup mampu melestarikan jumlah spesies dan menjaga sifat-sifat genetiknya. Sebuah metode rumit namun terbentuk secara alami dengan nama pewarisan sifat.

Dalam proses tersebut fungsi DNA adalah pembawa semua informasi sifat manusia hidup. Pada satu DNA terdapat 46 kromosom. Dalam pewarisan sifat, fungsi DNA memiliki peranan yang cukup penting karena menjadi pembawa data atau informasi genetik, serta terlibat dalam semua proses herediter dan biosintetik dalam setiap organisme. Selain itu, DNA juga mensintesis RNA dan secara tidak langsung untuk mengontrol sintesis protein.

3. Sebagai ekspresi informasi genetik

Fungsi DNA selanjutnya adalah sebagai ekspresi informasi genetik di mana gen-gen membawa informasi untuk membentuk protein tertentu. Proses tersebut terjadi melalui mekanisme sintesis protein.

4. Bermanfaat dalam bidang forensik

Di dunia forensik, fungsi DNA memegang peranan yang sangat penting yaitu sebagai alat bantu dan identifikasi dalam penyelesaian kasus kriminalitas. Dalam prosesnya, ilmu forensik menggunakan dua jenis marka genetik, yaitu DNA mitokondria dan DNA inti.

Ada satu catatan bila bicara tentang fungsi DNA untuk forensik. Sifat DNA mitokondria memiliki kelemahan yang merupakan keturunan dari garis ibu sehingga penggunaannya dalam mendiskriminasikan profil DNA individu kurang tepat. Biasanya ahli forensik lebih percaya terhadap penggunaan fungsi DNA inti atau nukleus yang merupakan keturunan dari ayah dan ibu.

5. Bidang teknologi informasi

Tak hanya dalam kehidupan manusia, fungsi DNA juga terlihat jelas dalam ilmu komputer. Peneliti sering memakai fungsi DNA untuk riset dan juga sebagai salah satu contoh bentuk cara komputasi.

Sebagai contohnya adalah teori database yang mendapat pengaruh oleh riset DNA yang memiliki masalah khusus untuk menaruh dan memanipulasi urutan DNA. Database yang secara khusus digunakan untuk kepentingan riset DNA bernama database genomik.

Fungsi DNA tidak sama dengan RNA, apa bedanya?

Ilustrasi fungsi DNA
Sumber gambar

Bicara tentang fungsi DNA, jangan sampai tertukar dengan fungsi RNA. Keduanya punya peran penting namun memiliki perbedaan mendasar. Fungsi DNA adalah menjalankan peran sebagai penyimpan dan pengirim informasi genetik. Di sisi lain, fungsi RNA secara langsung melakukan pengkodean asam amino serta menjadi pembawa pesan antara DNA dan ribosom untuk menciptakan protein.

Selain itu, fungsi DNA juga menjadi informasi genetik jangka panjang. Biomolekul ini menjadi transmisi informasi genetik untuk menghasilkan sel lain dan organisme baru. Sementara RNA menjalankan perannya untuk mentransfer kode genetik dari inti ke ribosom untuk membuat protein. RNA digunakan untuk mengirimkan informasi genetik pada beberapa organisme dan menjadi molekul yang berfungsi sebagai lemari penyimpan cetak biru genetik pada organisme primitif.

Itulah informasi mengenai fungsi DNA bagi manusia. Satu molekul kecil yang menjadi pemegang kendali kehidupan yang menunjukkan betapa hebatnya kuasa Tuhan dalam menciptakan makhluk hidup.

Sumber:

  1. https://www.liputan6.com/citizen6/read/3925154/5-fungsi-dna-dalam-tubuh-manusia-berperan-sebagai-duplikasi-diri

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id