Inilah Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil
Kehamilan

Inilah Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

November 9th 2022

Banyak informasi beredar seputar buah yang dilarang untuk ibu hamil. Mulai dari yang menyebabkan perut panas, mulas, keguguran, hingga menyebabkan cacat bawaan bagi janin. Informasi tersebut tentu sangat merepotkan mengingat buah juga merupakan makanan yang enak dan sehat.

Jika memang benar ada beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil, tentu Anda harus menghindarinya. Tidak banyak orang yang tahu informasi sebenarnya mengenai hal tersebut. Selama ini buah-buahan justru merupakan makanan yang direkomendasikan selama masa kehamilan.

Lalu apakah memang benar ada buah yang dilarang untuk ibu hamil? Berikut akan dijelaskan seputar mitos dan fakta mengenai buah yang dilarang untuk ibu hamil.

Mitos buah yang dilarang untuk ibu hamil

ilustrasi mitos buah yang dilarang untuk ibu hamil
Sumber gambar

Sejak zaman nenek moyang, orang telah mengenal beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil. Konon mengonsumsi buah tersebut dapat membuat ibu hamil keguguran atau bayi terlahir cacat. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, ternyata ada banyak sekali kesalahan informasi yang telah tersebar luas. Berikut beberapa mitos terkait buah yang dilarang untuk ibu hamil yang harus Anda ketahui.

Nanas

Konsumsi nanas dikenal dapat membuat perut mulas, panas, dan keguguran. Nanas bahkan dikenal luas sebagai cara ampuh menggugurkan atau mencegah kehamilan. Ternyata pernyataan-pernyataan tersebut tidak terbukti kebenarannya.

Nanas memang mengandung bromelain, suatu zat yang menyebabkan kontraksi rahim. Akan tetapi, kontraksi yang dihasilkan dari bromelain sangat ringan dan tidak berpotensi menuju persalinan atau keguguran. Perut hanya akan terasa kram sejenak sebelum kembali baik-baik saja.

Durian

Banyak yang mengatakan bahwa durian dapat memicu keguguran dan bayi dengan berat badan lahir rendah. Padahal, durian justru banyak mengandung asam folat dan vitamin B kompleks yang baik bagi perkembangan sel saraf janin. Namun konsumsi durian memang dianjurkan tidak berlebihan, baik bagi ibu hamil maupun bukan, karena kandungan lemak yang cukup tinggi.

Kedondong

Masyarakat di pulau tertentu di Indonesia percaya bahwa kedondong dapat mengakibatkan perdarahan saat persalinan. Nyatanya kedondong justru membantu melancarkan pencernaan pada ibu hamil. Kedondong juga bermanfaat dalam mencegah anemia dan meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil.

Anggur

Ada informasi yang mengatakan bahwa kandungan resveratrol dalam anggur akan meracuni janin dalam kandungan sehingga menghambat perkembangannya. Penelitian membuktikan bahwa kandungan resveratrol sangat sedikit sehingga tidak cukup untuk mengganggu perkembangan janin. Sebaliknya, antioksidan dalam anggur dapat menjaga kesehatan ibu hamil.

Fakta Buah yang dilarang untuk ibu hamil

ilustrasi buah yang dilarang bagi ibu hamil
Sumber gambar

Selain mitos mengenai buah-buahan di atas, ternyata ada pula buah yang memiliki dampak buruk bagi ibu hamil. Secara umum, buah yang dikonsumsi ibu hamil harus dalam keadaan matang dan telah dicuci bersih. Selain dua faktor utama tersebut, sebenarnya ibu hamil dapat mengonsumsi segala jenis buah-buahan.

Satu-satunya buah yang sebaiknya dihindari selama hamil adalah pepaya. Lebih tepatnya bukan bagian daging, namun kulit dari pepaya. Pastikan untuk selalu mengonsumsi pepaya dalam keadaan matang, bersih, dan terkupas seutuhnya.

Pepaya memiliki kandungan latex dan papain yang berdampak buruk bagi kehamilan. Latex dapat merangsang kontraksi hingga memicu persalinan sebelum waktunya (preterm). Sementara itu, papain dapat menyebabkan serviks melunak, merangsang terjadinya kontraksi rahim, serta melemahkan organ lain yang menyokong kehidupan janin dalam kandungan.

Sebenarnya tidak masalah jika Anda memastikan pepaya telah terkupas sempurna sebelum dikonsumsi. Kebalikan dari kulitnya, daging buah pepaya memiliki segudang manfaat, termasuk yang paling terkenal adalah melancarkan pencernaan. Selain itu, daging buah pepaya juga kaya akan vitamin A dan C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil.

Manfaat buah untuk ibu hamil

ilustrasi manfaat buah untuk ibu hamil
Sumber gambar

Buah tentu memiliki segudang manfaat bagi hampir setiap orang, termasuk ibu hamil. Buah juga merupakan makanan yang direkomendasikan para dokter untuk wajib dikonsumsi selama hamil. Apa saja manfaat buah yang sangat penting bagi ibu hamil? Berikut adalah beberapa manfaat buah yang akan terasa sangat membantu ketika hamil.

Melancarkan pencernaan

Ibu hamil erat kaitannya dengan konstipasi. Konstipasi selama hamil bisa terjadi akibat pengaruh hormonal. Buah yang kaya akan serat akan membantu ibu hamil dalam mengatasi konstipasi. Sangat bermanfaat, bukan?

Meningkatkan daya tahan tubuh

Begitu banyak buah mengandung vitamin A dan C. Terutama buah yang berwarna merah oranye. Vitamin A dan C dikenal mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini tentu sangat bermanfaat mengingat ibu hamil cenderung mengalami penurunan daya tahan tubuh (golongan immunocompromised).

Membantu perkembangan janin yang optimal

Buah-buahan juga mengandung vitamin B kompleks yang baik bagi perkembangan sel saraf dan metabolisme dalam tubuh ibu dan janin. Selain itu, beberapa buah mengandung asam folat yang mencegah terjadinya cacat bawaan pada sistem saraf janin.

Itulah sekilas wawasan mengenai mitos dan fakta buah yang dilarang untuk ibu hamil. Nyatanya, Anda tidak perlu khawatir dan ragu ketika mengonsumsi buah. Ada lebih banyak manfaat daripada keburukan dalam mengonsumsi buah. Nah, apabila ingin mengetahui jenis buah atau makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, Anda dapat melakukan tes nutrigenomik di laboratorium terdekat.

Apabila Anda ragu mengonsumsi suatu makanan, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter. Anda juga harus memeriksakan kandungan secara rutin untuk mengetahui perkembangan janin. Kini telah tersedia pula tes NIPT bila Anda ingin melakukan deteksi dini kelainan kromosom pada janin.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Demikian artikel hari ini. Semoga menambah wawasan terkait buah yang dilarang untuk ibu hamil. Selamat beraktivitas dan tetaplah mengonsumsi buah-buahan dengan wajar.

Sumber:

  1. https://www.webmd.com/baby/does-pineapple-induce-labor
  2. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2352618118301446
  3. https://www.healthline.com/health/papaya-in-pregnancy#latex-in-unripe-papaya

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id