Ciri-ciri Hamil 1 Minggu, Apa Saja?
Kehamilan

Ciri-ciri Hamil 1 Minggu, Apa Saja?

Oktober 23rd 2022

Ciri-ciri hamil 1 minggu mungkin agak sulit dibedakan dengan periode menstruasi, karena gejalanya hampir mirip. Alat tes kehamilan mungkin belum bisa mendeteksi kehamilan 1 minggu. Anda disarankan untuk melakukan tes kehamilan setidaknya 1 minggu setelah terlambat haid atau mengulang kembali tes beberapa hari kemudian bila hasilnya juga masih samar.

Tidak semua orang menyadari tanda-tanda kehamilan di minggu pertama, namun ada juga yang mengalami kelelahan, kram ringan dan juga perubahan payudara menjadi lebih lembek. Kehamilan minggu 1 biasanya dihitung dari hari pertama periode menstruasi terakhir. Meskipun mungkin saat itu Anda belum benar-benar hamil. namun perhitungan tersebut membantu memperkirakan tanggal persalinan.

Hamil 1 minggu artinya kehamilan yang berusia satu minggu setelah pembuahan berhasil dilakukan. Ketidakhadiran menstruasi menjadi tanda yang paling bisa dilihat sebagai gejala kehamilan saat ini.

Kehamilan sehat di trimester pertama

Kehamilan normalnya berlangsung selama 40 minggu, yang dibagi lagi menjadi tiga trimester. Trimester pertama adalah waktu di mana sperma bertemu dengan sel telur, di mana pembuahan terjadi. Sel telur yang telah dibuahi ini kemudian menempel di dinding rahim dan tumbuh sebagai embrio. Trimester pertama berlangsung hingga minggu ke-12 kehamilan.

Dikatakan bahwa di trimester pertama kehamilan menjadi sangat rentan, sehingga Anda perlu lebih waspada dalam menjaga kondisi tubuh dan kehamilan. Di usia kehamilan ini pula, Anda bisa menjalani pemeriksaan tes NIPT untuk mendeteksi adanya kelainan genetik pada janin. Selain itu, Anda mungkin perlu memperbaiki pola makan dan memilih jenis makanan yang bernutrisi dan berkualitas.

Untuk mengetahui jenis makanan apa yang baik dikonsumsi selama kehamilan, Anda bisa menjalani tes nutrigenomik. Menjaga pola makan sehat juga membantu mengelola berat badan selama kehamilan agar tidak meningkat berlebihan, yang artinya juga menurunkan risiko penyakit yang bisa menyertai saat hamil seperti diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, preeklamsia, dan lain sebagainya.

Ketahui apa saja ciri-ciri hamil 1 minggu

ilustrasi kehamilan 1 minggu
Sumber gambar

Tidak semua orang mengalami ciri-ciri kehamilan yang sama di trimester pertama. Gejala yang dirasakan bisa saja berbeda-beda, tergantung pada kondisi tubuh dan jumlah kehamilan yang pernah dialami. Tetapi penting untuk diingat bahwa Anda tidak perlu khawatir jika ciri kehamilan yang dirasakan berbeda dengan orang lain, karena membanding-bandingkan tanda kehamilan tidak akan memberikan manfaat apapun bagi kehamilan.

Nah, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri hamil 1 minggu yang paling umum dirasakan:

Haid tidak datang

Tanda kehamilan yang paling umum dan sangat jelas adalah tidak hadirnya haid, karena ini berarti pembuahan telah terjadi. Ketika sel telur berhasil dibuahi, maka tubuh akan memproduksi hormon yang bekerja untuk menghentikan ovulasi dan pelepasan lapisan rahim seperti yang terjadi dalam siklus menstruasi. Menstruasi Anda akan berhenti sampai setelah bayi lahir, dan beberapa waktu setelah bayi dilahirkan.

Namun ketidakhadiran menstruasi belum tentu merupakan tanda kehamilan. Menstruasi bisa saja tidak datang akibat stres, olahraga berlebihan, pola diet yang buruk, olahraga berlebihan, hormon yang tidak seimbang dan juga menstruasi yang tidak teratur. Untuk memastikan bahwa tidak hadirnya menstruasi adalah tanda kehamilan, maka Anda bisa melakukan tes kehamilan paling cepat 1 minggu setelah haid datang terlambat.

Seringkali buang air kecil

Seringkali buang air kecil juga menjadi tanda kehamilan yang paling umum selain haid yang tidak datang. Bahkan gejala ini terkadang dirasakan sebelum Anda mengetahui bahwa haid tidak datang. Meningkatnya frekuensi buang air kecil selama kehamilan disebabkan oleh peningkatan suplai darah di dalam tubuh. Dengan adanya peningkatan suplai darah, maka ginjal akan bekerja menyaring lebih banyak darah dan membuang limbah melalui urin. Semakin banyak darah yang disaring, semakin banyak pula urin yang dikeluarkan.

Kelelahan

Bukan karena malas, namun perubahan hormon di dalam tubuh selama kehamilan memang menyebabkan kelelahan yang parah. Kelelahan ini dipicu oleh peningkatan hormon progesteron. Anda mungkin akan sangat merasa sangat mengantuk di jam-jam tertentu dan membutuhkan tidur di luar jam tidur pada umumnya.

Morning sickness

ilustrasi morning sickness
Sumber gambar

Tidak seperti namanya, morning sickness sebenarnya adalah rasa mual yang bisa muncul baik di pagi, siang maupun malam hari. Rasa mual ini bahkan bisa dirasakan sejak dua minggu pertama kehamilan. Rasa mualnya bisa meningkat, namun Anda mungkin tidak benar-benar muntah.

Gejala morning sickness pada ibu hamil juga bisa berbeda-beda, ada orang yang merasakan gejala mual yang ringan, ada pula yang bergejala parah dan mengalami mual serta muntah. Mual dan muntah selama kehamilan yang sangat parah dikenal dengan istilah hiperemesis gravidarum, yang berisiko menyebabkan dehidrasi. Untuk itu, selama trimester pertama ini, Anda harus memperhatikan pola makan dan juga kebutuhan cairan tubuh agar tetap terpenuhi dan tidak sampai mengalami dehidrasi.

Payudara yang membesar

Selama kehamilan, Anda juga akan merasakan ukuran payudara yang berubah makin besar. Saat disentuh, payudara juga menjadi semakin lembek. Sebagian orang merasakan nyeri pada payudara selama trimester pertama ini akibat adanya perubahan hormonal.

Anda juga mungkin menyadari bahwa areola (area di sekitar puting) menjadi lebih besar dan berwarna gelap. Untuk mengurangi rasa sakit akibat payudara yang membesar, Anda disarankan untuk mengganti bra yang digunakan menjadi bra yang lebih nyaman dan tidak terlalu ketat.

Flek darah implantasi

Salah satu ciri-ciri hamil 1 minggu yang seringkali diabaikan karena mirip dengan gejala menstruasi adalah adanya flek. Flek darah ini tidak berat dan hanya terlihat sebagai pendarahan ringan dan samar di celana dalam Anda. Flek darah implantasi ini sebenarnya adalah pertanda bahwa embrio telah berimplantasi di dinding rahim. Umumnya, implantasi terjadi sekitar 10 hari setelah pembuahan terjadi.

Karena darah implantasi juga seringkali baru terlihat sekitar waktu menstruasi, maka Anda mungkin sering salah mengira sebagai tanda menstruasi. Anda bisa melakukan tes kehamilan 1 minggu setelah haid datang terlambat untuk memastikan bahwa flek darah adalah tanda implantasi atau menstruasi.

Sakit kepala dan pusing

Sakit kepala dan pusing adalah salah satu ciri kehamilan yang mungkin dirasakan. Sakit kepala biasanya terjadi akibat perubahan hormon dan juga peningkatan volume darah di dalam tubuh. Beristirahat dengan cukup akan membantu meredakan pusing dan sakit kepala Anda.

Kram perut ringan

Sejurus dengan flek darah implantasi, Anda juga mungkin mengalami kram perut ringan di trimester pertama yang kerap disalahartikan sebagai tanda menstruasi. Kram perut ringan ini akan menghilang dalam beberapa hari, sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Namun bila kram perut berkembang selama beberapa hari dan juga terasa semakin sakit disertai dengan keluarnya darah, maka Anda mungkin bisa mewaspadai tanda-tanda menstruasi atau keguguran.

Perubahan suasana hati

Karena perubahan hormon besar-besaran selama kehamilan, maka tidak heran bila suasana hati Anda juga sangat mungkin berubah. Hal ini adalah hal yang umum dirasakan selama hamil, sehingga Anda mungkin perlu mempertimbangkan relaksasi untuk mengelola suasana hati.

Hidung tersumbat dan mimisan

Sebagian orang mungkin mengalami hidung tersumbat selama kehamilan akibat peningkatan hormon dan juga aliran darah di dalam tubuh. Akibat hidung tersumbat, membran mukosa di dalam hidung mungkin mengalami kekeringan. Hidung jadi mudah mengeluarkan darah sehingga Anda sangat mungkin mengalami mimisan.

Kembung

Selama beberapa minggu atau bulan pertama kehamilan, Anda juga mungkin mengalami kembung. Kembung ini dipicu oleh peningkatan hormon, yang membuat Anda juga lebih sering buang gas daripada biasanya.

Perubahan kulit dan juga jerawat

Akibat meningkatnya hormon di dalam tubuh selama kehamilan, Anda juga mungkin mengalami perubahan penampilan kulit, misalnya kulit yang lebih bersih atau berkilau, atau bahkan juga berjerawat. Obat jerawat bisa sangat berbahaya bagi janin, sehingga Anda sebaiknya tidak sembarangan menggunakan obat untuk mengatasi jerawat. Apabila memang jerawat dan kondisi kulit cukup mengganggu, Anda bisa pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang aman bagi kehamilan.

Kapan sebaiknya melakukan tes kehamilan?

ilustrasi tes kehamilan
Sumber gambar

Tes kehamilan adalah satu-satunya cara untuk mengonfirmasi bahwa ciri-ciri hamil 1 minggu adalah tanda kehamilan. Tes kehamilan dapat mengukur jumlah hormon hCG di dalam urin maupun darah. Anda bisa melakukan tes kehamilan dengan menggunakan testpack, atau mendapatkan pemeriksaan darah di laboratorium.

Tes kehamilan dengan testpack biasanya bisa dilakukan sekitar 3 minggu setelah pembuahan, atau 1 minggu setelah haid datang terlambat. Jika Anda mengalami gejala kehamilan namun testpack menunjukkan hasil yang negatif, maka Anda bisa melakukan pemeriksaan kembali dalam beberapa hari atau 1 minggu kemudian.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Tes kehamilan dengan menjalani tes darah juga bisa mengidentifikasi adanya hormon hCG di dalam tubuh. Tes darah bisa menunjukkan hasil yang lebih awal dibanding tes urin, namun Anda mungkin baru bisa mengetahui hasilnya setelah 48 jam. Setelah tes kehamilan menunjukkan bahwa Anda positif hamil, maka Anda bisa melanjutkannya dengan mendapatkan pemeriksaan USG untuk kembali mengonfirmasi kehamilan dan mengetahui posisi implantasi embrio.

Sumber:

  1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/pregnancy-symptoms-week-1#when-to-test
  2. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9709-pregnancy-am-i-pregnant
  3. https://www.thebump.com/pregnancy-week-by-week/1-weeks-pregnant
  4. https://www.healthline.com/health/pregnancy/first-trimester#doctor-visit

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id