Cara Tes Kehamilan dengan Garam, Seakurat Apa?
Kehamilan

Cara Tes Kehamilan dengan Garam, Seakurat Apa?

Juli 16th 2022

Cara tes kehamilan dengan garam cukup populer dibicarakan di dunia maya. Walaupun belum ada penelitian medis yang menunjang, namun tidak sedikit orang yang menggunakannya untuk mengonfirmasi tanda-tanda kehamilan yang dirasakan.

Melakukan tes kehamilan di rumah dianggap lebih praktis ketimbang harus melakukan di laboratorium atau di klinik. Bagi mereka yang menjalani program hamil, khususnya, kehamilan mungkin tidak semudah orang lain pada umumnya. Diperlukan pengobatan dan perawatan serta usaha ekstra agar kehamilan bisa berhasil. Untuk itulah, tidak semua wanita nyaman menjalani tes kehamilan di laboratorium atau klinik, dan lebih memilih melakukannya di rumah saja.

Selain melakukan tes kehamilan dengan test pack, di dunia maya cukup ramai dibicarakan melakukan tes kehamilan dengan air garam. Tidak sedikit orang yang berminat mencoba tes kehamilan yang unik ini, karena bahannya dapat dengan mudah ditemukan di dapur tanpa harus membeli alat tes kehamilan lagi. Seperti apa sih tes kehamilan menggunakan air garam?

Cara tes kehamilan dengan garam dan membaca hasil tesnya

ilustrasi tes kehamilan dengan air garam
Sumber gambar

Sebelum melakukan tes kehamilan dengan air garam, perlu dicatat bahwa tes kehamilan ini tidak didukung oleh penelitian medis. Sehingga hasilnya tidak dijamin keakuratannya.

Untuk melakukan tes kehamilan dengan air garam, Anda perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu:

  • Gelas atau mangkuk kecil untuk menampung air seni atau urin
  • Gelas atau mangkuk kecil untuk mencampur air seni dengan garam
  • Satu sendok kecil (sendok teh) garam dapur

Idealnya, gelas atau mangkuk yang hendak dipakai mencampur air seni dan garam haruslah yang tidak berwarna atau bening. Ini akan mempermudah Anda untuk melihat dan mengamati hasil tes kehamilan Anda.

Sedangkan jenis garam yang digunakan, sebaiknya garam meja atau garam dapur biasa. Bukan garam kosher atau garam Himalaya yang memiliki warna merah muda.

Bagaimana, sudah siap melakukan tes kehamilan dengan air garam? Beginilah caranya:

  1. Pertama, masukkan 1 sdt garam ke dalam gelas atau mangkuk berwarna bening
  2. Kemudian, tampung urin yang keluar dari tubuh pertama kali sejak Anda bangun pagi, tanpa minum atau makan apapun terlebih dahulu. Hal ini penting dipatuhi, seperti saat melakukan tes kehamilan pada umumnya, di mana hCG masih pekat dan belum tercampur apapun
  3. Tuangkan sedikit urin pada gelas atau mangkuk yang berisi garam dan diamkan selama beberapa menit atau jam.

Positif hamil: hasil tes akan menunjukkan Anda positif hamil apabila urin yang sudah bercampur dengan garam akan berubah warna menjadi putih menyerupai susu atau keju. Menurut pembicaraan di dunia maya, perubahan warna urin ini terjadi ketika garam bereaksi dengan hormon hCG yang terkandung di dalam urin

Negatif hamil: hasil tes akan menunjukkan negatif atau tidak hamil bila tidak terjadi reaksi apapun pada urin, dan urin tetap berwarna seperti semula

Seberapa akurat tes kehamilan dengan menggunakan garam?

ilustrasi potret wanita sedang berdoa
Sumber gambar

Tes kehamilan dengan menggunakan garam bukanlah tes kehamilan yang didasari oleh penelitian medis, sehingga hasilnya tidak akan seakurat tes kehamilan yang dilakukan di laboratorium maupun di klinik. Tes kehamilan dengan air garam hanya dilakukan sebagai percobaan semata, yang sebaiknya tidak disadari kebutuhan untuk mengonfirmasi kehamilan.

Di samping itu, belum ada penelitian berdasarkan medis yang meneliti lebih jauh tentang percobaan tes kehamilan menggunakan garam tersebut. Seandainya pun hasilnya menunjukkan positif hamil, dan telah dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG, mungkin itu hanyalah kebetulan saja.

Alternatif tes kehamilan di rumah yang sebaiknya dipertimbangkan

Sebagian besar orang memilih melakukan tes kehamilan di rumah karena alasan privasi dan kenyamanan. Apabila hasilnya negatif pun, akan lebih mudah untuk menerima dan menghadapinya, selain itu harga yang harus dibayar jauh lebih terjangkau ketimbang tes di laboratorium atau klinik.

Tes kehamilan di rumah yang saat ini banyak dipraktekkan dan dianggap hasilnya cukup bisa dipercaya adalah tes kehamilan dengan test pack. Test pack adalah tes kehamilan yang mengonfirmasi kehamilan dengan mendeteksi kadar hormon hCG di dalam tubuh. Hormon hCG adalah hormon istimewa yang hanya diproduksi oleh tubuh apabila ada kehamilan yang terjadi. Hormon ini dihasilkan ketika sel telur yang dibuahi oleh sperma berhasil menanamkan diri di dinding rahim. Kira-kira 10 hari setelah pembuahan, hormon hCG sudah dapat terdeteksi, namun untuk memaksimalkan hasil tes sebaiknya Anda menunggu sampai haid terlambat datang barulah melakukan tes kehamilan.

Test pack mendeteksi hormon hCG melalui urin yang dikeluarkan di pagi hari, tepat sesaat setelah bangun tidur, tanpa minum atau makan terlebih dahulu. Hasil tes jauh lebih akurat apabila urin belum terpapar apapun, dan belum ada air yang mengencerkannya.

Cara menggunakan test pack agar hasilnya akurat

ilustrasi penggunaan testpack
Sumber gambar

Walaupun test pack adalah jenis tes kehamilan mandiri yang telah dipercaya keakuratan hasilnya, namun cara penggunaan yang salah dapat mempengaruhi hasil pengetesan. Hasil tes bisa menunjukkan hasil yang salah apabila:

  • Anda tidak menggunakan urin yang dikeluarkan paling pagi sesaat setelah bangun tidur
  • Anda minum atau makan terlebih dahulu sebelum melakukan tes kehamilan
  • Tes kehamilan sudah kadaluarsa atau rusak
  • Anda terlalu cepat mengangkat strip tes kehamilan
  • Anda terlalu lama merendam strip tes kehamilan di dalam urin
  • Anda terlalu dini melakukan tes kehamilan

Hasil tes bisa menunjukkan negatif palsu, padahal sesungguhnya Anda hamil bila Anda terlalu dini melakukan tes kehamilan. Sekalipun hormon hCG bisa terdeteksi 10 hari setelah pembuahan, namun terkadang kadar hormon hCG masih terlalu rendah sehingga belum terdeteksi. Anda bisa menunggu hingga haid datang terlambat atau mengulanginya 1-2 minggu setelah haid tidak datang.

Hasil tes bisa menunjukkan positif palsu, yang artinya Anda tidak hamil namun tes menunjukkan positif hamil ketika Anda merendam strip kehamilan terlalu lama atau melebihi batas yang ditentukan. Di setiap alat test pack pada umumnya, ada garis kecil yang ditunjukkan dengan panah yang menandakan batas sample urin dan Anda harus mematuhinya.

Bolehkah minum obat sebelum melakukan tes kehamilan?

Obat-obatan seperti antibiotik, obat flu, pereda nyeri mungkin tidak akan mempengaruhi hasil tes kehamilan. Namun, bila Anda sedang mengonsumsi obat terkait dengan kesuburan maka hasil tes mungkin saja menunjukkan positif palsu. Sehingga apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang benar-benar akurat, sebaiknya tes dilakukan saat Anda tidak mengonsumsi obat kesuburan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Setelah hasil test pack menunjukkan positif hamil, Anda bisa mengonfirmasi kehamilan dengan mendapatkan pemeriksaan USG. Dan jangan lupa, agar kehamilan dan janin tetap sehat ikuti semua petunjuk dokter, konsumsi semua suplemen vitamin yang telah diresepkan oleh dokter sesuai usia kehamilan, makan makanan yang bernutrisi, dapatkan tidur cukup berkualitas, serta dapatkan NIPT test di trimester kehamilan untuk mendeteksi adanya kelainan genetik atau kecacatan yang bisa membahayakan kehamilan dan janin.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/home-pregnancy-test-with-salt#takeaway
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/pregnancy-test-with-salt#alternatives
  3. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9703-pregnancy-tests

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id