Simpel tapi Ampuh, Begini Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut
Kehamilan

Simpel tapi Ampuh, Begini Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

Mei 25th 2022

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut mungkin adalah cara yang tidak umum untuk dilakukan. Tetapi faktanya perubahan fisik pada perut ketika hamil dapat membantu mengetahui kondisi kehamilan Anda.

Kehamilan adalah salah satu momen bahagia yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri, khususnya yang telah menantikannya sejak lama. Kehamilan dapat terjadi ketika sperma membuahi sel telur yang telah dilepaskan dari ovarium selama ovulasi. Telur yang dibuahi kemudian akan bergerak turun ke rahim di mana ia akan menempel di sana dan sel-sel di dalamnya membelah diri menjadi janin.

Rata-rata usia kehamilan penuh berlangsung selama 40 minggu, namun tidak semua wanita mengalami usia kehamilan dan waktu persalinan yang sama. Beberapa di antaranya mungkin harus bersalin lebih dini karena kondisi kesehatan ibu dan janin. Inilah mengapa menjalani skrining pada masa awal kehamilan dan memantau perkembangan kondisi dan janin serta ibu dari minggu ke minggu sangatlah penting.

Skrining para masa awal kehamilan berguna untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya kelainan genetik pada janin, dan mencegah problem yang berkembang saat hamil. Skrining ini dikenal dengan istilah tes prenatal noninvasif atau NIPT test. Tes ini dilakukan dengan menguji dan menganalisis fragmen kecil DNA yang beredar dalam darah wanita hamil.

Tes ini memungkinkan untuk mengetahui apakah ada kelainan kromosom yang disebabkan salinan tambahan atau hilangnya aneuploidi dari suatu kromosom. Setelah menjalani tes ini, Anda bisa berlega hati bila hasilnya tidak menunjukkan adanya kelainan kromosom, Anda pun dapat lebih fokus pada perkembangan kehamilan Anda.

Tanda-tanda kehamilan yang paling sering dirasakan

ilustrasi tanda kehamilan
Sumber gambar

Tanda kehamilan yang dirasakan setiap orang bisa saja tidak sama. Tanda-tanda berikut adalah yang paling umum dirasakan:

Morning sickness

Morning sickness adalah rasa mual yang tidak selalu disertai dengan muntah, yang bisa terjadi sepanjang hari. Umumnya morning sickness dirasakan pada dua bulan awal usia kehamilan. Seiring usia kehamilan morning sickness bisa hilang atau memburuk, tergantung pada kondisi tubuh Anda.

Hiperemesis gravidarum adalah gangguan yang tidak biasa di mana mual dan muntah ekstrim terus menerus terjadi selama kehamilan. Kondisi ini berisiko menyebabkan dehidrasi sehingga mungkin Anda membutuhkan perawatan dan pengobatan untuk mengendalikannya.

Payudara yang membengkak dan lembek

Di awal usia kehamilan, hormon mempengaruhi payudara dan menyebabkannya menjadi lebih sensitif dan nyeri. Anda mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman ketika tidur tengkurap atau berolahraga, sehingga ada baiknya untuk mengganti bra dengan yang lebih nyaman.

Mudah lelah

Kelelahan menjadi salah satu tanda utama kehamilan, di mana di trimester pertama Anda mudah merasa mengantuk dan lelah. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang terjadi di kehamilan.

Sering buang air kecil

ilustrasi sering buang air kecil
Sumber gambar

Adanya peningkatan aliran darah di dalam tubuh selama kehamilan menyebabkan ginjal memproses cairan ekstra yang kemudian akan disimpan di kandung kemih. Hal ini membuat Anda jadi ingin sering buang air kecil karena merasa kandung kemih sudah penuh hanya dalam beberapa saat.

Rasa ingin buang air kecil ini juga terkadang terjadi di malam hari, sehingga Anda mungkin akan merasa lebih mengantuk dan kelelahan keesokan harinya.

Perubahan suasana hati

Banjirnya hormon di dalam tubuh ketika hamil menyebabkan perubahan suasana hati. Anda mungkin akan lebih mudah terharu, sedih, bahagia, atau marah dalam waktu yang sangat singkat.

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut

ilustrasi cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut istri
Sumber gambar

Selain tanda-tanda di atas, Anda juga dapat mengamati perubahan fisik terutama dengan memegang perut untuk mengetahui adanya kehamilan. Seperti apa sih caranya?

Ukuran perut yang menandakan kehamilan vs lemak

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut yang pertama adalah dengan merasakannya, apakah itu lembut dan lembek atau justru terasa keras.

Ukuran perut yang membesar karena lemak dan kehamilan tidak sama. Perut yang membesar karena lemak umumnya terasa lembut dan lembek ketika dipegang. Selain itu, Anda mungkin juga akan mengalami kelebihan berat badan dan perubahan ukuran bagian tubuh lain seperti paha dan lengan, karena lemak tidak terkonsentrasi di daerah perut saja.

Sedangkan perut yang membesar karena kehamilan disebabkan karena pertumbuhan rahim, yang akan menyebabkan adanya tekanan pada perut. Ketika Anda memegangnya, Anda mungkin merasakan sedikit rasa yang keras di sekitar area perut. Rasa kerasnya tidak seperti batu, namun tingkat kekerasannya dapat berubah-ubah setiap waktu.

Menekan perut yang terasa kembung

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut berikutnya adalah dengan mengetahui apakah suaranya seperti ada balon di dalam perut, yang menandakan Anda sedang kembung.

Kembung di masa kehamilan sering disertai dengan sembelit, diare, atau sindrom iritasi usus besar dan merupakan keluhan yang umum dirasakan ibu hamil. Perasaan kembung ini disebabkan oleh fluktuasi hormon, di mana hormon kehamilan mengendurkan rahim dan otot-otot pencernaan sehingga memperlambat pencernaan.

Kembung seringkali berkembang di trimester pertama dan mungkin memburuk selama trimester ketiga karena janin menuntut lebih banyak ruang di dalam perut.

Menekan perut yang terasa penuh dan keras

ilustrasi sakit pada bagian perut
Sumber gambar

Perut yang terasa penuh dan keras saat disentuh seringkali menandakan sembelit yang merupakan kondisi yang menandakan kehamilan. Sembelit di awal usia kehamilan disebabkan oleh adanya peningkatan progesteron, di mana hormon ini membuat usus menjadi lebih rileks sehingga proses pencernaan makanan menjadi lebih lama. Usus pun menyerap nutrisi dan air lebih lama daripada waktu biasanya, sehingga limbah yang seharusnya dikeluarkan melalui tinja sulit dikeluarkan dan terasa keras.

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, janin pun akan semakin tumbuh dan berkembang. Berat ekstra yang harus Anda bawa di dalam rahim ini memberikan tekanan pada usus sehingga semakin mempersulit keluarnya limbah dari tubuh.

Rasa sakit saat pada ulu hati saat perut ditekan

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut lainnya adalah dengan memberikan tekanan dan merasakan ada atau tidaknya nyeri yang berkembang di ulu hati. Nyeri seperti rasa terbakar di dada yang juga bisa terasa sampai di kerongkongan ini biasanya menandakan adanya penyakit maag, namun kondisi kehamilan juga dapat menjadi pemicunya.

Rasa sakit di ulu hati ini disebabkan oleh perubahan hormon yang akan semakin memburuk saat bentuk tubuh Anda berubah di trimester ketiga. Anda mungkin membutuhkan tambahan bantal untuk menyangga kepala agar tidak terasa mual saat perut Anda semakin membesar.

BACA JUGA: Mengenal NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Nah, itulah beberapa cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut. Walaupun tanda-tanda yang telah disebutkan di atas sesuai dengan yang Anda rasakan, untuk memastikan kehamilan Anda perlu mengunjungi dokter dan mendapatkan pemeriksaan USG. Pemeriksaan rutin ke dokter sepanjang usia kehamilan akan membantu dokter memantau kondisi kesehatan Anda dan janin, serta mencegah terjadinya gangguan kesehatan hingga saat persalinan.

Sumber:

  1. https://medlineplus.gov/genetics/understanding/testing/nipt/
  2. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12232-hyperemesis-gravidarum-severe-nausea–vomiting-during-pregnancy
  3. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853
  4. https://howtodiscuss.com/t/difference-between-fat-belly-and-pregnant-belly/61480
  5. https://www.medicalnewstoday.com/articles/bloating-in-pregnancy#home-care
  6. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21895-pregnancy-constipation
  7. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12011-heartburn-during-pregnancy

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id