Berbagai Cara Tes Kehamilan Alami yang Bisa Dicoba
Kesehatan

Berbagai Cara Tes Kehamilan Alami yang Bisa Dicoba

Agustus 5th 2022

Cara tes kehamilan ternyata tidak hanya menggunakan test pack. Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur rumah Anda.

Saat sperma bertemu dengan sel telur maka terjadilah pembuahan. Sel telur yang telah dibuahi kemudian akan berjalan menuju rahim dan mencari tempat yang strategis di dinding rahim untuk berimplantasi. Sesaat setelah implantasi berhasil, maka plasenta akan memproduksi hormon chorionic gonadotropin (hCG), yang juga dikenal dengan hormon kehamilan. Hormon ini bertugas untuk memberi nutrisi pada sel telur yang telah dibuahi dan membantunya agar bisa melekat di dinding rahim.

Cara tes kehamilan yang paling sering dilakukan

Alat test pack bekerja dengan mendeteksi kadar hCG di dalam tubuh. Bila kadarnya cukup tinggi, maka alat indikator akan menunjukkan hasil positif atau dua strip. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya harus mengumpulkan sampel urin ke dalam wadah, kemudian memasukkan alat tes ke dalam sampel urin dan menunggu selama beberapa waktu. Sesuai dengan petunjuk pemakaian di kemasan, Anda akan melihat hasilnya muncul pada indikator yang menunjukkan hamil (positif) atau tidak hamil (negatif).

Hormon hCG tidak serta merta bisa langsung terdeteksi, karena jumlahnya akan meningkat perlahan seiring usia kehamilan. Biasanya, dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu dari waktu pembuahan untuk bisa mendeteksi kehadiran hormon hCG, sehingga sebaiknya Anda tidak terburu-buru dalam melakukan tes kehamilan. Apabila hasil tes masih menunjukkan negatif, maka Anda bisa mengulangi pengetesan setelah haid tidak kunjung datang. Apabila Anda yakin bahwa sedang hamil namun alat tes masih menunjukkan hasil negatif, maka Anda bisa mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lewat tes darah atau pemeriksaan USG.

Bila hasil pemeriksaan USG telah mengonfirmasi kehamilan, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah merencanakan pemeriksaan NIPT test di trimester pertama. Tes ini berguna mendeteksi adanya kelainan genetik seperti sindrom down yang mungkin dialami bayi.

Cara tes kehamilan alami, berminat untuk mencobanya?

Jika selama ini Anda selalu mengandalkan tes kehamilan seperti test pack, Anda mungkin berminat mencoba tes kehamilan alami menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Apa saja ya tes kehamilan alami yang bisa dicoba?

Tes kehamilan alami dengan garam dapur

ilustrasi Tes kehamilan alami dengan garam dapur
Sumber gambar

Tes kehamilan dengan garam dapur menjadi salah satu alternatif tes yang cukup populer di dunia maya. Pun demikian, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan kesahihan tes kehamilan dengan garam dapur ini. Kelebihannya, Anda tidak perlu membeli alat tes lain dan bisa memanfaatkan garam yang ada di dapur Anda.

Cara pengetesannya cukup sederhana dan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan satu sendok makan garam kemudian melarutkannya ke dalam sampel urin Anda. Tunggu dalam beberapa waktu sampai adanya perubahan pada urin. Hasil tes menunjukkan Anda positif hamil apabila garam menggumpal, atau menjadi kental mirip seperti keju. Namun bila tidak terjadi apa-apa, maka menunjukkan bahwa hasilnya negatif atau tidak hamil.

Tes kehamilan alami dengan gula

Selain tes kehamilan menggunakan garam, Anda yang sedang menjalani program hamil juga bisa mencoba tes kehamilan menggunakan gula. Seperti tes kehamilan menggunakan garam, Anda mungkin akan membutuhkan mangkuk kecil untuk mengumpulkan sampel urin, sesendok gula, dan mangkuk untuk mencampurkan keduanya.

Setelah sampel urin terkumpul, tuangkan urin ke dalam gula dan tunggu hingga beberapa menit. Di dalam percobaan tes ini, sebaiknya Anda menggunakan sampel urin yang didapatkan dari urin pertama yang dikeluarkan di pagi hari. Anda juga tidak boleh mengaduknya gula di dalam urin dan membiarkannya saja.

Menurut apa yang dipercaya sebagian besar orang, jika kadar hCG terdeteksi di dalam urin maka gula tidak akan larut seperti biasanya dan akan menggumpal, yang berarti menunjukkan bahwa anda sedang hamil. Tidak dijelaskan lebih lanjut apakah gumpalannya berukuran besar atau kecil, intinya jika gula terlihat menggumpal berarti menunjukkan hasil positif hamil.

Hasil negatif hamil ditunjukkan apabila gula berhasil larut di dalam urin, yang menandakan tidak ada kandungan hCG di dalam urin. Akurat atau tidaknya hasil tes kehamilan dengan menggunakan gula belum pernah dibuktikan melalui penelitian ilmiah, sehingga Anda mungkin tidak bisa menggunakannya sebagai satu-satunya tes kehamilan jika memang ingin mengonfirmasi tanda-tanda kehamilan yang dirasakan.

Tes kehamilan alami dengan baking soda

ilustrasi Tes kehamilan alami dengan baking soda
Sumber gambar

Cara alami lain mengetes kehamilan adalah dengan menggunakan baking soda. Dikatakan bahwa baking soda mampu mendeteksi kehadiran hormon hCG di dalam urin. Bagaimana caranya? Yuk simak dan coba tes kehamilan dengan baking soda berikut.

Yang perlu Anda siapkan dalam tes ini adalah baking soda, dua buah gelas plastik, dan sampel urin dari urin pertama yang keluar di pagi hari. Berikutnya, taburkan baking soda ke dalam sampel urin yang telah Anda kumpulkan dan amati apakah ada reaksi yang terjadi. Jika dalam beberapa saat baking soda menunjukkan reaksi bersoda atau berbuih saat masuk ke dalam urin maka berarti hasilnya menunjukkan positif hamil. Namun bila tidak ada reaksi apapun yang terjadi, ini berarti hasilnya menunjukkan negatif atau tidak hamil.

Sama seperti tes kehamilan alami lain, belum ada penelitian ilmiah yang meneliti lebih lanjut tentang reaksi baking soda dan urin dalam mendeteksi kehamilan, sehingga peluang kehamilan Anda mungkin 50:50, dan sebaiknya dikonfirmasi dengan jenis tes kehamilan yang lebih akurat dan terpercaya.

Tes kehamilan alami dengan pasta gigi

ilustrasi Tes kehamilan alami dengan pasta gigi
Sumber gambar

Selain menggunakan bahan yang ada di dapur, konon Anda juga bisa melakukan tes kehamilan alami dengan pasta gigi. Caranya masih sama seperti tes kehamilan alami lain, yaitu dengan mencampurkan urin dengan pasta gigi dan menunggu hingga ada reaksi yang terjadi.

Urin mengandung asam yang selain digunakan untuk mengetahui kehamilan juga konon bisa menunjukkan Anda hamil bayi laki-laki atau perempuan. Sementara itu, salah satu bahan pasta gigi adalah kalsium karbonat yang apabila dicampur dengan asam maka dapat menyebabkan reaksi tertentu. Jika pada saat pasta gigi dimasukkan ke dalam urin terlihat adanya reaksi seperti buih-buih atau bersoda, maka menandakan Anda hamil, sedangkan bila tidak ada reaksi maka Anda tidak hamil.

Tes kehamilan alami dengan cuka

Tes kehamilan alami lain dengan bahan yang ada di dapur adalah tes kehamilan dengan cuka. Caranya mirip seperti tes kehamilan alami sebelumnya, yaitu dengan mencampurkan cuka masak dengan sampel urin. Anda harus menunggu setidaknya 3-5 menit dan mengamati apakah ada perubahan warna pada urin.

Hasil positif atau kehamilan akan ditunjukkan jika urin berubah warna. Sebaliknya hasil negatif ditunjukkan apabila tidak terjadi perubahan warna pada urin.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Sejatinya tes kehamilan alami menggunakan bahan yang ada di rumah lebih mirip seperti percobaan fun science ketimbang tes kehamilan yang akurat. Sebaiknya Anda tidak mengandalkannya sebagai tes kehamilan untuk mengonfirmasi tanda-tanda kehamilan dan haid yang terlambat datang. Gunakan alat tes kehamilan seperti test pack, atau dapatkan pemeriksaan darah dan USG saat mengunjungi dokter untuk memastikan kehamilan Anda.

Sumber:

  1. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/hcg-levels
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/pregnancy-test-with-salt#alternatives
  3. https://www.healthline.com/health/pregnancy/sugar-pregnancy-test#accuracy
  4. https://www.momjunction.com/articles/homemade-pregnancy-test-with-baking-soda_00485988/
  5. https://www.healthline.com/health/pregnancy/toothpaste-pregnancy-test#other-options
  6. https://www.healthline.com/health/homemade-pregnancy-test#types

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id