Tak Perlu Bingung, Begini Cara Menghilangkan Batuk pada Ibu Hamil
Kehamilan

Tak Perlu Bingung, Begini Cara Menghilangkan Batuk pada Ibu Hamil

September 1st 2022

Batuk merupakan sebuah gejala yang menandakan adanya suatu penyakit dalam tubuh. Penyakit tersebut umumnya bersifat ringan, meski ada beberapa kasus yang harus diwaspadai. Sebagian besar orang meremehkan dan cenderung membiarkan gejala tersebut. Akan tetapi, jika tidak segera reda, batuk juga dapat mengganggu produktivitas.

Batuk terus-menerus di malam hari dapat membuat Anda terjaga sewaktu-waktu sehingga mengurangi kualitas tidur. Proses batuk sendiri menghasilkan tekanan di area rongga dada dan rongga perut, sehingga cukup membuat lelah, terutama bagi ibu hamil. Tidak heran banyak ibu hamil yang berusaha mencari cara menghilangkan batuk pada ibu hamil secepat mungkin.

Ibu hamil merupakan salah satu golongan orang yang akan sangat terganggu ketika batuk. Anda sendiri juga mungkin khawatir apabila tekanan di rongga perut akan mengganggu kandungan. Tak hanya itu, ibu hamil yang seharusnya meluangkan cukup waktu untuk beristirahat, menjadi tidak memiliki waktu istirahat yang berkualitas.

Lalu bagaimana cara menghilangkan batuk pada ibu hamil dengan cepat? Simak penjelasan mengenai cara menghilangkan batuk pada ibu hamil berikut.

Cara menghilangkan batuk pada ibu hamil tanpa obat

ilustrasi cara menghilangkan batuk pada ibu hamil tanpa obat
Sumber gambar

Obat adalah salah satu hal yang paling dihindari oleh ibu hamil, meski sebenarnya tak semua obat berbahaya bagi ibu hamil. Tak heran ketika sakit, banyak ibu hamil mencari terapi herbal daripada obat-obatan kimia. Sebenarnya, cara herbal pun tidak selalu baik bagi kesehatan.

Ada banyak cara untuk mengatasi batuk pada kehamilan. Apabila batuk yang Anda rasakan belum terlalu mengganggu, coba gunakan beberapa cara menghilangkan batuk pada ibu hamil berikut.

Istirahat cukup

Istirahat yang cukup akan membantu organ dalam tubuh untuk memperbaiki diri ketika sakit. Sel membutuhkan waktu untuk melakukan regenerasi. Oleh karena itu, sempatkan tidur 8 jam sehari, istirahatlah di siang hari, dan jangan terlalu banyak bergerak terlebih dahulu ketika sedang sakit.

Penuhi kebutuhan cairan

Apabila Anda tidak memiliki penyakit jantung atau ginjal, maka minumlah yang banyak. Anda bisa meminum air putih, susu, maupun jus buah. Kebutuhan cairan yang selalu tercukupi akan membuat tubuh tidak lemas dan cepat pulih.

Makan bergizi

ilustrasi ibu hamil makan bergizi
Sumber gambar

Konsumsilah makanan bergizi seimbang, yaitu yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral sesuai kadar kebutuhan. Akan tetapi, dalam kondisi sakit, perbanyak asupan protein dan vitamin. Protein akan membantu percepatan regenerasi sel sementara vitamin (terutama vitamin C) akan meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi.

Kumur air garam

Batuk kadang disertai dengan nyeri tenggorokan. Kumur garam dapat mengurangi rasa nyeri dan meredakan radang di saluran napas atas. Air garam dikenal memiliki efek antibakterial yang cukup tinggi sehingga dapat mengurangi jumlah bakteri maupun virus dalam saluran napas atas.

Hindari alergen

Apabila batuk yang Anda alami memiliki karakteristik tertentu (misal terjadi setiap pagi hari), mungkin saja itu adalah alergi. Jauhkan diri Anda dari alergen atau pencetus, misalnya debu dan hewan peliharaan. Jika memang karena debu, Anda dapat langsung mengepel lantai tanpa menyapunya agar debu tidak semakin bertebaran. Anda juga perlu menjaga tubuh dari udara dingin dengan mengenakan pakaian yang agak tebal.

Cara menghilangkan batuk pada ibu hamil dengan obat

ilustrasi cara menghilangkan batuk pada ibu hamil dengan obat
Sumber gambar

Apakah Anda termasuk orang yang sama sekali menghindari obat-obatan selama hamil? Memang sebagian besar obat dapat menembus plasenta sehingga memberikan efek samping pada janin, namun sebagian kecil tidak demikian. Oleh karena itu, penting untuk melihat kategori obat tersebut, entah pada kemasan, atau dengan mencari informasi di internet. Saat ini, ada banyak website yang menyediakan guideline terapi dan informasi akurat seputar obat-obatan, seperti mims.

Lalu apa saja obat batuk yang boleh dikonsumsi ibu hamil? Berikut adalah cara menghilangkan batuk pada ibu hamil menggunakan beberapa obat-obatan.

Gunakan paracetamol

Paracetamol adalah salah satu obat yang sangat aman bagi hampir semua golongan manusia. Anda dapat menggunakan paracetamol untuk mengatasi nyeri tenggorokan atau demam. Paracetamol hampir tidak memiliki efek samping, kecuali gangguan fungsi hati, itu pun tidak signifikan apabila Anda tidak menderita gangguan hati sebelumnya.

Gunakan dextromethorphan

Dextromethorphan dapat digunakan bila Anda mengalami batuk kering. Sediaan yang umum adalah sirup ataupun tetes. Rata-rata obat batuk dengan kandungan ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Gunakan dekongestan

Apabila hidung terasa buntu, Anda bisa menggunakan dekongestan untuk melegakannya. Salah satu dekongestan yang cukup aman bagi ibu hamil adalah xylometazoline atau oxymetazoline. Gunakan obat tersebut sesuai aturan pakai, maksimal 3 kali dalam sehari. Penggunaan dekongestan berlebihan dapat berakibat buruk bagi tubuh.

Hindari pseudoefedrin

Pesudoefedrin memiliki efek melegakan saluran napas yang tersumbat. Hal itu karena pseudoefedrin melebarkan saluran napas, namun kebalikannya, ia juga mempersempit pembuluh darah. Hal ini tentu mengakibatkan aliran darah ke janin berkurang. Sebaiknya Anda menghindari obat yang mengandung pseudoefedrin atau komunikasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Setelah mengikuti cara menghilangkan batuk pada ibu hamil tersebut, seharusnya batuk yang Anda rasakan sudah mulai teratasi. Apabila batuk dirasakan semakin parah, sebaiknya Anda pergi ke dokter. Beberapa penyakit tak boleh dibiarkan berlarut-larut karena dapat mengganggu perkembangan janin. Apabila Anda khawatir terhadap perkembangan atau adanya kelainan pada janin, lakukanlah pemeriksaan seperti USG dan NIPT Test.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Semoga penjelasan mengenai cara menghilangkan batuk pada ibu hamil di atas dapat membantu Anda menjaga kebugaran dan kesehatan selama hamil. Sebab tubuh yang sehat tentu akan memberikan lingkungan yang optimal bagi perkembangan janin, bukan?

Sumber:

  1. https://www.nygh.on.ca/areas-care/maternal-newborn-and-paediatric-care/pregnancy-and-birth/guide-pregnancy-and-birth/during-pregnancy/coughs-and-colds-pregnancy

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id