Cara Meraba Janin Usia 13 Minggu, Seperti Apa?
Kehamilan

Cara Meraba Janin Usia 13 Minggu, Seperti Apa?

September 19th 2022

Banyak ibu hamil yang ingin mengetahui bagaimana cara meraba janin usia 13 minggu. Sebagian perempuan mungkin merasakan adanya gerakan samar sejak usia kehamilan 13 minggu, meskipun biasanya janin baru aktif bergerak pada usia 17-20 minggu. Hal tersebut membuat banyak ibu hamil penasaran dan ingin segera menyentuh tubuh janin dalam kandungannya.

Ketika usia kehamilan 13 minggu, ini berarti Anda telah memasuki periode emas dalam trimester kedua kehamilan. Hal ini karena ada banyak hal yang mulai berkembang di usia kehamilan 13 minggu. Begitu pula perubahan dalam tubuh seorang perempuan.

Bagaimana cara meraba janin usia 13 minggu? Apa saja perubahan yang terjadi pada usia kehamilan 13 minggu? Simak penjelasan berikut.

Cara meraba janin usia 13 minggu yang benar

ilustrasi Cara meraba janin usia 13 minggu yang benar
Sumber gambar

Cara meraba janin usia 13 minggu tidaklah mudah. Kadang hal tersebut sama sekali tidak dapat dilakukan. Kondisi tersebut tergantung pada tiap ibu dan janin dalam kandungan. Ada yang telah menunjukkan penonjolan di perut sejak dini, ada pula yang tidak.

Akan tetapi, meraba janin di usia 13 minggu juga bukan merupakan hal yang mustahil. Sebagian orang dapat meraba janinnya di usia 13 minggu. Cara meraba janin usia 13 minggu adalah dengan melakukan teknik leopold pertama.

Apa itu leopold? Leopold adalah teknik yang digunakan untuk mengetahui letak dan presentasi (bagian terbawah) janin dalam kandungan. Teknik leopold sendiri terdiri dari 4 macam, yaitu:

  1. Mengukur tinggi fundus uteri
  2. Menentukan bagian yang ada di samping kanan dan kiri perut ibu
  3. Menentukan presentasi janin
  4. Menentukan apakah bagian terbawah janin sudah memasuki pintu atas panggul.

Pada dasarnya leopold 3 sampai 4 hanya bisa dilakukan ketika kehamilan memasuki trimester ketiga (mulai 26 minggu). Sedangkan, cara meraba janin usia 13 minggu adalah dengan mempraktikkan leopold 1, yaitu dengan sekaligus mengukur tinggi fundus uteri.

Cara meraba janin usia 13 minggu menggunakan leopold 1 sangat mudah. Cukup letakkan telapak tangan di daerah sekitar tulang kemaluan dan beri tekanan secara lembut. Rasakan penonjolan atau sensasi seperti adanya benda yang mengapung di dalam air. Apabila bisa merasakannya, maka itulah janin Anda.

Umumnya janin usia 13 minggu baru bisa teraba sebatas itu. Apabila terasa ukuran rahim atau janin lebih besar dari yang semestinya, Anda bisa memeriksakannya melalui pemeriksaan USG. Ada banyak tipe kelainan pada janin yang dapat dideteksi menggunakan USG dan pemeriksaan lain, seperti tes NIPT.

Perubahan pada usia kehamilan 13 minggu

ilustrasi Perubahan pada usia kehamilan 13 minggu
Sumber gambar

Setelah mengetahui cara meraba janin usia 13 minggu, Anda mungkin penasaran terhadap apa saja perubahan yang terjadi pada usia kehamilan 13 minggu. Seorang perempuan mungkin akan mengalami berbagai gejala di tubuh. Mulai dari rasa mual yang mereda, peningkatan frekuensi BAK, payudara yang semakin tegang, anggota tubuh selain perut ikut membengkak, dan sebagainya.

Sebenarnya tak hanya pada tubuh ibu, banyak perubahan terjadi pada tubuh janin. Banyak organ penting berkembang pesat di usia 13 minggu. Itulah mengapa usia kehamilan 13 minggu disebut periode emas di trimester kedua kehamilan seseorang.

Pada usia kehamilan 13 minggu, janin berukuran sekitar panjang 7.4cm, berat 25 gram, yaitu seperti satu buah peach. Janin sudah mulai bergerak di usia 3 minggu, namun masih sangat jarang dan lemah. Tidak semua orang dapat merasakan gerakan tersebut dari luar, selain ibu si janin sendiri. Janin baru akan bergerak secara aktif dan tampak dari luar mulai usia 17 minggu.

Beberapa organ dalam janin mulai berkembang pesat di usia 13 minggu. Organ seksual merupakan salah satu yang mengalami maturasi sejak dini, yaitu baik testis maupun ovarium. Itulah mengapa Anda sudah mulai bisa menanyakan jenis kelamin janin saat pemeriksaan USG, meskipun ada banyak faktor pula yang menyebabkan jenis kelamin bisa terlihat atau tidak.

ilustrasi ibu hamil 13 minggu
Sumber gambar

Pada usia kehamilan 13 minggu, ibu hamil akan semakin merasakan kehadiran janin. Sedangkan, janin akan semakin berkembang baik dari segi ukuran maupun kualitas. Oleh karena itu, penting untuk terus memperhatikan nutrisi dan stimulasi dalam kandungan.

Pemeriksaan berkala pun semakin penting dilakukan seiring dengan berjalannya usia kehamilan. Baik pemeriksaan rutin dengan USG maupun yang tidak rutin seperti tes NIPT. Berbagai pemeriksaan tersebut akan membuat Anda tahu lebih awal terhadap kelainan yang mungkin terjadi pada janin sehingga dapat melakukan penanganan sedini mungkin.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Nah, demikian merupakan cara meraba janin usia 13 minggu dan perubahan dalam tubuh selama usia kehamilan 13 minggu. Jangan merasa cemas bila Anda belum bisa meraba dan merasakan gerakan janin karena itu adalah hal yang normal di usia kehamilan yang masih sangat muda. Konsultasikan segala keluhan dan pertanyaan yang masih mengganggu pikiran kepada dokter kandungan sehingga Anda dapat menjalani masa kehamilan dengan lebih baik dan nyaman.

Sumber:

  1. https://www.nhs.uk/start4life/pregnancy/week-by-week/2nd-trimester/week-13/
  2. https://www.medicinenet.com/can_you_feel_the_baby_at_13_weeks/article.htm

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id