Flek Coklat Tanda Kehamilan atau Haid? Begini Cara Membedakannya
Kehamilan

Flek Coklat Tanda Kehamilan atau Haid? Begini Cara Membedakannya

Oktober 5th 2022

Awal gejala kehamilan terkadang membingungkan bagi sebagian perempuan. Salah satu yang cukup membingungkan adalah cara membedakan flek coklat tanda kehamilan atau haid. Hal ini karena flek coklat sering muncul baik pada awal kehamilan maupun sebelum dan setelah haid.

Akan tetapi, munculnya flek coklat juga tak selalu pertanda terjadinya kedua hal tersebut. Ada beberapa kelainan yang juga menyebabkan keluarnya flek coklat dari vagina. Lalu, flek coklat seperti apa yang perlu diwaspadai? Bagaimana cara membedakan flek coklat tanda kehamilan atau haid? Simak penjelasan berikut.

Cara membedakan flek coklat tanda kehamilan atau haid

ilustrasi cara membedakan flek haid dan hamil
Sumber gambar

Flek coklat tanda kehamilan atau haid merupakan satu-satunya flek coklat yang normal. Akan tetapi, tetap penting untuk membedakan flek coklat tanda kehamilan atau haid. Karena dengan mengetahui kehamilan sejak dini, Anda dapat memberikan intervensi yang tepat terhadap janin sedini mungkin. Berikut adalah perbedaan dari flek coklat tanda kehamilan atau haid.

Flek coklat tanda kehamilan

Flek coklat tanda kehamilan dikenal dengan istilah spotting. Hal ini merupakan akibat dari terjadinya implantasi janin dalam rahim. Coba Anda bayangkan sedang menancapkan sebuah paku ke dinding, maka akan ada sedikit serpihan dinding yang terlepas. Begitu pula ketika kantong janin mulai ditanam di dinding rahim, sebagian kecil dinding rahim akan terkelupas dan keluar melalui vagina.

Flek coklat tanda kehamilan umumnya berwarna cerah dan samar. Ia muncul pada masa menjelang haid. Apabila sudah waktunya haid, namun hanya keluar flek coklat samar, maka kemungkinan Anda sedang berada di awal kehamilan.

Flek coklat tanda kehamilan bisa disertai dengan gejala lain. Gejala awal kehamilan antara lain mual, muntah, kram perut, dan terlambat haid. Anda harus membedakan darah haid yang cenderung lebih banyak daripada flek coklat.

Segeralah memeriksakan diri baik secara mandiri maupun ke dokter bila mengalami gejala tersebut. Pemeriksaan USG akan semakin akurat jika dilakukan sedini mungkin. Anda juga bisa melakukan tes NIPT untuk mengetahui kelainan kromosom pada janin. Jangan khawatir, tes NIPT bersifat noninvasif dan bisa dilakukan sejak usia kehamilan 10 minggu.

Flek coklat tanda haid

Membedakan flek coklat tanda kehamilan atau haid sebenarnya bisa dilihat dari waktu terjadinya. Apabila terjadi menjelang haid, kemungkinan itu adalah tanda kehamilan. Sedangkan bila terjadi sekitar 2 minggu sebelum maupun sesudah masa haid, kemungkinan itu adalah darah awal dan sisa haid.

Flek coklat tanda haid biasanya juga berwarna cerah dan samar. Flek coklat tanda haid muncul sebagai akibat perubahan hormon menjelang ovulasi. Ovulasi biasanya terjadi 2 minggu terhitung sejak awal siklus haid. Siklus haid dimulai pada hari Anda selesai mengalami haid.

Flek coklat tanda haid seringkali disertai dengan gejala lain, yaitu dysmenorrhea. Dysmenorrhea adalah nyeri pada saat menjelang haid. Derajat nyeri yang dirasakan setiap orang berbeda, begitu pula karakteristiknya.

Kapan harus mewaspadai flek coklat?

ilustrasi mewaspadai flek hitam
Sumber gambar

Selain flek coklat tanda kehamilan atau haid, terdapat flek coklat yang harus diwaspadai. Pastikan Anda tidak sedang hamil atau memasuki masa haid. Beberapa kelainan yang dapat menyebabkan munculnya flek coklat adalah sebagai berikut.

Infeksi

Infeksi bakteri, parasit, dan jamur dapat mengakibatkan flek coklat. Pada infeksi, biasanya flek juga disertai lendir berwarna dan bau. Jagalah kebersihan alat kelamin dan gunakan kondom ketika berhubungan seksual untuk menghindari transmisi infeksi.

Kista dan miom

Kista dan miom sangat beragam jenis dan ukurannya. Ada endometriosis, mioma uteri, dan sebagainya. Kista dan miom bisa disertai dengan perdarahan, nyeri, dan sebagainya. Periksakan kondisi ini ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Keganasan

Hal yang paling ditakutkan dari munculnya flek coklat adalah keganasan. Salah satu keganasan organ reproduksi adalah kanker serviks. Pada stadium lanjut, penyakit ini dapat disertai gejala perdarahan dan nyeri setelah berhubungan seksual.

Sebenarnya sudah ada banyak cara untuk mencegah kanker serviks, yaitu pap smear, IVA, dan vaksin HPV. Kanker serviks adalah satu-satunya jenis kanker yang telah ditemukan metode pencegahan yang efektif. sayangnya, metode pencegahan tersebut masih belum dilakukan secara merata di seluruh pelosok negeri.

Ketidakseimbangan hormon

ilustrasi keseimbangan hormon
Sumber gambar

Flek coklat karena ketidakseimbangan hormon biasanya disertai gejala perubahan suasana hati, peningkatan suhu tubuh, insomnia, hingga peningkatan berat badan. Kondisi hormonal ini dapat terjadi akibat penyakit tertentu maupun penggunaan pil kontrasepsi hormonal. Dokter akan meresepkan beberapa obat atau menghentikan konsumsi obat tertentu untuk mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuh Anda.

Apabila akibat pil kontrasepsi, hal tersebut hanya bersifat sementara dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Meskipun demikian, penggunaan pil kontrasepsi hormonal memang tak lagi direkomendasikan. Pil kontrasepsi hormonal dikatakan memiliki efek jangka panjang yang buruk dan meningkatkan risiko kejadian tumor otak di masa depan.

Anda perlu waspada bila flek coklat muncul dengan gejala lain seperti di atas. Baik infeksi, kista, miom, keganasan, maupun ketidakseimbangan hormon harus ditangani oleh dokter kandungan. Anda cukup membantu dengan menjaga pemenuhan nutrisi sesuai kebutuhan. Untuk membantu mengetahui kebutuhan nutrisi yang tepat, Anda dapat melakukan tes nutrigenomik di laboratorium terdekat.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Nah, setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda tak lagi bingung dalam membedakan flek coklat tanda kehamilan atau haid, serta kapan harus mewaspadainya. Pada dasarnya, Anda harus memperhatikan waktu terjadinya flek dan gejala penyerta. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para perempuan di luar sana.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/brown-spotting-before-period#takeaway
  2. https://www.healthline.com/health/brown-vaginal-discharge#brith-control

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id