4 Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar yang Mungkin Anda Belum Tahu
Kehamilan

4 Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar yang Mungkin Anda Belum Tahu

November 25th 2022

Hamil anak kembar adalah suatu hal yang didambakan oleh sebagian pasangan. Banyak orang yang belum tahu bahwa ada ciri-ciri hamil anak kembar yang membedakannya dengan kehamilan biasa. Selain dengan pemeriksaan USG, ada tanda-tanda yang dapat diperhatikan secara kasat mata bila Anda tengah mengandung anak kembar.

Memang tanda tersebut tidak sepenuhnya benar dan harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG. Akan tetapi, itu bisa menjadi peringatan awal agar Anda lebih berhati-hati dan dapat mempersiapkan diri lebih baik dalam menghadapi kehamilan. Apa saja ciri-ciri hamil anak kembar? Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai proses kehamilan dan ciri-ciri hamil anak kembar yang membedakannya dari kehamilan biasa.

Bagaimana proses hamil anak kembar?

ilustrasi anak kembar
Sumber gambar

Seperti ciri-ciri hamil anak kembar yang berbeda dengan kehamilan pada umumnya, proses pembuahan dari kehamilan kembar pun berbeda. Pada kehamilan biasa, satu sperma akan membuahi satu sel telur sehingga menghasilkan zigot. Kemudian zigot akan membelah menjadi 2 sel, 4 sel, 8 sel, dan seterusnya sebelum menjadi embrio dan selanjutnya menjadi janin. Janin tersebutlah yang kelak akan ditanam di dalam rahim selama 40 minggu.

Pada kehamilan anak kembar, proses awal dan akhir dari kehamilan tidaklah banyak berbeda. Perbedaan terletak pada saat sperma membuahi sel telur, yaitu bisa jadi terdapat dua sel telur yang dibuahi oleh dua sperma. Jika demikian proses yang terjadi, maka kedua bayi yang dilahirkan akan menjadi kembar tidak identik.

Sedangkan apabila hanya ada satu sel telur yang dibuahi oleh satu sperma, namun zigot tersebut membelah lebih banyak dari seharusnya, dapat terjadi kehamilan kembar. Pada kasus seperti ini, bayi yang dilahirkan akan menjadi kembar identik. Setiap janin yang terbentuk dari satu sel telur dan satu sperma berbeda akan menghasilkan individu yang berbeda pula.

Kehamilan kembar pun dapat dibagi lagi berdasarkan jumlah kantong dan plasenta. Ada dua janin yang terletak dalam 1 kantong, ada pula yang berbeda. Ada dua kantong janin yang berbagi 1 plasenta, ada pula dua kantong yang masing-masing memiliki plasentanya sendiri. Sangat kompleks, bukan?

Hamil anak kembar merupakan kehamilan berisiko

ilustrasi kehamilan kembar
Sumber gambar

Proses kehamilan yang berbeda dan lebih kompleks daripada biasanya, membuat hamil anak kembar lebih berisiko terhadap berbagai komplikasi. Tentu sudah banyak orang yang tahu bahwa bayi kembar biasanya terlahir dengan berat badan lahir rendah. Hal tersebut sudah dapat diprediksi mengingat nutrisi yang masuk melalui plasenta akan terbagi untuk dua individu.

Ibu yang hamil dengan anak kembar juga berisiko melahirkan bayi prematur. Ukuran dua janin yang semakin besar tentu akan sangat sempit berada dalam satu rahim. Persalinan pun biasanya terjadi lebih cepat daripada tanggal perkiraan lahir. Anda harus lebih sigap dalam menghadapi persalinan darurat kapan saja jika telah memasuki trimester ketiga.

Ternyata tidak hanya itu, hamil anak kembar juga sangat berisiko mengalami kelainan kromosom, seperti aneuploidi dan trisomi 21. Pemeriksaan USG memang dapat sekilas mendeteksi kelainan tersebut, namun tes NIPT akan memberikan gambaran yang lebih detail. Tes NIPT pada awal kehamilan kembar akan sangat berguna dalam mendeteksi dan membuat keputusan secara cepat dan tidak berbahaya bagi kandungan.

Biaya tes dna atau kromosom di Indonesia pun kini sudah sangat beragam, yaitu di kisaran 7-10 juta. Biasanya jika dokter menemukan keanehan pada pemeriksaan USG rutin, Anda akan diminta melakukan tes NIPT. Namun Anda juga boleh melakukan pemeriksaan ini secara mandiri dengan biaya tes dna yang masih terjangkau.

Ciri-ciri hamil anak kembar

ilustrasi ciri hamil anak kembar
Sumber gambar

Hamil anak kembar kini semakin menjadi tren dan diinginkan banyak pasangan. Lalu adakah ciri-ciri hamil anak kembar yang bisa diamati bagi Anda yang sudah tidak sabar mengetahui hal tersebut? Berikut beberapa ciri-ciri hamil anak kembar yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Keluhan mual semakin berat

Ciri-ciri hamil anak kembar yang pertama adalah semakin parahnya keluhan mual yang Anda alami. Mual adalah dampak dari meningkatnya hormon HCG selama hamil. Hormon HCG akan mencapai puncak pada trimester pertama dan menurun pada trimester kedua.

Pada kehamilan kembar, jumlah hormon HCG lebih banyak dari kehamilan biasa. Inilah yang membuat Anda akan merasa lebih mual. Makanlah dengan porsi kecil namun sering untuk meminimalisasi keluhan tersebut.

Berat badan bertambah pesat

Pesatnya peningkatan berat badan sudah menjadi ciri-ciri hamil anak kembar yang umum diketahui orang. Tentu saja mengingat Anda sedang mengandung dua janin yang sama-sama membutuhkan nutrisi optimal. Pada kehamilan biasa, peningkatan berat badan normal adalah sekitar 11-16 kg selama hamil.

Pada hamil anak kembar, Anda bisa mengalami peningkatan berat badan hingga 20kg. Akan tetapi, Anda tidak boleh meremehkan hal ini. Penambahan berat badan di atas normal bagi kehamilan kembar memang wajar, tapi tetap bukan berarti berlebihan, ya.

Perut sangat besar

Sama seperti ciri-ciri hamil anak kembar sebelumnya, perut bertambah besar juga merupakan dampak adanya dua janin dalam kandungan. Anda mungkin mulai melihat penonjolan perut yang bermakna pada akhir trimester pertama. Pada trimester ketiga, perut akan sangat besar hingga dapat membuat Anda merasa sesak.

Teraba dua janin

Pada pemeriksaan fisik, akan teraba dua janin di perut. Pemeriksaan ini akan dilakukan oleh dokter atau bidan pada usia kehamilan di atas 20 minggu. Biasanya bagian kepala akan lebih mudah teraba dibandingkan bagian lainnya. Sebenarnya Anda juga dapat melakukan perabaan ini di area perut, namun ingat untuk melakukannya secara hati-hati, lembut, dan perlahan.

BACA JUGA: NIPT Test untuk Deteksi Masalah Janin Sejak Dini

Nah, setelah mengetahui proses, risiko, dan ciri-ciri hamil anak kembar, apakah Anda masih menginginkan hal tersebut? Tentu saja iya, Anda tidak perlu khawatir bila hamil dengan anak kembar. Teknologi saat ini sudah lebih maju sehingga berbagai kelainan dapat diketahui dan ditangani sejak dini.

Sumber:

  1. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780323445481001613
  2. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780128200476000151
  3. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/twin-pregnancy/art-20048161

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id