5 Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah, Apa Saja?
Kehamilan

5 Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah, Apa Saja?

Oktober 11th 2022

Tahukah Anda bahwa kehamilan dapat diketahui dari ciri-ciri orang hamil dari raut wajah? Ya, ternyata raut wajah orang yang tengah mengandung berbeda dari kebanyakan orang. Itulah mengapa masyarakat pada zaman dahulu dapat menebak apakah seseorang hamil atau tidak hanya dengan melihat wajahnya. Ternyata, hal tersebut bukan mitos atau ramalan tanpa dasar.

Penelitian telah membuktikan bahwa karakteristik wajah orang hamil memang berbeda. Apa saja ciri-ciri orang hamil dari raut wajah? Bagaimana perubahan pada wajah tersebut dapat terjadi? Serta apa yang harus para ibu hamil lakukan? Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah

ilustrasi raut wajah saat hamil
Sumber gambar

Kehamilan tak hanya dapat didiagnosis menggunakan test pack atau USG, namun juga dari ciri-ciri orang hamil dari raut wajah. Jangan membayangkan wajah akan tampak lebih menarik ketika hamil, melainkan sebaliknya. Apabila terbiasa memiliki kulit yang mulus, cerah, serta tulang wajah yang tajam, Anda Mungkin terkejut melihat perubahan yang terjadi ketika hamil.

Pada beberapa kasus, seorang ibu hamil bahkan dapat tampak sangat berbeda daripada sebelum ia hamil. Tak heran ada beberapa orang yang tak mengenali mereka karena perubahan tersebut. Berikut adalah ciri-ciri orang hamil dari raut wajah.

Wajah berjerawat

Wajah yang biasanya mulus dan bebas jerawat, dapat seketika penuh oleh jerawat. Hal ini tentu sangat mengganggu, terutama bagi Anda yang sangat memperhatikan penampilan. Jerawat biasanya timbul sejak awal hingga akhir kehamilan, namun akan kembali reda setelah melahirkan.

Jerawat yang muncul ketika hamil dipicu oleh fluktuasi hormon estrogen dan progesteron. Fluktuasi tersebut membuat kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak. Produksi minyak berlebih tentu akan memicu timbulnya jerawat, terutama di area T (dahi dan hidung) pada wajah.

Hidung membesar

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah lainnya adalah hidung yang membesar. Membesar di sini bukan dalam arti bertambah mancung, melainkan bertambah lebar. Perubahan ini juga banyak tidak disukai oleh ibu hamil.

Hidung yang membesar selama kehamilan merupakan akibat dari meningkatnya peredaran darah di area hidung. Selama hamil, aktivitas pembuluh darah dalam menyalurkan oksigen dan nutrisi bertambah pesat di berbagai organ. Pada membrane mukosa, peningkatan sirkulasi tersebut membuat hidung membengkak.

Wajah bengkak

Hampir sama dengan hidung yang membesar, membengkaknya wajah juga disebabkan oleh peningkatan sirkulasi darah pada area wajah. Akan tetapi tidak hanya itu, pembengkakan wajah juga karena retensi cairan. Pada saat hamil, retensi cairan sering terjadi di area wajah, pergelangan kaki, dan tangan.

Sebagian orang tidak menyukai pembengkakan ini. Akan tetapi, sebagian lainnya justru menyukai hal ini karena membuat wajah tampak awet muda. Bagaimana dengan Anda?

Alis dan bulu mata rontok

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah selanjutnya adalah alis dan bulu mata yang rontok. Kerontokan tersebut disebabkan oleh fluktuasi dari hormon estrogen. Hal ini kemudian memicu terjadinya kekurangan nutrisi dan kondisi hipotiroid sehingga rambut di alis dan bulu mata menjadi tipis.

Akan tetapi, tidak semua rambut pada tubuh akan rontok dan menipis. Rambut pada area kulit kepala justru mengalami hal sebaliknya. Ia akan tumbuh subur, tebal, dan berkilau.

Warna kulit menghitam

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang paling mengganggu mungkin adalah menghitamnya warna kulit. Perubahan pigmen warna kulit menjadi gelap tersebut dikenal sebagai melasma. Apabila Anda telah memiliki melasma sebelum hamil, maka pada saat hamil hal itu akan bertambah parah. Melasma dapat berupa bercak kecil maupun lebar di seluruh area wajah.

Melasma terjadi akibat fluktuasi hormon estrogen. Pada saat hamil, fluktuasi tersebut merangsang produksi hormon tyronase. Hormon tersebutlah yang memproduksi pigmen warna sehingga timbul bercak-bercak gelap di wajah.

Cara mengatasi perubahan wajah pada saat hamil

ilustrasi perubahan wajah saat hamil
Sumber gambar

Sebagian besar ciri-ciri orang hamil dari raut wajah memang tidak menyenangkan bagi ibu hamil yang mengalami. Hal ini membuat banyak ibu hamil melakukan berbagai cara untuk mengembalikan karakteristik wajah mereka seperti semula. Akan tetapi, Anda tak dapat menggunakan sembarang produk perawatan wajah karena dapat berdampak buruk bagi janin dalam kandungan. Berikut adalah cara aman untuk mengatasi perubahan wajah saat hamil.

Cukupi kebutuhan nutrisi

Percayalah bahwa kecantikan utamanya berasal dari dalam. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, kulit akan tampak glowing dan segar. Konsumsi lebih banyak vitamin dan mineral daripada lemak. Anda dapat melakukan tes nutrigenomik untuk mengetahui kebutuhan nutrisi yang tepat bagi tubuh.

Kelola stress

Stres dapat memperparah fluktuasi hormon dalam tubuh. Kelola stres dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti olahraga ringan, tidur cukup, dan relaksasi. Anda juga dapat melakukan aktivitas menyenangkan, seperti berkebun, menulis buku harian, bermain musik, membaca buku, dan sebagainya.

Gunakan produk perawatan wajah yang aman

Tahukah Anda ternyata ibu hamil juga boleh menggunakan produk perawatan wajah? Tapi tunggu dulu, tidak semua produk aman untuk digunakan ibu hamil. Beberapa bahan aktif yang dapat berdampak buruk bagi janin adalah retinoid, asam salisilat, hidrokuinon, phthalates, dan chemical sunscreen.

Sebenarnya, masih ada banyak bahan aktif yang belum terbukti keamanannya bagi ibu hamil. Bahkan produk herbal pun tidak menjamin keamanan tersebut. Berkonsultasilah pada dokter kandungan dan dokter kulit sebelum memulai perawatan wajah ketika hamil.

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah kadang dapat dijumpai sejak awal trimester, namun ada pula yang baru tampak pada trimester kedua. Apabila mencurigai diri hamil sejak awal, segeralah melakukan pemeriksaan USG. Anda juga dapat melakukan tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin sejak usia kehamilan 10 minggu.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah sekilas mengenai ciri-ciri orang hamil dari raut wajah. Lakukan langkah yang tepat untuk meminimalisasi perubahan yang tak diinginkan. Bersabarlah karena perubahan tersebut hanya sementara. Daripada mencemaskan hal tersebut, fokuslah pada perawatan prenatal agar kehamilan Anda tetap sehat dan tubuh senantiasa bugar.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-safe-skin-care#safe-alternatives
  2. https://draesthetica.co.uk/skincare/face-has-changed-from-pregnancy/

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id