4 Ciri-Ciri Haid Terakhir Sebelum Hamil
Kehamilan

4 Ciri-Ciri Haid Terakhir Sebelum Hamil

Oktober 15th 2022

Ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil ternyata berbeda dari haid pada keadaan biasa. Hal inilah yang sering terlewatkan oleh para perempuan yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Biasanya, seseorang lebih fokus ada gejala dan tanda lain dari awal kehamilan, seperti terlambat haid.

Perbedaan ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil memang sangat samar. Inilah yang membuatnya tidak banyak disadari. Tidak banyak pula informasi dari para ahli, membuat semakin banyak ibu hamil yang tak menyadarinya. Seperti apa ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil? Simak penjelasan berikut ini.

Ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil

ilustrasi haid terakhir sebelum hamil
Sumber gambar

Ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil tampaknya jarang dibahas sehingga banyak yang tidak mengetahuinya. Sebenarnya, mengetahui hal tersebut juga tidak begitu penting. Hal tersebut karena Anda baru bisa memeriksakan kehamilan setelah mengalami keterlambatan haid.

Akan tetapi, tidak ada salahnya mengetahui ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil. Pengetahuan tersebut akan membuat Anda lebih siap dan dapat menjaga diri lebih baik sejak dini. Berikut adalah ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil yang tak banyak disadari para perempuan.

Warna coklat samar

Salah satu ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil adalah warnanya yang coklat samar. Hal ini cukup berbeda dari warna darah haid pada umumnya yang cenderung merah atau coklat gelap. Akan tetapi, biasanya darah ketika haid akan berakhir juga berwarna coklat samar. Inilah yang mungkin akan sedikit membingungkan.

Durasi haid yang singkat

Periode haid umumnya berlangsung selama 3 hingga 7 hari, bervariasi pada setiap perempuan. Ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil adalah durasi yang cenderung singkat. Biasanya haid hanya terjadi selama 2 atau 3 hari. Ini juga cukup membingungkan bila pada dasarnya Anda sering memiliki durasi haid yang singkat.

Volume darah yang lebih sedikit

Volume darah merupakan salah satu ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil yang cukup jelas. Darah pada haid terakhir biasanya sedikit dan cenderung hanya seperti bercak atau garis samar. Terkadang hal ini juga dapat diartikan sebagai spotting, yaitu tanda munculnya bercak darah akibat proses implantasi janin ke dinding rahim.

Haid disertai gejala penyerta

Haid terakhir sebelum hamil biasanya disertai oleh gejala penyerta. Apa yang dimaksud dengan gejala penyerta? Gejala penyerta adalah keluhan-keluhan lain yang dialami bersamaan ketika haid.

Keluhan tersebut bisa berupa kram perut, kembung, mual, muntah, dan sering buang air kecil. Sebenarnya, melalui keluhan penyerta tersebut Anda bisa lebih yakin terhadap adanya kemungkinan hamil. Bahkan gejala penyerta tersebut bisa jadi lebih jelas daripada ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil yang diutarakan sebelumnya.

Apa yang harus dilakukan setelah mengalami haid terakhir?

ilustrasi ibu hamil
Sumber gambar

Nah, apabila Anda mengalami beberapa ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil, ada kemungkinan Anda sedang hamil dengan usia kehamilan yang masih sangat muda. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Hal-hal berikut ini sangat penting untuk mempersiapkan diri menghadapi kehamilan sedini mungkin.

Makan bergizi seimbang

Apa yang Anda makan sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam kandungan. Seorang ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Baik jenis dan jumlah yang dikonsumsi harus seimbang untuk bisa memberikan dampak positif bagi janin.

Kini telah tersedia tes nutrigenomik yang bisa Anda lakukan di berbagai laboratorium. Tes nutrigenomik akan memberikan informasi gizi yang tepat bagi Anda dan janin dalam kandungan. Penyusunan menu makanan harian pun akan semakin mudah dan tepat kebutuhan.

Lakukan olahraga ringan

Jangan berpikiran bahwa ibu hamil sebaiknya istirahat saja tanpa berolahraga. Sebaliknya, para ahli justru menyarankan para ibu hamil untuk berolahraga. Tentunya olahraga ringan yang tidak membuat kelelahan, seperti berjalan kaki, senam hamil, atau berenang. Lakukan olahraga perlahan secara teratur setiap hari untuk memperoleh tubuh yang bugar selama masa kehamilan.

Olahraga diketahui tak hanya membuat tubuh bugar, tapi juga pikiran yang lebih positif. Anda juga bisa melakukan relaksasi untuk mengendalikan pikiran selama hamil. Pikiran yang damai sama pentingnya dengan tubuh yang bugar selama kehamilan.

Segera berkonsultasi ke dokter

Ketika mencurigai diri Anda hamil, maka segeralah berkonsultasi ke dokter. Mengapa Anda harus segera pergi ke dokter? Hal ini karena dokter kandungan umumnya akan melakukan pemeriksaan USG. Nah, pemeriksaan USG yang dilakukan sedini mungkin akan memiliki akurasi yang jauh lebih tinggi dalam memprediksi usia kehamilan daripada USG yang dilakukan terlambat.

Tak hanya pemeriksaan USG, Anda kini juga dapat melakukan tes NIPT sejak usia kehamilan 10 minggu. Di luar negeri, tes NIPT bahkan telah menjadi salah satu kewajiban dalam pemeriksaan kehamilan.

Itulah sekilas mengenai ciri-ciri haid terakhir sebelum hamil. Sebenarnya, memang tidak banyak yang bisa dilihat dari karakteristik darah haid. Waktu munculnya haid lah yang justru menjadi hal penting untuk diperhatikan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah wawasan mengenai kehamilan. Selamat menjalani kehamilan dengan sehat dan bahagia.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/brown-spotting-before-period#takeaway
  2. https://www.healthline.com/health/brown-vaginal-discharge#brith-control

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id