Unik, Begini Cara Mengecek Kehamilan dengan Pasta Gigi
Kehamilan

Unik, Begini Cara Mengecek Kehamilan dengan Pasta Gigi

Agustus 21st 2022

Awal kehamilan adalah saat yang penting untuk memberikan stimulus dan nutrisi bagi janin. Hal tersebut karena 1000 hari pertama perkembangan otak manusia dihitung sejak dalam kandungan. Stimulus dan nutrisi yang diberikan semakin dini akan memberikan hasil yang jauh lebih efektif dibandingkan yang diberikan terlambat.

Itulah mengapa penting mengetahui kehamilan sedini mungkin agar Anda pun dapat memberikan intervensi seefektif mungkin. Ada banyak cara mengetahui apakah Anda sedang hamil atau tidak. Salah satu cara yang sekilas tampak nyeleneh, namun terbukti dapat mendiagnosis kehamilan adalah cara mengecek kehamilan dengan pasta gigi.

Apabila Anda membaca artikel di internet mengenai cara mengecek kehamilan dengan pasta gigi, mungkin seketika Anda berpikir bahwa itu adalah mitos. Nyatanya, cara mengecek kehamilan dengan pasta gigi memang mungkin untuk dilakukan dan dijelaskan secara ilmiah. Penasaran? Simak penjelasan berikut.

Cara mengecek kehamilan dengan pasta gigi

ilustrasi mengecek kehamilan dengan pasta gigi
Sumber gambar

Sebenarnya apakah bisa mengecek kehamilan dengan pasta gigi? Ya, meskipun agak aneh, tapi hal tersebut mungkin saja dilakukan. Apabila dilihat dari teknik yang digunakan, sebenarnya cara ini tidak berbeda jauh dengan cara mengecek kehamilan menggunakan test pack.

Baik pasta gigi dan test pack memiliki prinsip serupa, yaitu mendeteksi kadar hormon Human Chorionic Gonadotropine (hCG) yang tinggi ketika seorang perempuan hamil. Bagaimana cara mengecek kehamilan dengan pasta gigi? Berikut Langkah-langkahnya.

  1. Sediakan pasta gigi di sebuah wadah. Anda bisa menggunakan merk apa saja, selama pasta gigi tersebut berwarna putih (tidak ada tambahan pewarna lain).
  2. Tampung urine dalam wadah. Anda bisa menggunakan urine pada setiap waktu, namun akan lebih baik menggunakan urine pertama di pagi hari.
  3. Beri 1-2 tetes urine ke dalam wadah berisi pasta gigi.
  4. Campur aduk secara merata.
  5. Lihat apakah ada perubahan warna atau tidak. Apabila pasta gigi tampak berbusa dan berubah warna kebiruan, bisa dikatakan bahwa Anda positif hamil. Apabila tidak terjadi perubahan demikian, maka bisa dikatakan Anda tidak sedang hamil.

Sederhana bukan? Akan tetapi, apa sebenarnya dasar dari ditemukannya cara mengecek kehamilan dengan pasta gigi ini? Beberapa teori mengatakan bahwa hal tersebut berdasarkan perubahan tingkat keasaman (pH) pada urine ketika seorang perempuan hamil.

ilustrasi sample urin
Sumber gambar

Urine yang mengandung hCG cenderung bersifat kurang asam, bahkan mendekati basa, yaitu sekitar 6.00-7.50. Sedangkan, pasta gigi cenderung bersifat asam, bahkan beberapa pasta gigi bersifat sangat asam (pH sangat rendah). Perbedaan tersebut diyakini mampu menghasilkan perbedaan warna menjadi kebiruan dan berbusa ketika dua elemen tersebut dicampurkan. Berbeda dengan urine perempuan yang tidak hamil yang cenderung tidak terlalu basa.

Penjelasan tersebut cukup membuktikan bahwa tidak terlalu mustahil untuk mengikuti cara mengecek kehamilan dengan pasta gigi yang belakangan beredar luas di masyarakat. Meski demikian, tentunya lebih baik jika Anda tidak hanya menggunakan satu cara ini untuk mengecek kehamilan.

Akurasi cara mengecek kehamilan dengan pasta gigi

ilustrasi akurasi mengecek kehamilan dengan pasta gigi
Sumber gambar

Cara mengecek kehamilan dengan pasta gigi memang memiliki penjelasan ilmiah yang cukup masuk akal. Akan tetapi, apakah direkomendasikan bagi seorang perempuan untuk bergantung sepenuhnya pada hasil pemeriksaan ini? Jawabannya tentu tidak.

Meski rasional, ternyata cara mengecek kehamilan dengan pasta gigi ini memiliki banyak kelemahan. Pertama, semua urine normalnya memang bersifat asam dan memiliki rentang pH sekitar 6.00. Tidak hanya perempuan hamil, yang tidak hamil pun tetap banyak yang memiliki urine dengan rentang keasaman demikian.

Kedua, salah satu kandungan dalam pasta gigi adalah kalsium karbonat. Berdasarkan reaksi kimia dasar, kalsium karbonat memang akan menghasilkan busa bila bercampur dengan asam, baik dari urine mana saja. Bahkan seorang lelaki pun bisa saja memiliki hasil yang positif, yaitu urine dan pasta gigi menghasilkan busa.

Oleh karena itu, cara ini masih dianggap sangat tidak akurat. Cara mengecek kehamilan dengan pasta gigi memiliki banyak celah untuk memperoleh hasil positif palsu. Bahkan mungkin sebagian besar orang yang melakukannya akan mendapatkan hasil positif palsu.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, semoga Anda jadi lebih memahami mengenai cara mengecek kehamilan dengan pasta gigi beserta akurasinya. Sebaiknya sebagai seorang perempuan yang mencurigai dirinya hamil, Anda lebih baik memeriksakan diri menggunakan cara lain, seperti test pack dan USG.

Pemeriksaan test pack dan USG tentu akan memberikan hasil yang jauh lebih akurat dan cepat sehingga hal ini akan menghemat waktu Anda. Setelah Anda memastikan bahwa diri Anda benar-benar hamil, baru lakukanlah pemeriksaan penunjang lain, seperti NIPT Test. NIPT test adalah pemeriksaan yang tidak rutin dan wajib, namun memang cukup penting untuk mendeteksi kelainan genetic di awal kehamilan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Sekian artikel hari ini. Semoga dapat membuka wawasan kita semua. Semoga Anda mendapatkan hasil pemeriksaan kehamilan sesuai yang Anda inginkan.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/toothpaste-pregnancy-test#accuracy
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/toothpaste-pregnancy-test#:~:text=The%20toothpaste%20pregnancy%20test%20involves,accurate%20way%20to%20detect%20pregnancy

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id