Tips Diet Ibu Hamil Trimester 3
Kehamilan

Tips Diet Ibu Hamil Trimester 3

September 9th 2022

Setiap ibu hamil yang memasuki usia kehamilan di atas 26 minggu wajib memperhatikan diet ibu hamil trimester 3 yang tepat. Nutrisi yang diperoleh janin pada trimester 3 berperan sangat penting bagi perkembangan janin. Hal ini karena ada banyak perubahan yang terjadi pada janin di akhir masa kehamilan. Apa saja yang terjadi pada janin menjelang usia kehamilan di atas 26 minggu?

Pada usia kehamilan 32 minggu, tulang janin mulai terbentuk sempurna. Janin mulai membuka mata dan dapat melihat cahaya. Pada saat ini, janin sudah dapat menangkap stimulus cahaya dari lingkungan sekitarnya.

Pada usia kehamilan 36 minggu, kepala janin akan turun. Dokter akan memeriksa apakah bagian terbawah janin sudah memasuki pintu atas panggul. Apabila ia sudah memasuki pintu atas panggul, itu berarti Anda sudah harus bersiap menghadapi persalinan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Pada usia kehamilan 37 minggu, seluruh organ telah terbentuk sempurna. Organ-organ tersebut hanya menunggu hingga matang seutuhnya di usia kehamilan 40 minggu. Usia kehamilan 37-40 minggu merupakan waktu yang tepat untuk persalinan.

Nah, begitu banyak organ yang berkembang pesat dan matang dalam trimester 3 kehidupan janin dalam kandungan. Itulah mengapa diet ibu hamil trimester 3 sangat penting diperhatikan. Lalu, apa saja makanan yang harus masuk daftar diet ibu hamil trimester 3? Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi.

Vitamin sebagai unsur penting dalam diet ibu hamil trimester 3

Diet ibu hamil trimester 3 harus mengandung vitamin A, C, B, dan D. Vitamin A baik untuk kesehatan mata janin. Mengingat janin telah membuka mata dan menerima stimulus cahaya pada trimester 3 kehamilan, vitamin A menjadi sangat penting dibandingkan saat awal kehamilan. Vitamin A dapat ditemukan dalam ikan, wortel, bayam, dan makanan yang sudah terfortifikasi.

Vitamin C berguna untuk meningkatkan imunitas. Anda dapat mengonsumsi vitamin C dari buah-buahan berwarna merah oranye seperti jeruk, tomat, dan papaya. Vitamin B sangat baik bagi perkembangan saraf. Vitamin B dapat Anda peroleh dari ikan, telur, dan daging.

Sementara itu, vitamin D sangat baik bagi pembentukan tulang dan gigi. Vitamin D banyak terdapat pada ikan salmon dan kuning telur. Vitamin D juga dapat Anda peroleh dari makanan yang sudah terfortifikasi, misalnya dalam susu.

Mineral yang penting dalam diet ibu hamil trimester 3

ilustrasi mineral penting untuk ibu hamil
Sumber gambar

Beberapa jenis mineral yang penting dalam diet ibu hamil trimester 3 adalah kalsium, zat besi, kolin, dan asam folat. Kalsium berperan berdampingan dengan vitamin D dalam pembentukan tulang dan gigi. Zat besi berguna dalam mencegah anemia selama kehamilan dan mempersiapkan ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Sementara itu, kolin dan asam folat berperan penting dalam pembentukan sel saraf.

Zat-zat tersebut dapat Anda temukan dalam daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Akan tetapi, Anda akan kesulitan memenuhi beberapa kebutuhan harian mineral tersebut hanya dari makanan, jadi konsumsilah suplemen dan susu yang telah difortifikasi zat-zat tersebut. Dokter mungkin akan memberikan Anda suplemen asam folat dan kalsium secara terpisah.

Tetap konsumsi makanan berprotein tinggi

Protein selalu menjadi komponen penting dalam diet ibu hamil, baik pada awal kehamilan maupun pada diet ibu hamil trimester 3. Protein berperan penting dalam regenerasi sel, meningkatkan sistem imun, mengoptimalkan perkembangan janin, dan pembentukan sel darah. Tak hanya itu, protein juga membantu ibu hamil mengalami pemulihan lebih cepat ketika persalinan.

Protein dapat diperoleh dari hewan maupun tumbuhan (nabati). Protein hewani banyak terdapat pada ikan, telur, dan daging. Sementara itu, protein hewani dapat Anda temukan pada kacang-kacangan, seperti olahan kedelai dan almond. Setiap ibu hamil hendaknya mengonsumsi protein dari dua sumber tersebut.

Ganti makanan dengan produk rendah lemak

ilustrasi produk rendah lemak
Sumber gambar

Diet ibu hamil trimester 3 sedikit berbeda dari diet pada awal kehamilan dalam hal lemak. Pada trimester 3, berat badan janin bertambah drastis. Beberapa ibu hamil bahkan diminta menjaga berat badannya agar tidak terlalu naik. Hal tersebut dikhawatirkan akan menyulitkan ketika persalinan.

Gantilah produk makanan yang telah Anda konsumsi sebelumnya dengan versi yang rendah lemak. Cobalah susu dengan kadar lemak rendah, misalnya susu kedelai, almond, dan gandum. Mulailah mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak zaitun, kanola, dan sebagainya.

Mulailah untuk lebih memperhatikan kadar kolesterol dalam darah. Anda juga harus memperhatikan berapa kadar lemak trans yang dikonsumsi. Hal tersebut bisa dilihat jika Anda mengonsumsi makanan kemasan, dengan melihat informasi nilai produk yang kerap tercantum di bagian belakang kemasan.

Gandum utuh sebagai alternatif karbohidrat

ilustrasi gandum utuh
Sumber gambar

Tidak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi gandum. Gandum memiliki kadar kalori yang lebih rendah daripada nasi. Akan tetapi, Anda tidak perlu mengganti nasi seutuhnya. Anda bisa saja tetap mengonsumsi nasi dan roti gandum pada saat yang bersamaan.

Gandum mengandung banyak serat yang membantu memperlancar pencernaan. Hal ini tentu berguna mengingat ibu hamil trimester 3 sering mengalami konstipasi. Tak hanya itu, gandum juga dapat menurunkan kejadian diabetes dalam kehamilan.

Itulah seputar diet ibu hamil trimester 3 yang penting diperhatikan. Tak hanya nutrisi, pemeriksaan yang semakin intens juga diperlukan. Pada trimester 3, Anda sebaiknya melakukan USG setiap minggu. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan lain seperti NIPT Test jika memungkinkan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Kehamilan trimester 3 adalah masa yang penting dalam menyambut kehadiran buah hati. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menyediakan nutrisi terbaik di periode emas perkembangan buah hati.

Sumber:

  1. https://www.webmd.com/baby/foods-to-eat-during-third-trimester
  2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/third-trimester-developing-baby#doctor-visits

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id