Begini Cara Mengetahui Kehamilan Setelah Berhubungan
Kehamilan

Begini Cara Mengetahui Kehamilan Setelah Berhubungan

Agustus 22nd 2022

Kehamilan merupakan suatu peristiwa yang dinantikan oleh banyak pasangan. Tak jarang orang yang ingin langsung memiliki anak setelah menikah. Sebagian dari mereka bahkan melakukan program kehamilan langsung setelah menikah.

Tidak mengherankan bila banyak orang mencari cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan. Sebenarnya, secara umum seorang perempuan akan hamil tidak lebih dari setahun setelah menikah. Hal tersebut tentu bila sepasang suami istri berhubungan secara rutin (3-4 kali dalam seminggu) tanpa menggunakan pengaman.

Akan tetapi, memperoleh kehamilan juga bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, bisa dari pihak laki-laki, pihak perempuan, maupun dari lingkungan sekitar. Terkadang hubungan seks yang rutin, namun di waktu yang tidak tepat, tidak mudah menghasilkan pembuahan. Anda perlu menghitung masa subur dan merencanakan dengan matang hal yang harus dilakukan pada saat itu.

Lalu seberapa cepat pembuahan terjadi setelah berhubungan? Apakah ada cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan seksual? Berikut adalah cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan yang dapat Anda praktikkan di rumah.

Cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan melalui gejala

ilustrasi cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan melalui gejala
Sumber gambar

Pembuahan dapat terjadi kapan saja setelah berhubungan. Pembuahan paling cepat terjadi seketika ketika berhubungan dan paling lama tidak lebih dari 24 jam setelah berhubungan. Sel telur yang telah dibuahi sperma kemudian akan segera bergerak menuju rahim untuk melakukan implantasi (nidasi).

Pada saat implantasi inilah biasanya kehamilan mulai terdeteksi. Berbagai gejala dini terjadi pada saat implantasi, yaitu sekitar 6-10 hari setelah pembuahan. Oleh karena itu, Anda baru dapat memperhatikan gejala sedini mungkin sekitar 6 hari setelah berhubungan.

Nah, bagaimana cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan? Inilah gejala yang mungkin Anda alami 6 hari setelah berhubungan.

Flek darah

Flek darah merupakan gejala paling dini yang sering salah diartikan sebagai menstruasi. Darah yang keluar sangat sedikit seperti titik-titik kecil dan peristiwa ini sering disebut spotting. Flek darah adalah efek dari terjadinya implantasi janin pada dinding rahim.

Anggap saja Anda menancapkan sesuatu ke dinding rahim. Hal itu membuat sebagian kecil dinding rahim luruh dan keluar sebagai darah. Peristiwa ini tidak berbahaya, namun merupakan sinyal agar Anda lebih banyak beristirahat karena kehamilan sedang berada di tahap paling awal dan rentan.

Kram perut

ilustrasi keram perut
Sumber gambar

Kram pada perut bagian bawah biasanya muncul bersamaan dengan flek. Kram dan flek sama-sama merupakan dampak dari terjadinya implantasi. Penanaman janin pada dinding rahim akan membuat dinding rahim kontraksi dan tegang untuk sementara waktu.

Rasa kram akan sama persis dengan dysmenorrhea (nyeri sebelum menstruasi). Hal ini juga yang sering salah diartikan sebagai gejala sebelum menstruasi, padahal Anda sedang berada pada tahap awal kehamilan.

Rasa lelah

Pada awal terjadi pembuahan dan implantasi, tubuh akan mengeluarkan berbagai hormon dalam kadar yang beragam. Hormon tersebut berfungsi untuk mempersiapkan tubuh dalam menampung janin selama 9 bulan. Perubahan hormon dan adanya beban pada rahim inilah yang membuat Anda sering merasa kelelahan.

Ketiga cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan tersebut tidak selalu dirasakan oleh semua perempuan. Kadang, mereka merasakan hal tersebut sebagai sesuatu yang samar sehingga jarang yang menyadarinya. Sebagian malah mengartikannya sebagai gejala sebelum menstruasi sehingga terlambat menyadari kehamilan.

Cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan melalui pemeriksaan fisik

ilustrasi cara menggunakan alat tes kehamilan
Sumber gambar

Selain cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan melalui gejala, Anda bisa melakukan pemeriksaan secara mandiri di rumah. Cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan melalui pemeriksaan fisik cukup mudah dan praktis. Anda hanya memerlukan tangan, termometer, dan kalender untuk melakukannya. Berikut cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan melalui pemeriksaan fisik.

Pembesaran payudara

Perubahan hormonal dalam tubuh ketika hamil juga mengubah payudara. Coba raba payudara Anda dan rasakan apakah ada perbedaan. Perempuan yang sedang hamil umumnya mengalami payudara yang bertambah besar, agak bengkak, dan terasa lebih lembut.

Peningkatan suhu basal tubuh

Umumnya, suhu tubuh perempuan akan meningkat (dibandingkan dengan suhu pada hari biasanya) saat ovulasi dan kembali normal bila tidak terjadi pembuahan. Apabila suhu tubuh Anda tetap meningkat bahkan setelah melewati masa subur, maka kemungkinan telah terjadi pembuahan. Suhu tubuh akan meningkat untuk beberapa minggu di awal kehamilan sebelum kembali normal.

Terhentinya siklus menstruasi

Cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan selanjutnya adalah dengan memperhatikan siklus menstruasi. Tentu ini bukan tanda yang paling awal. Terhentinya siklus menstruasi biasanya baru diketahui pada seminggu awal setelah pembuahan. Akan tetapi, menstruasi yang tidak kunjung hadir merupakan tanda cukup kuat dari kehamilan.

Itulah beberapa cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan. Apabila mencurigai diri Anda telah hamil setelah berhubungan, sebaiknya tunggulah hingga terlambat menstruasi untuk melakukan pemeriksaan test pack mandiri. Akan tetapi, jika ingin mengetahui lebih awal lagi, datanglah ke dokter kandungan.

Dokter mungkin akan melakukan USG dan menyarankan Anda melakukan beberapa pemeriksaan seperti lab darah. Jika positif hamil, ada beberapa pemeriksaan lain yang juga sebaiknya Anda coba lakukan, seperti NIPT Test. Rangkaian pemeriksaan tersebut cukup penting untuk mendeteksi kehamilan dan adanya kelainan sedini mungkin.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Demikian cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan. Tidak banyak orang yang menyadari kehamilan langsung setelah berhubungan meskipun hal tersebut cukup penting. Ingatlah bahwa dengan mengetahui kehamilan sedini mungkin, Anda dapat melakukan intervensi sedini mungkin untuk kesehatan dan perkembangan janin.

Sumber:

  1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322696#earliest-signs-of-pregnancy
  2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/how-long-does-it-take-to-get-pregnant-after-sex#implantation

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id