7 Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki, Apa Saja?
Kesehatan

7 Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki, Apa Saja?

November 16th 2022

Banyak orang penasaran bagaimana cara membedakan ciri-ciri hamil anak laki-laki dengan hamil anak perempuan. Apakah hal tersebut dapat diketahui hanya dengan mata telanjang? Adakah gejala ciri-ciri hamil anak laki-laki yang biasanya dikeluhkan oleh ibu hamil?

Nenek moyang kita dapat membedakan ciri-ciri hamil anak laki-laki dan perempuan dengan sangat mudah tanpa bantuan tenaga medis. Hal ini tentu banyak menimbulkan pertanyaan, apakah praktik tersebut masih di relevan di zaman sekarang. Nah, daripada penasaran, mari simak ciri-ciri hamil anak laki-laki dan cara mengetahui jenis kelamin bayi berikut.

Mitos dan fakta ciri-ciri hamil anak laki-laki

ilustrasi mitos dan fakta ciri-ciri hamil anak laki-laki
Sumber gambar

Ada banyak informasi beredar di dunia maya mengenai ciri-ciri hamil anak laki-laki. Akan tetapi, tidak semua informasi tersebut benar. Sebagian besar merupakan hoaks yang tidak memiliki dasar ilmiah. Agar Anda tidak ikut tersesat dalam berita hoaks tersebut, berikut telah dikumpulkan berbagai mitos dan fakta mengenai ciri-ciri hamil anak laki-laki.

Posisi perut yang rendah

Konon, posisi perut yang rendah merupakan ciri-ciri hamil anak laki-laki. Padahal, hal ini sepenuhnya merupakan mitos. Posisi perut saat hamil dipengaruhi oleh kondisi otot perut sebelum hamil, kebugaran, bentuk tubuh ibu sebelum hamil, serta berat badan. Tinggi rendahnya posisi penonjolan perut sama sekali tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin bayi dalam kandungan.

Tingkat stress rendah

Banyak yang mengatakan bahwa tingkat stress seorang ibu hamil memengaruhi jenis kelamin bayi yang dikandungnya. Ternyata hal ini tidak sepenuhnya salah. Beberapa penelitian memang membuktikan bahwa tingkat stress selama pembuahan mampu mempengaruhi jenis kelamin calon janin.

Harap diingat, stress yang dimaksud adalah stress yang terjadi sebelum pembuahan, bukan ketika Anda telah positif hamil. Hal ini karena kromosom Y sangat rentan terhadap situasi asam. Kondisi stress dapat memicu produksi asam berlebih pada organ reproduksi perempuan sehingga membuat kromosom Y (yang membentuk jenis kelamin laki-laki) tidak dapat bertahan lama.

Tidak mengalami mual dan muntah

Ada yang bilang bahwa jika mengalami morning sickness parah, itu tandanya Anda mengandung anak perempuan, dan sebaliknya. Ciri-ciri hamil anak laki-laki adalah Anda tidak akan merasakan mual. Hal itu tidak benar karena keluhan mual dan muntah dapat terjadi apa pun jenis kelamin bayi. Mual dan muntah merupakan akibat dari kenaikan hormon HCG pada trimester awal kehamilan.

Detak jantung janin lambat

ilustrasi faktor risiko mual saat hamil
Sumber gambar

Detak jantung janin normal berada pada rentang nilai 120-160 kali per menit. Jika kurang dari itu, tandanya Anda sedang mengandung anak laki-laki. Tentu saja hal itu tidak benar karena detak jantung menggambarkan kondisi janin dan kecukupan oksigen dalam kandungan.

Apabila pada pemeriksaan ditemukan detak jantung janin yang lebih lambat atau cepat, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Bisa jadi itu merupakan tanda adanya kelainan dan kondisi janin dalam kandungan tidak baik-baik saja.

Tumbuh rambut di banyak bagian tubuh

Tumbuh rambut di banyak bagian tubuh juga tak selalu merupakan ciri-ciri hamil anak laki-laki. Rambut pada tubuh ibu tidak dipengaruhi oleh hormon androgen dari janin. Hal tersebut dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh ibu sendiri.

BAK berwarna gelap

Apakah BAK berwarna gelap merupakan indikasi Anda hamil anak laki-laki? Teori ini juga tidak terlalu kuat, meskipun bisa jadi benar. Akan tetapi, perlu diingat bahwa warna urine juga dipengaruhi banyak hal, seperti derajat dehidrasi, konsumsi kafein, obat-obatan tertentu, serta adanya penyakit pada hati maupun ginjal.

Kulit kering

Kulit kering tanda hamil anak laki-laki juga merupakan mitos yang banyak beredar di masyarakat. Tidak hanya laki-laki, hamil anak perempuan pun akan membuat kulit menjadi kering, kasar, kusam, dan timbul bercak berwarna gelap. Kondisi tersebut banyak dipengaruhi oleh perubahan hormon selama hamil.

Konsumsi banyak air putih, buah, dan sayuran untuk mengurangi dampak perubahan kulit yang tak diinginkan. Nutrisi dari dalam merupakan skincare terbaik selama hamil karena ibu hamil pantang menggunakan sembarang skincare. Anda juga dapat melakukan tes nutrigenomik untuk mengetahui kebutuhan nutrisi sehingga dapat menyusun menu makanan yang sehat dan optimal selama hamil.

Cara mengetahui jenis kelamin janin

ilustrasi cara mengetahui jenis kelamin janin
Sumber gambar

Hanya ada dua cara mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan. Daripada menerka dari luar dan termakan informasi hoaks, lebih baik Anda langsung melakukan dua pemeriksaan ini untuk memastikan jenis kelamin janin.

Pemeriksaan USG

Pemeriksaan USG akan langsung melihat alat kelamin janin dalam kandungan. Pemeriksaan ini rutin dilakukan oleh dokter kandungan saat perawatan antenatal. Mengetahui jenis kelamin menggunakan USG dapat dilakukan saat kehamilan telah menginjak trimester kedua atau di atas usia kehamilan 13 minggu.

Tes NIPT

Cara kedua yang lebih cepat adalah dengan melakukan tes NIPT. Tes NIPT dapat dilakukan sejak usia kehamilan 10 minggu. Cepat sekali, bukan? Selain mengetahui jenis kelamin, pemeriksaan ini juga dapat mendeteksi adanya kelainan kromosom pada janin sejak dalam kandungan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah du acara untuk menentukan jenis kelamin janin secara akurat. Anda tak perlu membuang waktu terlalu lama untuk mencari tahu ciri-ciri hamil anak laki-laki dengan mata telanjang. Dengan bantuan teknologi, mengetahui jenis kelamin janin dapat dilakukan dengan lebih pasti, mudah, dan terjangkau.

Sumber:

  1. https://www.mamanatural.com/signs-youre-having-a-boy/
  2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/signs-of-having-baby-girl#faster-fetal-heart-rate
  3. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322368#how-doctors-test-for-the-babys-sex

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id