Cara Mengetahui Kehamilan Melalui Denyut Nadi, Apakah Akurat?
Kehamilan

Cara Mengetahui Kehamilan Melalui Denyut Nadi, Apakah Akurat?

Agustus 1st 2022

Cara mengetahui kehamilan melalui denyut nadi telah dipraktekkan oleh sebagian orang. Dikatakan bahwa untuk mendeteksi kehamilan, Anda bisa merasakannya melalui pembuluh darah yang menonjol di bagian leher.

Ada banyak cara untuk mengetahui adanya kehamilan, salah satunya yang paling mudah dan praktis dilakukan di rumah adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan (test pack). Tes kehamilan di rumah diklaim dapat mendeteksi kehamilan awal hingga 97-99%, selama alat tes digunakan dengan benar, sesuai dengan petunjuk pemakaian.

Selain mengetahui kehamilan melalui test pack, Anda juga bisa mengetahuinya melalui tes darah di laboratorium, yang jauh lebih akurat dan nyaris tanpa kesalahan. Tes darah ini bahkan juga bisa digunakan untuk mendeteksi berapa banyak kadar hCG di dalam darah yang sangat bermanfaat menentukan kondisi kesehatan kehamilan. Kadar hCG yang terlalu rendah atau terlalu tinggi seringkali dikaitkan dengan adanya problem kehamilan.

Kadar hCG yang terlalu rendah seringkali terkait dengan keguguran (berakhirnya kehamilan yang sangat dini), ovum tidak berkembang, atau kehamilan ektopik. Sedangkan kadar hCG yang terlalu tinggi terkadang menunjukkan adanya kehamilan abnormal seperti memiliki bayi kembar, penggunaan obat kesuburan, perhitungan usia kehamilan yang salah atau mungkin juga problem kehamilan seperti sindrom down. Saat ini, problem kehamilan seperti sindrom down yang disebabkan kelainan genetik telah dapat dideteksi sejak dini menggunakan NIPT test mulai usia kehamilan 10 minggu. Anda tidak harus menunggu sampai kehamilan berkembang terlalu besar untuk mengetahui adanya problem kehamilan sehingga dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan.

Cara mengetahui kehamilan melalui denyut nadi seperti apa sih?

ilustrasi seperti apa cara mengetahui kehamilan melalui denyut nadi
Sumber gambar

Selain cara di atas, ada beberapa cara lain yang digunakan sebagian orang yang menjalani program hamil untuk mengetahui kehamilan. Cara ini disebut sebagai cara tradisional yang bisa dilakukan secara sederhana dengan minim peralatan, seperti misalnya tes kehamilan dengan air garam, mengetahui kehamilan melalui perubahan fisik dan wajah, hingga cara mengetahui kehamilan melalui denyut nadi.

Normalnya, menurut American Heart Association, denyut nadi wanita dewasa berkisar dari 60-100 per menit, namun selama kehamilan denyut nadi wanita cenderung meningkat hingga 10,15, atau 20 denyut lebih banyak per menitnya. Peningkatan ini biasanya dirasakan sejak trimester pertama dan akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Apabila Anda penasaran ingin tahu bagaimana cara orang mengetahui kehamilan melalui menghitung denyut nadi, maka Anda bisa mengikuti cara berikut:

  1. Denyut nadi dengan mudah bisa dirasakan di pergelangan tangan atau leher. Anda bisa berusaha menemukannya terlebih dahulu baik di pergelangan tangan atau di leher.
  2. Untuk mengetahui denyut nadi di tangan, balikkan satu tangan sehingga telapak tangan menghadap ke atas.
  3. Gunakan tangan lain untuk meletakkan dua ujung jari dengan lembut di lipatan pergelangan tangan. Bila posisinya tepat Anda akan merasakan denyut jantung Anda berdetak
  4. Demikian juga bila Anda ingin merasakannya di leher, Anda bisa menggunakan dua jari dan menekan dengan lembut dua ujung jari ke sisi leher dan merasakan denyutannya
  5. Langkah selanjutnya adalah menggunakan bantuan jam untuk menghitung berapa banyak denyut jantung Anda dalam 30-60 detik
  6. Normalnya denyut jantung berkisar 60-100 denyut per 60 detik, dan jika denyut jantung lebih dari itu mungkin menandakan bahwa Anda hamil

Bukan selalu kehamilan, ini penyebab meningkatnya denyut nadi

ilustrasi meningkatnya denyut nadi
Sumber gambar

Meningkatnya denyut nadi selama kehamilan terkadang adalah salah satu gejala kehamilan yang normal. Selama kehamilan, jumlah darah di dalam tubuh akan meningkat drastis sebagai usaha tubuh untuk mempersiapkan kehamilan. Akhirnya, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa kelebihan darah di dalam tubuh untuk juga disalurkan ke janin. Kerja keras jantung inilah yang menyebabkan peningkatan denyut nadi, yang bisa Anda rasakan di titik-titik nadi seperti pergelangan tangan dan juga leher.

Jadi sebenarnya, mengetahui kehamilan melalui denyut nadi bukanlah cara yang tepat dan akurat. Bahkan walaupun Anda mungkin memang benar sedang hamil, peningkatan denyut nadi bisa jadi disebabkan oleh kondisi kesehatan lain, misalnya seperti berikut:

  • Anemia – selain darah, cairan di dalam tubuh juga cenderung meningkat selama kehamilan sehingga menyebabkan jumlah sel darah merah menjadi lebih sedikit (anemia), akibatnya kondisi ini turut mempengaruhi peningkatan denyut nadi di dalam tubuh.
  • Kecemasan atau depresi – terlalu cemas dalam memikirkan kehamilan seringkali menyebabkan peningkatan denyut nadi, yang terkadang salah dikenali sebagai tanda kehamilan awal.
  • Konsumsi kafein – mengonsumsi minuman berkafein seperti teh, coklat atau kopi berisiko menyebabkan peningkatan denyut nadi.
  • Dehidrasi – ketika elektrolit tubuh Anda tidak seimbang, maka perubahan denyut nadi mungkin terjadi.
ilustrasi berolahraga
Sumber gambar
  • Kelebihan berat badan dan obesitas – wanita dengan kelebihan badan atau obesitas berisiko mengalami denyut nadi yang tidak teratur yang apabila tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan berkembangnya penyakit jantung.
  • Perubahan hormon – perubahan hormon seperti peningkatan estrogen yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan peningkatan denyut nadi.
  • Hipoglikemia – saat kadar gula darah di dalam tubuh menurun, selain pusing Anda juga dapat merasakan denyut nadi yang lebih cepat.
  • Tekanan darah rendah – turunnya tekanan darah umum dialami oleh ibu hamil, yang juga dapat menyebabkan peningkatan denyut nadi.
  • Kondisi penyakit tertentu seperti aritmia, miokarditis, problem tiroid dan juga problem katup jantung juga dapat meningkatkan denyut nadi, sehingga Anda mungkin perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut bila merasakan adanya peningkatan denyut nadi yang tidak berhubungan dengan kehamilan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Baik sedang hamil maupun tidak hamil, peningkatan denyut nadi yang mempengaruhi kegiatan sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja. Periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara penanganan yang benar. Untuk memastikan kehamilan, sebaiknya juga menggunakan cara lain yang lebih akurat seperti test pack, tes darah atau juga pemeriksaan USG.

Sumber:

  1. https://www.livestrong.com/article/191131-how-to-calculate-heart-rate-during-pregnancy/
  2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/calculating-my-target-heart-rate#-Does-My-Target-Heart-Rate-Change-During-Pregnancy?
  3. https://www.medicalnewstoday.com/articles/heart-rate-during-pregnancy#abnormal-heart-rate
  4. https://medlineplus.gov/lab-tests/pregnancy-test/
  5. https://www.medicalnewstoday.com/articles/258118#heart_rate_monitors
  6. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21941-heart-palpitations-in-pregnancy

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id