Ciri-ciri Ibu Hamil 3 Bulan, Mudah Lelah Hingga Sering Mual
Kehamilan

Ciri-ciri Ibu Hamil 3 Bulan, Mudah Lelah Hingga Sering Mual

Juni 6th 2022

Ciri-ciri ibu hamil 3 bulan sebenarnya tidak jauh berbeda dibanding saat hamil 2 bulan. Terutama bila ini adalah kehamilan pertama, maka perut buncit belum terlihat.

Ketika mengikuti program hamil Anda mungkin menyadari bahwa salah satu anggota keluarga jauh melahirkan anak dengan kelainan genetik. Di trimester pertama ini, Anda juga bisa mengetahui apakah ada kelainan genetik pada janin dengan melakukan NIPT test. Tes ini akan membantu Anda mendeteksi apakah janin yang ada di dalam kandungan juga berpotensi memiliki kelainan genetik. Saat hasil tes menunjukkan hasil negatif, Anda bisa fokus kembali pada perkembangan usia kehamilan.

Memasuki usia kehamilan 3 bulan rasanya seperti berhasil lolos dari tantangan pertama. Masa-masa rentan dalam kehamilan, seperti keguguran telah berhasil terlewati dan Anda jadi lebih percaya diri tentang kehamilan Anda. Di usia kehamilan ini pula Anda sudah bisa mulai memberitahu keluarga atau sahabat tentang berita membahagiakan ini. Namun di saat yang sama, Anda juga harus bersiap karena masih memiliki banyak tantangan. Di trimester kedua akan ada banyak perubahan yang Anda alami, terutama perut yang semakin terlihat buncit dan ketidakleluasaan untuk bergerak seperti biasanya.

Ciri-ciri ibu hamil 3 bulan, apa saja ya?

ilustrasi wanita hamil 3 bulan
Sumber gambar

Sebenarnya sebagian besar ciri-ciri kehamilan yang dialami di usia kehamilan 3 bulan tidak jauh berbeda dengan yang Anda alami di usia kehamilan 2 bulan. Namun beberapa di antaranya terasa membaik, misalnya saja morning sickness yang menjadi lebih jarang dialami.

Kabar baik ini disebabkan karena hormon hCG, estrogen dan progesteron yang mengalir di dalam tubuh mulai menurun, ini berarti mual dan muntah yang biasa Anda alami juga ikut berkurang. Morning sickness mungkin tidak hilang sepenuhnya, beberapa orang bahkan mengalami mual dengan atau tanpa muntah hingga trimester ketiga.

Apabila ini adalah kehamilan pertama, maka Anda tidak akan terlalu terlihat buncit. Hal ini disebabkan otot inti tubuh masih kuat sehingga kehamilan baru terlihat pada usia 4 atau 5 bulan. Intinya, Anda tidak perlu khawatir soal perut buncit dan tak perlu membanding-bandingkan dengan orang lain yang usia kehamilannya sama. Yang perlu diingat, ciri-ciri ibu hamil 3 bulan yang satu bisa berbeda dengan yang lain karena kehamilan itu unik.

Berikut adalah beberapa gejala yang menyertai usia kehamilan 3 bulan:

  • Mual dan muntah yang berkurang
  • Sembelit, adanya gas dan heartburn
  • Perubahan pada payudara, misalnya seperti ukuran payudara yang semakin besar, rasa gatal di payudara serta puting yang warnanya semakin menggelap
  • Kelelahan
  • Pusing dan sakit kepala
  • Peningkatan nafsu makan
  • Perubahan suasana hati
  • Peningkatan keputihan
  • Peningkatan keinginan untuk makan makanan tertentu (ngidam)

Walaupun dikatakan bahwa risiko keguguran menurun di usia kehamilan ini, bukan berarti Anda tidak perlu waspada lagi. Ketika Anda menemukan ada bercak keputihan berwarna merah muda atau coklat tua, maka bisa jadi ini adalah tanda bahaya yang patut diwaspadai. Untuk memastikan bahwa kehamilan Anda baik-baik saja, periksakan diri ke dokter dan ceritakan semua hal yang Anda alami terkait kehamilan Anda.

Perkembangan bayi di usia kehamilan 3 bulan

ilustrasi perkembangan bayi di usia 3 bulan
Sumber gambar

Setelah membaca ciri-ciri ibu hamil 3 bulan, Anda tentunya penasaran dengan apa yang terjadi pada janin di usia ini.

Anda mungkin tidak bisa melihatnya secara langsung, namun di usia janin 12 minggu, janin memiliki panjang sekitar 6-6,5 cm. Akhirnya ia terlihat seperti manusia kecil dengan semua fitur fisik dan bagian tubuh yang sudah ada di tempatnya.

Pada minggu ini pula, janin sudah bisa membuka dan mengepalkan tangannya. Jemarinya pun sudah bisa digerakkan. Pada setiap jarinya akan tumbuh kuku yang pada saat setelah lahir akan Anda sadari bahwa kukunya terlihat panjang. Karena perut dan kerongkongan sudah terbentuk di usia kehamilan 7 minggu, maka usus bayi akan tumbuh dengan cepat, menonjol ke tali pusar dan masuk ke dalam perut.

Berikut adalah perkembangan lain yang terjadi pada bayi di usia kehamilan 12 minggu:

ilustrasi perkembangan janin di 12 minggu
Sumber gambar
  • Kulit bayi halus dan tembus pandang
  • Tulang, termasuk kerangka, tengkorak dan tulang panjang mulai mengeras
  • Kuku jari sedang terbentuk
  • Pita suara sedang terbentuk
  • Hati bayi mulai membuat sel darah merah
  • Kelenjar pituitari mulai mengeluarkan hormon
  • Plasenta berfungsi penuh dan mengambil alih produksi hormon untuk mempertahankan kehamilan
  • Sistem pencernaan, otot dan kerangka sedang berkembang
  • Ginjal mulai berfungsi
  • Refleks mulai berkembang
  • Sumsum tulang memproduksi sel darah putih
  • Alat kelaminnya sedang berkembang, yang artinya Anda bisa segera mengetahui jenis kelamin biologisnya

Di usia ini pula, janin mulai menghisap ibu jarinya dan terkadang mengalami cegukan

Yang perlu dilakukan pada usia kehamilan 3 bulan

ilustrasi lemari pakaian
Sumber gambar

Merasa nyaman dan percaya diri dengan kehamilan sangat diperlukan di perkembangan usia kehamilan saat ini. Anda juga disarankan untuk meningkatkan kenyamanan dengan menggunakan celana atau pakaian yang cukup melar untuk perut Anda yang ukurannya semakin membesar. Jika Anda memutuskan untuk membeli pakaian ibu hamil, maka pertimbangkan pula pakaian yang memiliki kancing atau bagian yang dirancang secara khusus untuk menyusui bayi.

Simpan semua celana jeans dan pakaian yang terlalu ketat karena sementara ini Anda tidak akan membutuhkannya. Sisakan saja pakaian yang nyaman dan menyerap keringat karena Anda akan membutuhkannya dalam waktu yang sedikit lebih lama.

Karena rasa mual yang Anda rasakan semakin memudar, ini adalah saat yang tepat untuk memilih aneka camilan sehat dan bergizi yang dapat mendukung kesehatan kehamilan Anda. Misalnya saja buah-buahan segar, kacang-kacangan, yogurt atau biji-bijian.

BACA JUGA: Mengenal NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Anda juga mungkin sudah bisa mulai memikirkan dan menyiapkan nama untuk bayi, baik nama untuk bayi perempuan maupun bayi laki-laki. Ini akan menjadi sesuatu yang seru dilakukan bersama dengan pasangan, bukan?

Sumber:

  1. https://www.babycenter.com/pregnancy/week-by-week/12-weeks-pregnant
  2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/3-months-pregnant#checklist
  3. https://www.verywellfamily.com/12-weeks-pregnant-4158934

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id