Begini Cara Mengatasi Sel Telur Kecil Secara Alami
Kehamilan

Begini Cara Mengatasi Sel Telur Kecil Secara Alami

September 28th 2022

Cara mengatasi sel telur kecil secara alami merupakan hal yang perlu diketahui perempuan yang mengalami masalah pada sel telur mereka. Ada berbagai macam kelainan pada saluran reproduksi perempuan. Masalah pada sel telur adalah salah satu yang banyak dikeluhkan karena hal tersebut menyulitkan terjadinya pembuahan.

Masalah pada sel telur pun beragam, seperti jumlah yang kurang memadai atau ukuran yang kecil. Perempuan dengan masalah tersebut biasanya datang dengan keluhan kesuburan. Mereka sulit untuk hamil meskipun telah berhubungan secara rutin.

Hal ini tentu sangat meresahkan setiap perempuan yang mengalaminya. Apabila mengalaminya, Anda perlu mengikuti saran terapi dari dokter, serta mengaplikasikan beberapa cara mengatasi sel telur kecil secara alami. Simak penjelasan berikut.

Faktor risiko masalah pada sel telur

Ilustrasi Faktor risiko masalah pada sel telur
Ilustrasi faktor risiko masalah pada sel telur [sumber gambar]
Jumlah sel telur yang tak memadai maupun ukuran yang kecil dapat terjadi karena banyak faktor. Akan tetapi, satu faktor yang berperan penting adalah hormonal. Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh akan mengakibatkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur sehingga sulit terjadi pembuahan.

Ada dua hal yang menyebabkan Anda lebih rentan mengalami kondisi ini, yaitu usia dan penyakit dasar lain. Jika dilihat dari segi usia, perempuan yang menginjak usia 30 tahun mulai mengalami penurunan kualitas sel telur. Itulah mengapa usia 25-30 tahun adalah usia optimal untuk memprogram kehamilan.

Pada usia dekade ketiga, perempuan mulai mengalami penurunan jumlah dan kualitas sel telur. Akan tetapi, pembuahan masih cukup mudah terjadi. Begitu menginjak usia 40 tahun, penurunan kuantitas dan kualitas sel telur akan terjadi secara pesat. Pada saat inilah sulit terjadi pembuahan dan kehamilan mulai menimbulkan risiko tinggi. Penurunan akan terus terjadi hingga usia 50-60 tahun, yaitu berhenti ketika mencapai masa menopause.

Itulah mengapa dokter sering menyarankan program kehamilan untuk dimulai pada usia dekade kedua hingga ketiga. Lagipula, kehamilan yang terjadi di atas usia 35 tahun jauh lebih berisiko mengalami kelainan bawaan kromosom, seperti down syndrome. Untuk mendeteksi kelainan tersebut secara dini, Anda dapat melakukan tes NIPT pada trimester awal kehamilan.

Nah, selain faktor usia, masalah pada sel telur bisa juga diakibatkan karena penyakit hormonal. Salah satu penyakit yang paling sering adalah PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). PCOS merupakan gangguan hormonal yang mengakibatkan ketidakteraturan siklus menstruasi dan menonjolnya hormon androgen pada seorang perempuan.

Hormon androgen banyak terdapat pada tubuh laki-laki. Oleh karena itu, perempuan dengan PCOS memiliki gejala serupa dengan laki-laki, yaitu suara yang berat, tumbuh rambut di berbagai tempat, kulit berminyak, serta mudah berjerawat. Apabila Anda mengalami keluhan tersebut, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Cara mengatasi sel telur kecil secara alami dan aman

Ilustrasi seorang wanita sedang melakukan yoga
Ilustrasi seorang wanita sedang melakukan yoga [sumber gambar]
Apabila Anda mengalami masalah dengan sel telur, dokter biasanya akan memberikan terapi hormonal. Anda akan diberi obat yang dapat dikonsumsi per oral atau injeksi. Sebenarnya, selain terapi medis, ada beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan sebagai pelengkap terapi dari dokter. Berikut beberapa cara mengatasi sel telur kecil secara alami dan aman.

Makanan bergizi seimbang

Konsumsi makanan bergizi seimbang merupakan cara mengatasi sel telur kecil secara alami yang terbaik. Batasi konsumsi lemak, terutama lemak jenuh dan lemak trans. Lemak yang tinggi akan mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

Perbanyak konsumsi vitamin dan mineral dalam buah dan sayur. Vitamin D dipercaya mampu meningkatkan kesuburan seseorang dibandingkan vitamin E. Perbanyak konsumsi kacang-kacangan dan susu sebagai sumber vitamin D dan lemak nabati yang sehat. Cobalah lakukan tes nutrigenomik untuk mengetahui jenis makanan dengan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Kelola stres

Ilustrasi seseorang mengalami stres
Ilustrasi seseorang mengalami stres [sumber gambar]
Stres dapat menimbulkan berbagai masalah dalam tubuh. Ketika stres, tubuh memproduksi hormon kortisol dan prolaktin yang akan mengganggu produksi sel telur. Cobalah melakukan olahraga atau meditasi secara teratur untuk mengelola stres.

Berjalan kaki setiap hari mampu membuat pikiran lebih tenang. Mandi air hangat sekali dalam sehari membantu memperlancar peredaran darah. Tak hanya menenangkan pikiran, cara ini juga dapat meningkatkan kerja indung telur dalam memproduksi sel telur.

Jaga berat badan

Obesitas atau berat badan berlebih merupakan hal yang harus diperhatikan secara saksama. Penumpukan lemak dalam tubuh akan menginduksi terjadinya peradangan. Peradangan pada organ dalam seperti organ reproduksi tentu akan mengurangi kualitas sel telur sehingga sulit untuk dibuahi.

Perbaiki kualitas tidur

Tidurlah dengan cukup pada malam hari, bukan pada siang hari. Hal ini karena pada malam hari, Anda perlu memberikan waktu pada tubuh untuk memperbaiki sel yang rusak. Aktivitas tidur di malam hari juga menginduksi produksi melatonin, sebuah hormon yang jumlahnya mulai berkurang ketika perempuan menginjak usia 40 tahun. Melatonin berperan penting dalam produksi sel telur yang berkualitas.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah beberapa cara mengatasi sel telur kecil secara alami dan aman. Kunci dari terapi pada masalah kesuburan adalah keseimbangan. Jagalah keseimbangan nutrisi dan waktu istirahat dengan sebaik mungkin sehingga terapi medis yang Anda terima dari dokter dapat bekerja secara optimal.

Sumber:

  1. https://www.msdmanuals.com/home/women-s-health-issues/infertility/problems-with-eggs
  2. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premature-ovarian-failure/diagnosis-treatment/drc-20354688

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id