10 Ciri-Ciri Orang Hamil Tanpa Mual
Kehamilan

10 Ciri-Ciri Orang Hamil Tanpa Mual

Oktober 26th 2022

Ciri-ciri orang hamil tanpa mual tidak jarang dialami selama kehamilan. Bahkan ciri-ciri kehamilan setiap orang bisa jadi memang berbeda-beda. Ketahui apa saja ciri-ciri kehamilan selain mual dan muntah yang akan diulas singkat dalam artikel berikut ini.

Mual atau disebut morning sickness adalah salah satu gejala kehamilan yang sangat umum dialami wanita saat sedang hamil. Mual dan muntah selama awal kehamilan dipicu oleh peningkatan produksi hormon hCG atau disebut juga hormon kehamilan. Hormon hCG ini hanya muncul selama hamil, oleh karena itu saat tidak hamil maka alat tes kehamilan akan menunjukkan hasil negatif bila tidak mendeteksi adanya hCG di dalam urin. Sebaliknya, adanya hCG yang terdeteksi melalui alat tes kehamilan menunjukkan bahwa Anda hamil, walaupun mungkin Anda tidak menyadarinya.

Namun tahukah Anda, bahwa tidak semua wanita mengalami mual dan muntah selama kehamilan? Ya, sebagian wanita mungkin tidak mengalami morning sickness atau mual dan muntah yang sangat jarang. Penelitian menemukan bahwa kebanyakan wanita hamil yang mengalami mual dan muntah selama kehamilan memiliki risiko yang kecil keguguran. Tetapi sebaiknya jangan khawatir, karena tidak mengalami mual dan muntah juga bukan berarti meningkatkan risiko keguguran.

Keguguran dapat terjadi karena kondisi kesehatan ataupun adanya kelainan genetik pada janin, seperti adanya kromosom ekstra atau kromosom yang hilang. Keguguran akibat kelainan genetik bisa terjadi di trimester pertama atau kedua, atau dapat menyebabkan anak dengan kesulitan belajar atau cacat intelektual sejak lahir. Kelainan genetik ini dapat dideteksi lebih dini dengan melakukan pemeriksaan tes NIPT yang bisa diperoleh sejak usia kehamilan 10 minggu. Dengan tes ini, Anda tidak perlu menunggu sampai usia janin lebih besar.

Selain itu, keguguran juga mungkin disebabkan oleh berat badan ibu yang kurang atau kelebihan berat badan. Memilih pola makan dan diet selama kehamilan penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim. Apabila Anda kesulitan menentukan nutrisi mana yang terbaik untuk tubuh, Anda juga bisa mendapatkan tes nutrigenomik. Tes ini tidak hanya membantu Anda mengelola berat badan, namun juga sekaligus membantu memaksimalkan pemilihan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dengan demikian, kekurangan maupun kelebihan berat badan akan bisa diatasi.

Ciri-ciri Orang Hamil Tanpa Mual

ilustrasi hamil tanpa mual
Sumber gambar

Selain mual dan muntah, sebenarnya ada banyak ciri-ciri kehamilan lainnya. Ciri-ciri kehamilan saat hamil muda terkadang agak membingungkan karena mirip dengan periode menstruasi. Anda mungkin baru meyakini bahwa Anda hamil ada gejala kehamilan lain atau hasil tes kehamilan menunjukkan Anda positif hamil.

Adapun ciri-ciri orang hamil tanpa mual yang paling sering dialami adalah sebagai berikut:

Kram perut ringan dan flek

Kram perut ringan dan adanya flek muncul sebagai gejala kehamilan di usia 1 minggu hingga 4 minggu kehamilan. Pada saat ini kehamilan masih berada di tingkat seluler, di mana telur yang dibuahi membentuk blastokista (kelompok sel berisi cairan) yang kemudian berkembang menjadi organ dan bagian tubuh janin. Kemudian sekitar 10-14 hari setelah pembuahan, blastokista ini akan berimplantasi (menanamkan diri) di dinding rahim di mana terdapat lapisan yang disebut endometrium. Lapisan ini akan menebal selama kehamilan dan berperan sebagai tanah untuk blastokista menanamkan diri.

Proses menanamkan diri ini dapat menyebabkan pendarahan implantasi yang sering salah diartikan sebagai tanda menstruasi, karena memang mirip seperti flek saat menstruasi datang. Selain flek, Anda juga mungkin akan merasakan kram ringan di perut yang menyertai keluarnya flek.

Flek yang disebabkan oleh implantasi berbeda dengan flek pertanda menstruasi. Flek implantasi mungkin berwarna coklat dan lebih samar, rasa sakitnya juga sangat ringan dan tidak sampai mengganggu aktivitas. Flek dan kram ringan ini mungkin berlangsung kurang dari 3 hari dan tidak membutuhkan perawatan apapun.

Haid tidak datang

Ciri-ciri orang hamil tanpa mual selanjutnya adalah haid yang tidak datang. Ketidakhadiran haid ini disebabkan oleh tubuh yang mulai memproduksi hormon hCG yang tidak hanya menyiapkan media untuk menempelnya blastokista, namun juga memerintahkan ovarium untuk berhenti melepaskan sel telur sepanjang kehamilan. Uniknya, hormon hCG ini hanya diproduksi ketika Anda sedang hamil, yang kemudian dapat dideteksi dengan alat tes pack atau tes kehamilan paling cepat 8 hari setelah haid tidak datang.

Meningkatnya suhu basal tubuh

Suhu basal seringkali dimanfaatkan untuk mengetahui kesuburan wanita. Selain itu, suhu basal juga bisa menandakan adanya kehamilan. Perubahan suhu basal ini mungkin akan sulit dikenali apabila Anda tidak rutin melakukan pengecekan suhu tubuh setiap hari. Cuaca yang panas dan aktivitas juga sering mengaburkan peningkatan suhu basal sehingga membuat Anda tidak menyadari bahwa peningkatan suhu tubuh ini berkaitan dengan gejala kehamilan.

Mudah merasa lelah

ilustrasi lelah
Sumber gambar

Ciri-ciri orang hamil tanpa mual yang disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron adalah mudah merasa lelah dan mengantuk. Di awal minggu kehamilan, Anda akan mudah merasa mengantuk bahkan di jam-jam kerja. Sehingga Anda perlu menyadari bahwa saat ini yang Anda butuhkan adalah tidur dan mengistirahatkan tubuh.

Meningkatnya denyut jantung selama awal kehamilan

Sekitar minggu ke delapan dan ke sepuluh, jantung Anda akan mulai memompa lebih cepat dan keras. Aliran darah ini meningkat sekitar 30-50% akibat adanya peningkatan hormon. Baik palpitasi maupun aritmia yang disebabkan oleh kehamilan tidak perlu dikhawatirkan selama Anda tidak merasakan gejala lain seperti nyeri di dada ataupun sesak napas. Anda boleh memeriksakan diri ke dokter apabila memang Anda merasa khawatir akan perubahan denyut jantung ini.

Perubahan pada payudara

Anda mungkin tidak menyadari, namun sekitar minggu ke-4 dan ke-6, payudara Anda akan berkembang menjadi lebih lembek dan juga membesar. Perubahan pada payudara ini juga dipengaruhi oleh peningkatan hormon. Selama beberapa minggu hal ini akan terus terjadi, hingga Anda merasakan bra yang semakin sesak dan tidak nyaman. Anda mungkin perlu mengganti ukuran bra saat hamil menjadi 1-2 size cup lebih besar agar payudara tetap nyaman.

Selain ukuran, puting payudara juga mulai lebih gelap dan lebih besar. Yang artinya payudara sedang mempersiapkan diri untuk menyusui bayi dengan ASI ketika sudah dilahirkan.

Perubahan suasana hati

Karena kadar hormon estrogen dan progesteron meningkat selama kehamilan, Anda juga mungkin mengalami perubahan suasana hati yang lebih cepat daripada biasanya. Perubahan suasana hati ini bisa membuat Anda lebih mudah tersinggung, mengalami kecemasan, terlalu bersemangat, atau bahkan depresi.

Perubahan suasana hati yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan dan kehamilan. Oleh sebab itu, apabila Anda merasa ada yang tidak normal maka tidak ada salahnya jika Anda memeriksakan diri ke dokter atau membicarakan dengan orang terdekat tentang perasaan yang Anda alami.

Seringkali buang air kecil atau tidak bisa menahan buang air kecil

Selama kehamilan, tubuh akan memompa darah lebih banyak yang mendorong ginjal untuk menyaring lebih banyak darah. Selama penyaringan ini, banyak limbah yang dibuang dan disimpan di kandung kemih, akibatnya Anda merasa tidak pernah bisa mengosongkan kandung kemih dan seringkali buang air kecil. Ada kalanya, keinginan buang air kecil tidak tertahankan sehingga Anda mungkin mengalami inkontinensia.

Kembung dan sembelit

ilustrasi sakit perut
Sumber gambar

Hampir mirip seperti tanda-tanda menstruasi, Anda mungkin mengalami kembung dan sembelit di awal kehamilan. Kembung dan sembelit bukan karena Anda salah makan, melainkan perubahan hormonlah yang bertanggung jawab penuh atas kondisi ini. Perubahan hormon menyebabkan sistem pencernaan yang berjalan lambat sehingga Anda mungkin mengalami kesulitan saat buang air besar.

Penciuman yang sensitif dan mengidam

Indera penciuman Anda menjadi lebih sensitif ketika sedang hamil, sehingga Anda mungkin bisa mencium aroma makanan atau wewangian yang lembut sekalipun. Kondisi ini mungkin sedikit tidak menyenangkan bagi Anda karena dapat memicu rasa pusing atau mual dan muntah. Inilah sebabnya Anda mungkin tidak menyukai makanan-makanan yang berbau tajam, yang sebelum kehamilan Anda sukai.

Sebaliknya, Anda juga mungkin mengalami ngidam dan menginginkan makanan atau minuman tertentu. Makanan atau minuman yang diidamkan biasanya terkait dengan memori di masa kecil, namun ini bukan mitos lho. Makanan atau minuman yang diidamkan adalah hasil dari pemanggilan memori kembali atas makanan atau minuman yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya ketika Anda mengidam buah-buahan yang rasanya manis, artinya tubuh sedang membutuhkan vitamin C.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Ciri-ciri orang hamil tanpa mual bisa sangat beragam, Anda mungkin hanya mengalami beberapa di antaranya atau bahkan mengalami semua gejala. Tidak perlu khawatir, yang penting tetap ingat untuk menjaga kesehatan kehamilan dengan makan makanan bergizi, mengelola berat badan dan juga penyakit penyerta yang ada, serta melakukan pemeriksaan sesuai yang telah dijadwalkan oleh dokter.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/no-morning-sickness#takeaway
  2. https://www.verywellfamily.com/does-no-morning-sickness-mean-miscarriage-2371250
  3. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-answers/nausea-during-pregnancy/faq-20057917
  4. https://www.gbmc.org/miscarriage
  5. https://www.healthline.com/health/pregnancy/early-symptoms-timeline#smell-sensitivity

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id