Tak Perlu Bingung, Ini Cara Menggunakan Tespek dengan Tepat
Kehamilan

Tak Perlu Bingung, Ini Cara Menggunakan Tespek dengan Tepat

Agustus 18th 2022

Cara menggunakan tespek sebenarnya cukup mudah, Anda bisa mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera di kemasan tespek. Salah menggunakan tespek dapat menyebabkan kesalahan hasil bacaan, yang memberikan hasil positif palsu maupun negatif palsu.

Tanda-tanda kehamilan bisa sangat beragam, dan berbeda-beda antara wanita yang satu dan lainnya. Ada wanita yang merasakan mual dan muntah yang cukup parah, ada pula yang tidak. Di antara banyak tanda dan gejala kehamilan, seorang wanita pastinya akan merasakan beberapa di antaranya, salah satunya terlambat haid.

Namun tahukah Anda, bahkan ketika menstruasi datang terlambat, Anda mungkin juga masih merasa ragu, apakah ini terlambat haid biasa atau kehamilan. Untuk mengonfirmasi tanda-tanda ini, Anda bisa melakukan tes kehamilan dengan menggunakan tespek. Tes kehamilan tespek adalah tes kehamilan yang paling praktis dan sangat terjangkau. Tes ini juga dengan mudah bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus mengunjungi dokter atau klinik ibu dan anak.

Tespek untuk mendeteksi kehamilan, bagaimana cara kerjanya?

ilustrasi cara kerja tespek
Sumber gambar

Tes kehamilan dengan tespek memberikan informasi yang terbatas terkait konfirmasi tanda kehamilan. Bila Anda ingin mengetahui jenis kelamin atau kondisi kesehatan janin, Anda bisa mendapatkan pemeriksaan USG atau NIPT test yang juga sekaligus bisa mendeteksi adanya kelainan kromosom pada janin.

Tespek dapat mendeteksi kehamilan dengan mengenali hormon hCG (disebut juga hormon kehamilan) melalui sampel urin. Hormon hCG adalah hormon yang hanya diproduksi oleh tubuh wanita ketika wanita tersebut hamil, dan ada pembuahan yang terjadi di dalam tubuh. Hormon ini tidak akan muncul bila tidak terjadi pembuahan.

Kadar hormon hCG dapat dideteksi melalui urin paling cepat delapan hari setelah terjadinya pembuahan. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, sebaiknya Anda melakukan tespek setidaknya seminggu setelah haid tidak datang. Tes yang mengklaim dapat memberikan hasil 97-99% akurasi ini sangat praktis dan tidak menyebabkan rasa sakit, karena sampel yang digunakan adalah urin yang keluar dari tubuh Anda.

Cara menggunakan tespek yang benar

ilustrasi cara menggunakan tespek dengan benar
Sumber gambar

Tespek banyak diminati orang karena bisa dibeli bebas tanpa harus mendapatkan resep terlebih dahulu dari dokter. Saat menjalani program hamil, Anda bisa membeli tespek guna mengetahui tanda dan gejala yang mungkin adalah tanda kehamilan.

Harga tespek saat ini juga sangat beragam, Anda bisa membeli tespek dengan harga yang sangat terjangkau. Perbedaan harga tespek umumnya terletak pada sensitivitas pendeteksian hormon hCG dan juga teknologi yang digunakan pada alat tespek tersebut. Tespek digital mungkin harganya akan lebih mahal dibandingkan tespek biasa, karena tespek digital dapat digunakan lebih dari satu kali.

Tespek yang paling umum digunakan adalah yang berbentuk stik, yang memiliki garis pembatas sebagai pembatas sampel urin. Pada stik ini juga ada indikator yang akan menunjukkan apakah Anda hamil (+) atau tidak hamil (-).

Aturan penting yang perlu diikuti agar tespek tidak menunjukkan hasil tes yang salah

Sebelum melakukan tespek, Anda harus tahu bahwa ada beberapa aturan penting yang wajib diikuti. Aturan ini sangat berpengaruh terhadap hasil pembacaan tespek, termasuk hasil tes negatif palsu ataupun positif palsu.

  1. Sebelum menggunakan tespek, periksa terlebih dahulu tanggal kadaluarsa alat tes. Tespek yang sudah kadaluarsa akan mempengaruhi hasil bacaan tes kehamilan
  2. Selain tanggal kadaluarsa, Anda juga harus memeriksa apakah ada kerusakan pada alat tes, misalnya seperti stik yang cacat atau mengelupas
  3. Lakukan tes hanya di pagi hari, menggunakan urin yang pertama kali keluar di pagi hari
  4. Jangan minum apapun sebelum melakukan tes, bahkan air putih. Air minum (apapun itu) akan mempengaruhi kepekatan hormon hCG, yang dapat mengacaukan hasil tespek. Saat bercampur dengan air, hCG akan larut dan alat tespek Anda mungkin tidak dapat mendeteksinya
  5. Celupkan stik tespek sesuai dengan garis batas, jangan melampaui garis agar hasilnya akurat
  6. Celupkan stik tespek ke dalam sampel urin selama 5 hingga 10 detik, atau sesuai dengan waktu yang tertera di kemasan. Mencelupkan terlalu cepat atau terlalu lama akan menyebabkan hasil tes menjadi salah
  7. Jangan meninggalkan tespek terlalu lama di dalam wadah urin, yang dapat menyebabkan hasil positif palsu pada alat tes

Kesalahan yang mempengaruhi hasil pembacaan tespek

ilustrasi membaca tespek
Sumber gambar

Walaupun memiliki tingkat akurasi yang tinggi, kesalahan dalam penggunaan tespek dapat menyebabkan hasil negatif palsu ataupun positif palsu. Hasil negatif palsu akan muncul apabila sebenarnya Anda hamil, namun tespek menunjukkan tidak hamil. Sebaliknya, hasil positif palsu akan muncul apabila Anda tidak hamil namun karena kesalahan penggunaan tespek, alat justru menunjukkan bahwa Anda sedang hamil.

Penyebab hasil tespek positif palsu

Walaupun jarang ditemukan, namun hasil positif palsu bisa muncul apabila Anda salah dalam menggunakan alat tespek, misalnya seperti:

  • Anda menggunakan tespek sesaat setelah keguguran, di mana kadar hormon hCG mungkin masih ada dan masih bisa terdeteksi, namun kehamilan sudah terhenti
  • Anda mengalami kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)
  • Anda menggunakan tespek setelah mengonsumsi obat untuk meningkatkan kesuburan yang biasanya juga mengandung hCG
  • Anda merendam alas tespek terlalu lama di dalam urin

Penyebab hasil tespek negatif palsu

Tespek Anda juga mungkin menunjukkan hasil negatif palsu, padahal sebenarnya Anda benar-benar hamil. Hasil negatif palsu ini bisa muncul karena beberapa hal, misalnya seperti:

  • Anda melakukan tespek terlalu cepat, di mana kadar hormon hCG mungkin belum benar-benar terdeteksi. Untuk hasil yang lebih akurat sebaiknya lakukan tes paling cepat seminggu setelah haid datang terlambat. Bila tanda-tanda kehamilan lain muncul namun hasil tes masih menunjukkan negatif, maka sebaiknya ulangi tes seminggu kemudian, atau dapatkan tes kehamilan dengan tes darah
  • Terlalu cepat mengangkat stik tespek juga dapat menyebabkan hasil negatif palsu, di mana urin mungkin belum sepenuhnya masuk mencapai garis indikator. Baca aturan penggunaan terlebih dahulu sebelum menggunakan alat tespek dan ikuti berapa lama seharusnya Anda merendam alat tes kehamilan Anda di dalam sampel urin
  • Hasil negatif palsu juga mungkin disebabkan oleh hormon hCG yang telah terurai akibat Anda minum terlebih dahulu sebelum melakukan tes kehamilan. Hal ini seringkali ditemukan ketika seseorang berharap urin bisa lebih banyak agar bisa melakukan tespek. Perlu Anda ketahui bahwa tidak diperlukan terlalu banyak urin untuk melakukan tespek, cukup kumpulkan dalam wadah yang kecil dan celupkan alat tes setinggi batas garis sampel
  • Anda juga mungkin mendapatkan hasil negatif palsu ketika tidak menggunakan sampel urin pertama di pagi hari, di mana kadar hCG sangat mungkin sudah tercampur dengan berbagai minuman dan makanan yang Anda konsumsi sehingga hasilnya sulit dideteksi

Hasil tespek menunjukkan positif, langkah apa yang harus dilakukan?

Setelah hasil tespek Anda menunjukkan positif, maka langkah selanjutnya adalah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan USG. Pemeriksaan USG setelah hasil tespek positif berguna untuk mengonfirmasi kehamilan serta mengetahui posisi embrio, apakah tertanam dengan benar di rahim atau di luar rahim.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Ketika kehamilan sudah dikonfirmasi dan hasil pemeriksaan menunjukkan kehamilan dan janin dalam kondisi sehat, maka Anda bisa mengikuti petunjuk selanjutnya dari dokter Anda.

Sumber:

  1. https://www.verywellfamily.com/when-is-the-best-time-to-take-an-early-pregnancy-test-1960163
  2. https://medlineplus.gov/lab-tests/pregnancy-test/
  3. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/home-pregnancy-tests/art-20047940

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id