5 Doa untuk Bayi Baru Lahir dalam Islam, Mudah Diingat
Bayi

5 Doa untuk Bayi Baru Lahir dalam Islam, Mudah Diingat

Juli 18th 2022

Para orang tua menyiapkan doa untuk bayi baru lahir dalam bentuk nama atau untaian syukur yang indah. Hal ini tentunya karena anak adalah anugerah dan titipan Yang Maha Kuasa. Sama berharganya dengan kesehatan yang kita miliki.

Tak sedikit pasangan suami istri yang menjaga kelangsungan buah hati mereka sejak dari dalam janin, menjadi ayah siaga, melakukan NIPT test serta kontrol rutin dan beragam anjuran demi mempersiapkan keluarga yang sehat.

Ketika si kecil terlahir ke dunia dengan sehat dan baik, doa berupa nama dan untaian syukur inilah yang akan ayah dan bunda berikan. Sebab melahirkan sendiri merupakan proses antara hidup dan mati bagi seorang ibu. Sementara sebagai kepala keluarga, ayah akan selalu siaga dan memimpin doa bagi keluarga untuk masa depan yang baik.

Umumnya bagi keluarga Muslim, ayah akan menjalankan sunnah mengumandangkan adzan dan iqamah di telinga bayi ketika baru lahir. Kita juga bisa membacakan doa lainnya untuk melengkapi ‘bekal’ si kecil memulai kehidupan di dunia.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi doa ketika baru melahirkan anak yang sesuai dengan sunnah dalam agama Islam. Sesuai bagi pasangan suami istri muslim yang ingin menyambut buah hati dengan doa terbaik, sehingga menjadi anak yang soleh solehah, sehat, pandai dan bermanfaat bagi keluarga serta sekitarnya.

Doa untuk bayi baru lahir ke dunia

ilustrasi bayi baru lahir
Sumber gambar

Ada sebuah doa yang bisa ayah dan ibu bacakan sesaat setelah anak lahir, dengan tujuan memohon perlindungan dari keburukan. Cukup pendek sehingga mudah untuk menghafalnya.

أُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

(U’iidzuka bikalomatillahit tammati min kulli syaithoniw wahammah, wamin kulli ‘ainil lammah)

Arti dari doa ini adalah: “Aku memohon perlindungan (kepada Allah SWT) untuk kamu (anak bayi yang baru lahir) dengan menyebut kalam Allah yang sempurna dari tiap-tiap godaan setan dan binatang berbisa, serta dari setiap mata yang memandang rendah.”

Selain doa di atas, kira juga bisa membacakan doa agar si buah hati mengalami pertumbuhan yang baik dan sehat, tak hanya fisik tapi juga aspek kognitif dan emosional. Sebab tak sedikit memang permasalahan kesehatan bisa terjadi di masa perkembangannya kelak. Doanya sebagai berikut.

اللهم اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

(Allahummaj’alhu barran taqiyyan rasyîdan wa-anbit-hu fil islami nabatan hasanan)

Doa ini mengandung arti: Ya Allah, jadikanlah ia (anak bayi yang baru lahir) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkan lah dia dalam Islam dengan pertumbuhan yang baik.

Memohon berkah untuk sang anak dengan doa pendek

ilustrasi bayi dan tangan orangtuanya
Sumber gambar

Ada banyak doa yang sifatnya fleksibel. Salah satunya adalah doa memohon keberkahan bagi hidup anak kelak. Doa ini juga seringkali kita ucapkan pada peringatan hari lahir orang-orang muslim.

بَارَكَ اللهُ فِيْكُم

(Barakallahu fiik)

Artinya adalah, “Semoga Allah memberkahimu.” Ayah dan ibu bisa mengucapkan doa ini ketika bertemu sang anak yang baru lahir di dunia. Sebab doa orang tua adalah yang paling mustajab untuk kehidupan buah hatinya.

Doa untuk bayi baru lahir agar terlindung dari gangguan syetan

Berikutnya adalah pilihan doa agar si kecil dijauhkan dari gangguan syetan. Dalam Islam memang terdapat keyakinan akan hal yang ghoib, sehingga kita memiliki bekal doa-doa untuk mendapat lindungan Allah SWT. Ada dua versi doa, untuk bayi laki-laki dan perempuan.

Bila merupakan bayi laki-laki, kita ucapkan:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهُ بِكَ وَذُرِّيَّتَهُ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

(Allahumma inni uidzuhu bika waduriyataha minasyaitonirrojim)

Arti dari doa ini adalah: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu untuk bayi laki-laki ini dan untuk keturunannya dari setan yang terkutuk.”

Bila merupakan bayi dengan jenis kelamin perempuan, kita ucapkan:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

(Allahumma inni uidzuha bika wadzuriyataha minasyaitoni rojim)

Doa ini memiliki arti yang sama dengan doa untuk bayi laki-laki, hanya saja penyebutannya berbeda. Namun tujuannya tetap mohon perlindungan dari gangguan syetan.

Membacakan harapan agar menjadi anak yang soleh

ilustrasi bayi yang baru lahir
Sumber gambar

Orang tua pasti mengharapkan anaknya memiliki tumbuh kembang yang baik. Setidaknya dalam Islam, membimbing keturunan mereka menjadi soleh dan solehah. Ada doa yang sesuai untuk niat ini:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

(Rabbi habli min ladunka dzurriyyatan thayyibatan in naka samii’ud du’aa)

Artinya adalah: “Ya Tuhanku, berikanlah diriku dari sisi-Mu keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.”

Bila anak lahir dalam kondisi kurang sehat

Ada doa yang sifatnya universal, di mana bisa kita panjatkan tatkala sang buah hati atau bahkan ibunya dalam kondisi yang kurang baik pasca kelahiran/melahirkan. Hal ini tentu bukan yang kita harapkan, namun segala hal bisa saja terjadi. Tenangkan hati, tetap berusaha dan bacalah doa yang pernah Rasulullah baca di harapan orang sakit ini:

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

(As’alullahal azhima rabbal ‘arsyil ‘azhimi an yassfiyaka)

Doa ini memiliki makna, “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Itulah beberapa doa yang bisa kita simpan untuk persiapan kelahiran anak dan melahirkan. Bagi yang sedang menjalankan program hamil, atau mendambakan buah hati, serta bisa juga untuk mereka yang akan menengok bayi dan orang tuanya.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Ada beberapa hal yang bisa menyembuhkan dan sering tidak kita sadari. Mereka adalah doa, ketenangan dan kesabaran. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan dan manfaat bagi yang membacanya.

Sumber:

  1. https://www.haibunda.com/kehamilan/20210719113652-49-227150/7-doa-untuk-bayi-baru-lahir-yang-penuh-makna-dan-bisa-dibaca-orang-tua
  2. https://www.popbela.com/relationship/married/windari-subangkit/doa-untuk-bayi-baru-lahir-1

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id