7 Firasat Hamil Anak Laki-laki, Apakah Akurat?
Kehamilan

7 Firasat Hamil Anak Laki-laki, Apakah Akurat?

Juli 3rd 2022

Firasat hamil anak laki-laki seringkali dialami ibu hamil, terutama di kehamilan pertama. Benar atau tidaknya firasat tersebut hanya bisa dibuktikan setelah bayi dilahirkan.

Setiap kehamilan adalah pengalaman yang berbeda, di mana antara wanita hamil satu dan yang lain mungkin merasakan pengalaman yang berbeda pula.

Jika Anda sedang merencanakan kehamilan dan bergabung dengan grup program hamil, maka Anda akan menemukan berbagai pengalaman dan cerita yang berbeda dari pasangan yang berusaha untuk hamil. Di sana, Anda mungkin juga akan menemukan berbagai cerita tentang firasat hamil anak laki-laki atau hamil anak perempuan. Ada yang mendapatkan firasat, bahkan sebelum melakukan tes kehamilan, ada pula yang mendapatkan firasat setelah memperhatikan tanda-tanda yang dirasakan.

Rasanya seperti sulit dipercaya, tetapi beberapa orang yang mengisahkan hal yang sama berhasil membuktikan kebenarannya saat bayi dilahirkan. Kisah-kisah seperti itu juga telah dilakukan turun temurun sehingga banyak orang gemar menebak jenis kelamin bayi berdasarkan tanda-tanda yang terlihat di tubuh.

Firasat hamil anak laki-laki yang sering dirasakan

ilustrasi ibu hamil anak laki-laki
Sumber gambar

Sebelum membahas akurat atau tidaknya firasat saat hamil anak laki-laki atau perempuan, terlebih dahulu ketahui tanda-tanda fisik pada kehamilan yang paling sering digunakan untuk memprediksi jenis kelamin bayi yang ada di dalam kandungan.

1. Bentuk perut saat hamil, bulat atau oval

Firasat hamil anak laki-laki biasanya ditandai dengan bentuk perut yang cenderung bulat seperti bola basket. Posisi perut juga lebih sering terlihat ke bawah atau maju ke depan jika Anda hamil anak laki-laki. Sedangkan bila Anda hamil anak perempuan, maka bentuk perut cenderung oval dan posisi perut ada di atas, serta terlihat lebih melebar. Orang juga mungkin akan memperhatikan ukuran panggul yang lebih berisi ketika Anda hamil anak perempuan.

2. Posisi garis linea nigra dan jenis kelamin bayi

Apakah Anda terkejut ketika melihat adanya garis melintang di perut ketika Anda hamil? Tenang saja, garis tersebut tidak berbahaya kok. Dikenal dengan nama linea nigra, adalah garis berwarna coklat gelap yang melintang secara vertikal pada perut Anda. Linea nigra juga disebut dengan garis kehamilan yang sebenarnya muncul akibat perubahan hormon estrogen dan progesteron selama kehamilan. Anda tidak perlu melakukan apa-apa dengan garis ini, karena setelah melahirkan, garis ini akan memudar dan hilang dengan sendirinya.

Keberadaan posisi linea nigra kerap dihubungkan dengan pertanda bayi laki-laki bila panjangnya melewati pusar dan naik hingga hampir ke tulang rusuk. Sedangkan bila garis kehamilan ini hanya mencapai pusar saja, maka bayi di dalam kandungan Anda berjenis kelamin perempuan. Coba Anda amati, seberapa panjang garis linea nigra yang ada di perut Anda.

3. Warna puting payudara juga bisa memprediksi jenis kelamin bayi

Firasat hamil anak laki-laki lainnya, ditandai dengan warna puting yang lebih gelap dari biasanya. Perubahan warna puting ini juga dipengaruhi oleh adanya fluktuasi hormon selama kehamilan. Bila warna puting tidak terlalu gelap, maka bayi di dalam kandungan Anda bisa saja berjenis kelamin perempuan, lho.

4. Ngidam makanan yang manis atau yang asin?

ilustrasi makan asin
Sumber gambar

Selain tanda-tanda di atas, jenis makanan yang Anda idamkan selama kehamilan juga dapat digunakan sebagai firasat hamil anak laki-laki atau anak perempuan. Sejatinya ngidam adalah hal yang umum dialami semua wanita hamil selama kehamilan, yang merupakan akibat dari perubahan hormon. Anda mungkin mengidamkan makanan yang pernah dimakan semasa kecil, atau makanan yang Anda lihat di media sosial.

Dikatakan bila Anda ngidam makanan manis, maka janin di dalam perut Anda berjenis kelamin perempuan. Sebaliknya jika Anda ngidam makanan yang asin atau gurih-gurih seperti keju, gorengan, keripik, snack ringan, maka Anda hamil anak laki-laki.

5. Perubahan suasana hati

Selain ngidam, fluktuasi hormon selama kehamilan juga mempengaruhi suasana hati. Di mana ketika Anda sangat mudah menangis, sedih, atau mudah marah maka berarti Anda hamil anak perempuan. Perubahan suasana hati sangat sering terjadi bila Anda hamil anak perempuan.

Bukan berarti saat Anda hamil anak laki-laki Anda tidak mengalami perubahan suasana hati, ya. Anda mungkin tetap mengalami perubahan suasana hati selama hamil anak laki-laki, namun dengan intensitas yang lebih rendah. Anda juga tidak mudah stres ketika melihat atau memiliki suatu masalah jika hamil anak laki-laki.

6. Warna air seni

Apakah Anda pernah mendengar dan memperhatikan air seni Anda di pagi hari? Konon bila Anda hamil anak perempuan maka warna air seni cenderung lebih gelap, dan jika hamil anak laki-laki air seni cenderung lebih cerah dan bening. Jangan lupa untuk memeriksa air seni Anda esok pagi ya, apakah cukup bening atau justru pekat dan gelap.

7. Ke arah mana cincin pernikahan Anda bergerak?

Salah satu prediksi jenis kelamin bayi yang paling unik dan telah dikenal sejak bertahun-tahun lamanya adalah menggantungkan cincin perkawinan pada seutas benang dan membiarkannya bergerak di depan perut Anda. Apabila cincin bergerak memutar dan membentuk lingkaran maka Anda hamil anak laki-laki, dan Anda hamil anak perempuan bila cincin bergerak ke kiri dan ke kanan. Apakah Anda berminat mencobanya?

Apakah firasat hamil anak laki-laki selalu akurat?

ilustrasi ibu sedang berpikir
Sumber gambar

Walaupun menurut Psychology Today beberapa orang terlahir lebih intuitif dibandingkan orang lain, namun prediksi jenis kelamin bayi berdasarkan firasat atau tanda-tanda yang diamati tidaklah akurat. Untuk mengetahui jenis kelamin bayi secara akurat, dibutuhkan pemeriksaan medis yang membutuhkan peralatan canggih atau juga pemeriksaan sampel darah maupun air ketuban di laboratorium.

Berikut adalah beberapa jenis pemeriksaan yang umum dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin bayi:

Pemeriksaan NIPT test

Noninvasive prenatal testing (NIPT) adalah pemeriksaan non invasif pada ibu hamil yang hanya membutuhkan sampel darah untuk mendeteksi berbagai kelainan genetik seperti misalnya Down Syndrome pada janin. Dalam pemeriksaan NIPT test ini pula, Anda bisa mengetahui jenis kelamin bayi yang ada di dalam kandungan.

Keuntungannya, pemeriksaan ini sangat aman bagi janin dan bisa dilakukan sejak usia kehamilan 10 minggu.

Pemeriksaan USG

USG kehamilan sebenarnya bisa dilakukan sejak dini, terutama untuk mengonfirmasi kehamilan dan mengetahui posisi embrio berimplantasi. Alat kelamin bayi sebenarnya sudah terbentuk sejak usia 6 minggu kehamilan, sayangnya hingga usia kehamilan 14 minggu, bentuk kelamin bayi laki-laki dan perempuan cukup sulit untuk dibedakan. Sehingga apabila Anda ingin mengetahui hamil anak laki-laki atau perempuan, maka Anda harus menunggu hingga usia kehamilan 18-22 minggu.

Mengetahui jenis kelamin melalui pemeriksaan USG terkadang juga tidak mudah. Ada kalanya bayi terus bergerak atau menutup alat kelaminnya sehingga dokter kandungan kesulitan untuk melihat dengan benar apakah jenis kelamin bayi laki-laki atau perempuan.

Tes Chorionic Villus Sampling (CSV) dan tes Amniocentesis

Tes CSV dan amniocentesis adalah tes yang dilakukan untuk mendeteksi adanya kelainan genetik atau kromosom yang abnormal pada janin. Tes CSV bisa dilakukan di usia kehamilan 10-13 minggu, sedangkan tes amniocentesis baru bisa dilakukan saat usia kehamilan 16-20 minggu. Kedua tes tersebut juga bisa memprediksi jenis kelamin bayi secara akurat. Anda bisa membicarakannya lebih lanjut dengan dokter apabila tertarik melakukan tes ini.

BACA JUGA: Program Hamil Perlu Tes Genetik? Ini Penjelasannya

Bagaimana, apakah Anda akan lebih percaya pada firasat hamil anak laki-laki yang Anda rasakan atau memutuskan untuk mendapatkan pemeriksaan agar bisa memastikan jenis kelamin bayi di dalam rahim Anda? Apapun keputusannya, yang tak kalah penting adalah selalu memperhatikan kesehatan kehamilan dan janin. Pemeriksaan rutin akan membantu Anda mendapatkan kehamilan yang sehat hingga persalinan.

Sumber:

  1. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/predicting-sex-of-baby
  2. https://www.webmd.com/baby/features/predicting-your-babys-sex
  3. https://www.psychologytoday.com/us/articles/201912/8-truths-about-intuition
  4. https://www.babycenter.com/pregnancy/your-body/linea-nigra_40008034
  5. https://www.babycenter.com/pregnancy/health-and-safety/when-and-how-can-i-find-out-my-babys-sex_20004784

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id