5 Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan, Apa Saja?
Kehamilan

5 Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan, Apa Saja?

November 2nd 2022

Banyak orang yang ingin mengetahui ciri-ciri hamil anak perempuan atau laki-laki. Hal itu disebabkan kadang ada pasangan yang menginginkan bayi dengan jenis kelamin tertentu. Mereka bahkan mencari berbagai informasi di media massa mengenai cara untuk menghasilkan bayi perempuan pada saat pembuahan.

Beragam tips dan informasi seputar ciri-ciri hamil anak perempuan telah beredar secara luas di dunia maya. Akan tetapi, tidak semua informasi tersebut benar. Masih ada beberapa hal yang merupakan mitos dan belum terbukti kebenarannya secara ilmiah. Apabila Anda menginginkan hamil anak perempuan, berikut adalah tips dan ciri-ciri hamil anak perempuan beserta penjelasannya, baik yang sudah terbukti maupun belum.

Ciri-ciri hamil anak perempuan

ilustrasi mual pada ibu hamil
Sumber gambar

Pada zaman dahulu, para nenek moyang telah mampu membedakan jenis kelamin janin dalam kandungan hanya dengan melihat dan meraba perut seorang ibu hamil. Hingga saat ini, cara membedakan ciri-ciri hamil anak perempuan dan laki-laki tersebut masih cukup sering dipraktikkan. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, mulai banyak orang meragukan kebenaran informasi tersebut.

Nah, apa saja ciri-ciri hamil anak perempuan yang merupakan mitos dan fakta? Berikut akan dijelaskan mengenai ciri-ciri hamil anak perempuan tersebut.

Mual dan muntah berlebihan

Ciri-ciri hamil anak perempuan yang sering didengar banyak orang adalah adanya keluhan mual dan muntah secara berlebihan. Sebenarnya, sebuah penelitian di tahun 2017 membuktikan bahwa kehamilan dengan bayi perempuan menghasilkan peradangan yang lebih besar di dalam tubuh. Hasil penelitian tersebut mendukung pernyataan mual dan muntah berlebihan sebagai ciri-ciri hamil anak perempuan.

Akan tetapi, masih sedikit para ahli yang mengakui akurasi dari penelitian tersebut. Para ahli masih berpendapat bahwa mual dan muntah selama hamil dipengaruhi oleh hormon kehamilan tanpa peduli jenis kelamin janin. Tampaknya masih diperlukan banyak penelitian untuk menunjang pernyataan tersebut.

Posisi perut yang tinggi

Anda mungkin sering mendengar bahwa posisi perut yang tinggi merupakan ciri-ciri hamil anak perempuan. Sementara itu, penonjolan perut yang rendah merupakan tanda hamil anak laki-laki. Ternyata hal ini sepenuhnya mitos. Bentuk dan posisi perut selama hamil dipengaruhi oleh kondisi otot, kebugaran, berat badan, dan bentuk tubuh ibu sebelum hamil, bukan oleh jenis kelamin janin.

Tingkat stres tinggi

Telah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa semakin tinggi tingkat stres seorang perempuan, semakin besar kemungkinan untuk hamil anak perempuan. Kondisi stres menimbulkan lingkungan asam yang membuat kromosom Y pada sperma mudah mati. Hal itu membuat hanya kromosom X yang tersisa sehingga akan membentuk jenis kelamin perempuan (XX). Tingginya hormon kortisol yang merupakan hormon stres, juga berbanding lurus dengan angka kelahiran bayi perempuan.

Detak jantung janin cepat

Pernahkah Anda mendengar bila detak jantung janin melebihi 140 kali per menit, itu merupakan ciri-ciri hamil anak perempuan? Ternyata, hal tersebut sepenuhnya tidak benar. Detak jantung janin normal adalah 120-160 kali per menit. Cepat atau lambatnya detak jantung janin bergantung pada kondisi tubuh janin, seperti aliran oksigen, bukannya jenis kelamin janin.

Kulit berminyak dan kusam

Apakah benar jika saat hamil kulit berminyak dan kusam, itu tandanya Anda mengandung anak perempuan? Tentu saja tidak. Perubahan kulit selama hamil banyak dipengaruhi oleh fluktuasi hormon estrogen dan progesteron. Anda akan mengalami kulit berminyak dan kusam tak peduli apa jenis kelamin janin dalam kandungan.

Tips agar hamil anak perempuan

ilustrasi cara hamil anak perempuan
Sumber gambar

Anak perempuan memang biasanya manis dan menjadi idaman para orang tua. Tak heran bila cukup banyak pasangan yang menginginkan kehadiran anak perempuan dalam rumah tangga mereka. Sayangnya, jenis kelamin anak bukanlah suatu hal yang dapat Anda kendalikan, bukan?

Tapi tunggu dulu, ternyata kini hal tersebut dapat dikendalikan, meski tak sepenuhnya. Ternyata sudah cukup banyak penelitian yang mengatakan bahwa zat gizi tertentu berpengaruh dalam pembentukan kromosom seks pada janin. Ini berarti ada kemungkinan Anda dapat melakukan intervensi melalui makanan sehari-hari.

Apabila ingin hamil anak perempuan, Anda perlu mengonsumsi lebih banyak magnesium, kalsium, dan mineral lain. Sementara itu, jika Anda mengonsumsi terlalu banyak kalori, semakin kecil kemungkinan untuk hamil anak perempuan. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi buah dan sayur selama hamil. Anda dapat melakukan tes nutrigenomik untuk membantu menemukan menu makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian Anda.

Cara mengetahui jenis kelamin bayi secara akurat

Memperhatikan ciri-ciri hamil anak perempuan melalui penampilan luar sebenarnya tidak bergitu akurat. Ada dua cara paling akurat untuk mengetahui jenis kelamin bayi dalam kandungan. Daripada membuang waktu, lebih baik Anda segera melakukan USG atau tes NIPT.

Pemeriksaan USG tentu sudah tak asing di telinga. USG dapat mendeteksi jenis kelamin janin sekitar pada trimester kedua kehamilan. Apabila Anda ingin mengetahui jenis kelamin bayi dengan lebih cepat, maka lakukanlah tes NIPT yang dapat dimulai sejak usia kehamilan 10 minggu. Pemeriksaan tersebut hanya memerlukan sampel darah dari lengan sehingga tidak berbahaya bagi kandungan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Nah, itulah sekilas mengenai ciri-ciri hamil anak perempuan dan tips untuk hamil anak perempuan. Tidak semua ciri-ciri dan tips tersebut akan tepat dan berhasil secara sempurna. Akan tetapi, tak ada salahnya untuk mempraktikkan cara tersebut di rumah. Selamat mencoba.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/signs-of-having-baby-girl#faster-fetal-heart-rate
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322368#how-doctors-test-for-the-babys-sex
  3. https://www.healthline.com/health/whats-the-right-diet-to-conceive-a-girl#the-science

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id