15 Ciri-ciri Hamil Muda yang Perlu Diketahui Para Pasutri Baru
Kesehatan

15 Ciri-ciri Hamil Muda yang Perlu Diketahui Para Pasutri Baru

Mei 20th 2022

Ciri-ciri hamil muda bisa diketahui bahkan seminggu setelah Anda terlambat haid. Tanda-tanda kehamilan ini kemudian akan semakin berkembang hingga usia kehamilan 40 minggu.

Lazimnya kehamilan ditandai dengan adanya mual dan muntah, seringkali buang air kecil, dan terlambat haid yang baru diketahui setelah 2-3 minggu usia kehamilan. Namun sebenarnya ciri-ciri hamil muda ini sudah bisa diketahui di usia kehamilan 1 minggu, lho!

Memang tidak semua orang bisa merasakan ciri-ciri hamil muda, terutama bila ini adalah kehamilan pertama Anda. Jika Anda merasakan beberapa gejala awal kehamilan berikut ini, kemungkinan besar Anda sedang hamil.

Kram dan adanya bercak sebagai ciri-ciri hamil muda

Kram perut dan adanya bercak darah tidak selalu muncul hanya di awal periode menstruasi saja. Ciri-ciri hamil muda ini biasanya dialami ibu hamil di usia kehamilan 1-4 minggu. Di waktu ini, telur yang dibuahi akan menciptakan blastokista (kelompok sel berisi cairan) yang kemudian akan berkembang menjadi organ dan bagian tubuh janin. Sekitar 10-14 hari setelah pembuahan blastokista berimplantasi di endometrium, maka Anda akan mengalami pendarahan implantasi yang muncul seperti bercak darah ringan.

Bercak darah ringan pada ciri-ciri hamil muda berbeda dengan saat menstruasi. Umumnya bercak darah saat hamil muda berwarna merah muda, merah hingga kecoklatan yang volumenya sangat sedikit sehingga Anda tidak sampai membutuhkan pembalut. Pendarahan ringan ini akan berhenti dalam beberapa jam atau bertahan setidaknya hingga 3 hari kemudian menghilang.

Terlambat haid

Setelah implantasi selesai, tubuh akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin atau disebut juga hCG, hormon yang akan membantu menjaga kehamilan. Hormon hCG ini sekaligus yang akan memberitahu ovarium untuk berhenti melepaskan telur matang setiap bulan.

Hormon hCG dapat dideteksi setelah 8 hari Anda terlambat haid. Anda dapat menggunakan test pack untuk mendeteksi kadar hCG dalam urin untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak. Pun demikian, hasil tes terkadang masih menunjukkan garis samar saat Anda melakukan tes lebih dini, sehingga Anda disarankan untuk mengulangi tes 7 hari kemudian.

Peningkatan suhu tubuh sebagai ciri-ciri hamil muda

ilustrasi peningkatan suhu tubuh
Sumber gambar

Metode pemeriksaan suhu tubuh basal adalah jenis KB alami yang digunakan untuk menghindari maupun menginginkan kehamilan. Ovulasi dapat menyebabkan sedikit peningkatan suhu tubuh basal. Anda berada dalam masa paling subur selama 2-3 hari sebelum suhu tubuh Anda naik. Dengan mengetahui suhu tubuh basal setiap hari, Anda dapat memprediksi kapan berovulasi, sehingga secara otomatis menentukan kapan kemungkinan besar Anda hamil.

Selain menunjukkan ovulasi, suhu tubuh basal yang lebih tinggi juga merupakan tanda kehamilan. Selama waktu ini, pastikan untuk banyak beristirahat, minum lebih banyak air dan berolahraga serta beraktivitas fisik dengan berhati-hati.

Kelelahan di awal hamil muda

Seringkali merasa tiba-tiba kelelahan? Sebenarnya tidak ada yang tahu pasti apa yang menyebabkan kelelahan di awal kehamilan, namun ada kemungkinan peningkatan kadar progesteronlah yang bertanggung jawab atas hal ini. Belum lagi ditambah mual-mual dan terus menerus buang air kecil terutama di malam hari dapat menambah rasa lelah Anda.

Agar Anda tidak terlalu merasa lelah, cobalah untuk tidur kapanpun Anda memiliki waktu beristirahat. Atur suhu kamar agar tetap sejuk sehingga Anda dapat beristirahat lebih tenang dan nyaman.

Peningkatan denyut jantung selama awal kehamilan

Pada minggu ke-8 sampai 10, jantung Anda mungkin memompa lebih cepat dan keras. Tak heran apabila palpitasi dan aritmia sering terjadi pada kehamilan. Hal ini sebenarnya normal dialami ibu hamil karena adanya perubahan hormon, namun apabila Anda merasa tidak nyaman dan menemukan gejala lain yang menyertai perubahan peningkatan denyut jantung, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter dan mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Perubahan payudara sebagai ciri-ciri hamil muda

Salah satu ciri-ciri hamil muda lainnya yang bisa Anda amati adalah adanya perubahan pada payudara seperti rasa nyeri, perubahan ukuran yang lebih besar serta kesemutan.

Payudara Anda mungkin akan terasa nyeri, melunak dan membengkak karena adanya perubahan hormon di minggu ke-4 dan ke-6. Namun kemudian akan hilang setelah beberapa minggu saat tubuh sudah menyesuaikan diri dengan hormon yang ada.

Di minggu ke-11, perubahan puting dan payudara juga bisa terjadi. Hormon akan menyebabkan payudara tumbuh lebih besar, serta adanya perubahan warna areola yang menjadi lebih gelap dan lebih besar. Anda mungkin perlu mengganti bra dengan jenis bra maternity yang dapat memberikan kenyamanan pada payudara. Hindari penggunaan bra berkawat agar tidak semakin meningkatkan rasa nyerinya, dan yang tak kalah penting pastikan ukuran bra sesuai dengan ukuran payudara Anda agar tidak terjadi gesekan yang menyebabkan lecet pada puting atau payudara.

Perubahan suasana hati saat hamil muda

ilustrasi perubahan suasana hati
Sumber gambar

Tingginya estrogen dan progesteron selama kehamilan mempengaruhi suasana hati Anda saat sedang hamil. Hal ini dapat terjadi karena perubahan hormonal mempengaruhi neurotransmitter (pembawa pesan kimiawi di otak). Anda mungkin akan lebih emosional, reaktif, mudah tertekan dan cemas dibandingkan biasanya.

Apabila perubahan emosi ini sampai membuat Anda terlalu sedih, putus asa, mengganggu aktivitas sehari-hari atau sampai memunculkan pikiran ingin bunuh diri, ada baiknya untuk menghubungi dokter Anda atau mencari dokter ahli kesehatan mental.

Meningkatnya keinginan buang air kecil

Seiring dengan adanya perubahan hormonal saat hamil, laju aliran darah melalui ginjal ikut mengalami peningkatan. Akibatnya kandung kemih terisi lebih cepat sehingga Anda merasa perlu buang air kecil lebih sering. Rasa ingin buang air kecil ini akan semakin meningkat seiring bertambah besarnya perut Anda.

Kembung dan sembelit

Mirip dengan periode menstruasi, kembung dan sembelit juga bisa dialami ibu hamil selama awal kehamilan. Perubahan hormon memungkinkan sistem pencernaan melambat sehingga Anda merasa perut kembung dan kesulitan buang air besar.

Ciri-ciri hamil muda yang paling sering ditemui adalah morning sickness

ilustrasi morning sickness
Sumber gambar

Mual, muntah pada usia hamil muda dikenal dengan istilah morning sickness. Gejalanya tidak selalu sama pada setiap orang, ada yang jarang mengalami mual dan muntah, ada yang mengalami serangan morning sickness hebat. Gejala ini biasanya muncul di minggu ke-4 dan ke-6 yang akan mencapai puncaknya di minggu ke-9.

Walaupun disebut morning sickness, mual dan muntah ini tak hanya terjadi di pagi hari. Anda juga mungkin mengalaminya di siang atau malam hari. Cukupi kebutuhan cairan tubuh apabila mual dan muntah yang Anda alami cukup intens.

Pusing dan perubahan tekanan darah

Umumnya tekanan darah bisa turun atau naik pada awal kehamilan. Akibatnya Anda akan merasakan pusing karena pembuluh darah Anda melebar. Hipertensi gestasional juga bisa terjadi di usia 20 minggu pertama, yang sebenarnya telah berkembang selama awal kehamilan. Inilah mengapa sangat penting untuk mendapatkan pemeriksaan rutin sesuai jadwal yang ditentukan dokter. Selain mengetahui perkembangan janin di dalam rahim, dokter juga perlu memantau perubahan tekanan darah Anda.

Indera penciuman lebih sensitif

Saat hamil, indera penciuman Anda mungkin lebih sensitif daripada sebelumnya. Anda bisa saja merasa mual saat mencium aroma makanan kesukaan, parfum, sabun, atau asap rokok. Kabar baiknya, indera penciuman Anda akan kembali normal 6-12 minggu setelah melahirkan. Anda tidak akan merasa mual lagi saat mencium aroma makanan kesukaan Anda.

Bertambahnya berat badan

ilustrasi penambahan berat badan
Sumber gambar

Keinginan untuk makan di awal masa kehamilan dapat menyebabkan peningkatan berat badan di trimester pertama. Pada perkembangannya, berat badan Anda mungkin akan mengalami lebih banyak peningkatan akibat pembengkakan payudara, cairan ketuban, peningkatan volume darah dan cairan, adanya plasenta dan juga lemak.

Penyakit maag (heartburn)

Bukan karena terlambat makan, namun penyakit maag atau heartburn dapat terjadi ketika cincin esofagus menjadi lebih rileks akibat adanya perubahan hormon. Akibatnya asam lambung dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan sensasi seperti terbakar. Untuk mengurangi gejalanya, Anda disarankan makan dalam porsi lebih kecil atau meminta antacid dari dokter.

Jerawat dan pregnancy glow saat hamil

Bila kulit Anda terlihat jauh lebih bersinar ketika sedang hamil, ini bukan karena Anda sedang mengandung anak perempuan atau laki-laki. Ini tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin janin Anda. Kulit yang terlihat lebih bersinar atau dikenal dengan istilah pregnancy glow adalah kombinasi dari peningkatan aliran darah dan juga tingginya hormon di dalam tubuh, yang menyebabkan kelenjar minyak di bawah kulit bekerja berlebihan. Di sisi lain, produksi minyak berlebihan juga dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat di area wajah yang tidak akan membaik apabila Anda memencetnya.

Anda juga sebaiknya tidak mengoleskan sembarang krim jerawat saat sedang hamil, karena beberapa zat mungkin akan berbahaya bagi janin. Cobalah untuk mengompresnya dengan mentimun dingin agar jerawat lebih cepat kempes di keesokan hari.

BACA JUGA: Mengenal NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Sebagian besar gejala kehamilan akan mulai mereda ketika masuk trimester kedua, sebagian lainnya mungkin juga bertambah parah. Misalnya saja kelelahan yang diakibatkan semakin besarnya perut Anda, atau rasa mual yang kian mengganggu. Anda dapat membicarakan keluhan gejala yang menyebabkan Anda tidak nyaman dengan dokter Anda sehingga dokter dapat membantu meresepkan obat, suplemen atau merekomendasikan terapi untuk meringankan gejala tersebut. Untuk lebih meyakinkan lagi terkait kehamilan dan kondisi janin, tak ada salahnya Anda melakukan NIPT test. Ini akan memberikan Anda gambaran yang lebih luas.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/early-symptoms-timeline#next-steps
  2. https://www.babycenter.com/getting-pregnant/how-to-get-pregnant/pregnancy-symptoms_1146468#articlesection1
  3. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/basal-body-temperature/about/pac-20393026

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id