5 Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil yang Sedang Flu
Kehamilan

5 Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil yang Sedang Flu

September 20th 2022

Flu dalam kehamilan merupakan suatu kondisi yang cukup mengkhawatirkan. Salah satu cara yang baik untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi buah yang bagus untuk ibu hamil yang sedang flu. Hal ini karena konsumsi sembarang obat yang dijual bebas di pasaran dapat berdampak buruk bagi janin dalam kandungan.

Flu dalam kehamilan juga merupakan kondisi yang tak boleh diremehkan. Apabila tak ditangani dengan benar, hal ini dapat menyebabkan sakit berkepanjangan hingga terjadi kelainan perkembangan organ pada janin. Oleh karena itu, penting mengonsultasikannya pada dokter dan melakukan pemeriksaan berkala. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan tambahan seperti tes NIPT untuk mengetahui adanya kelainan bawaan genetik pada janin.

Meskipun berbahaya, sebenarnya flu bukan penyakit yang sulit ditangani. Bahkan pada beberapa kasus, flu dapat sembuh dengan cepat dengan penanganan secara mandiri di rumah. Ada banyak cara menangani kondisi ini, misalnya dengan mengonsumsi buah yang bagus untuk ibu hamil yang sedang flu.

Rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil yang sedang flu

Secara umum, hampir semua buah baik dikonsumsi selama hamil. Meskipun banyak beredar pantangan konsumsi buah tertentu, namun nyatanya banyak di antara informasi tersebut tidak memiliki landasan yang kuat. Selama buah tersebut matang, dikupas, dan dicuci dengan bersih, maka akan aman dikonsumsi ibu hamil.

Setiap buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda sehingga memiliki manfaat yang spesifik. Misalkan buah yang banyak mengandung serat dapat membantu masalah pencernaan. Sedangkan, buah yang banyak mengandung vitamin C dikenal mampu mencegah dan melawan berbagai infeksi, termasuk flu. Berikut adalah beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil yang sedang flu.

Jeruk

ilustrasi jeruk
Sumber gambar

Jeruk merupakan salah satu yang terbaik dari daftar buah yang bagus untuk ibu hamil yang sedang flu. Kandungan vitamin C yang tinggi mampu meningkatkan sistem imun sehingga dapat secara efektif memerangi infeksi. Akan tetapi, berhati-hatilah mengonsumsi jeruk dalam jumlah banyak bila Anda memiliki riwayat penyakit gastritis (maag).

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung asam folat yang baik bagi perkembangan otak janin. jeruk juga dapat meningkatkan absorpsi zat besi sehingga ibu hamil dapat terhindar dari anemia. Kadar air yang tinggi juga akan membantu Anda senantiasa terhidrasi selama terjangkit flu.

Apel

Apel mengandung vitamin A, C, serat dan kalium yang tinggi. Vitamin A dan C akan membantu tubuh Anda memerangi virus flu. Selain itu, vitamin A juga baik untuk imunitas dan perkembangan organ mata janin dalam kandungan.

Apel merupakan salah satu buah yang ideal dikonsumsi selama kehamilan karena tidak mengandung banyak gula. Hal ini cocok bagi Anda yang memiliki gula darah tinggi. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi apel selama hamil dapat menurunkan risiko asthma dan alergi pada bayi.

Beri

ilustrasi beri
Sumber gambar

Ada banyak macam buah beri sebagai buah yang bagus untuk ibu hamil yang sedang flu. Anda dapat mengonsumsi stroberi, blueberry, raspberry, dan sebagainya. Seluruh jenis buah beri tersebut kaya akan vitamin C, antioksidan, dan serat.

Kandungan vitamin C dan antioksidan sangat baik dalam melawan infeksi dan radikal bebas. Sedangkan, serat akan membantu melancarkan pencernaan, salah satu masalah utama setiap ibu hamil. Konsumsi buah ini juga diyakini dapat membuat kulit semakin halus dan berkilau selama kehamilan.

Aprikot

Di balik ukuran yang mungil, ternyata buah aprikot mengandung beragam vitamin dan mineral. Aprikot kaya akan vitamin A, C, E, kalsium, zat besi, dan sebagainya. Kadar vitamin A dan C yang tinggi dapat meningkatkan sistem imun selama kehamilan.

Tak hanya cepat dalam mengatasi flu, aprikot dapat membantu perkembangan janin. Zat besi dapat mencegah terjadinya anemia yang sering dialami ibu hamil. Sedangkan, kalsium berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Jambu biji

ilustrasi jambu biji
Sumber gambar

Satu gelas jus jambu biji per hari dapat mencegah infeksi seperti flu, meningkatkan mood, dan melancarkan pencernaan selama kehamilan. Tak heran bila jambu biji menjadi salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil yang sedang flu. Tak hanya buahnya, daun jambu biji pun bermanfaat dalam mengurangi jumlah virus dalam tubuh.

Jambu biji memiliki zat gizi yang beragam. Jambu biji mengandung vitamin C, E, karotenoid, isoflavon, dan asam folat. Kandungan tersebut membuat buah ini sangat ideal dikonsumsi selama masa kehamilan.

Nah, itulah rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil yang sedang flu. Buah merupakan salah satu jenis makanan yang hampir selalu menyehatkan untuk dikonsumsi semua orang. Bahkan dengan mengonsumsi buah yang sesuai dengan gen dalam tubuh, Anda bisa menjadi lebih sehat, bugar, dan awet muda.

Apabila ingin mengetahui buah yang memiliki gen sesuai dengan tubuh, Anda dapat melakukan tes nutrigenomik di laboratorium terdekat yang menyediakan fasilitas tersebut. Dengan mengonsumsi buah yang tepat, Anda dapat memperoleh manfaat yang optimal dari buah tersebut dibandingkan dengan buah yang lain. Konsumsi buah yang tepat juga akan membantu Anda menjaga kesehatan diri sendiri dan janin selama masa kehamilan hingga persalinan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Demikian penjelasan mengenai rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil yang sedang flu. Semoga Anda dapat terhindar dari flu dan tetap bugar selama menjalani masa kehamilan yang menyenangkan.

Sumber:

  1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322757#the-best-fruits-to-eat-during-pregnancy

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id