Daftar Buah yang Aman untuk Ibu Hamil
Kehamilan

Daftar Buah yang Aman untuk Ibu Hamil

September 5th 2022

Buah yang aman untuk ibu hamil dibutuhkan untuk membantu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Selain vitamin, buah-buahan juga kaya kandungan serat, yang berguna untuk memperlancar buang air besar saat ibu hamil sering mengalami sembelit.

Kebutuhan nutrisi ibu hamil tidak hanya berguna bagi kesehatan tubuh ibu saja, namun juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Saat nutrisi tercukupi, janin dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan seharusnya sehingga risiko cacat lahir bisa dikurangi.

Cacat lahir pada janin bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya kelainan genetik atau kromosom, dan juga kurangnya nutrisi selama kehamilan. Cacat lahir yang disebabkan oleh kelainan genetik dapat diketahui lebih dini melalui pemeriksaan NIPT test. Sedangkan cacat lahir seperti misalnya cacat tabung saraf akibat kekurangan asam folat bisa dicegah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi makanan yang mengandung folat atau dengan mengonsumsi suplemen asam folat. Tak hanya disarankan dikonsumsi selama kehamilan, suplemen dan makanan yang mengandung asam folat juga sebaiknya dikonsumsi setidaknya 3 bulan selama menjalani program hamil.

Membuat pilihan makanan sehat sangatlah penting selama kehamilan. Makanan sehat termasuk sayuran, biji-bijian, protein rendah lemak, lemak sehat serta buah-buahan patut menjadi menu wajib setiap hari. Salah satu gejala kehamilan seperti susah buang air besar atau sembelit dapat diatasi dengan asupan nutrisi yang seimbang, termasuk dengan mengonsumsi buah-buahan. Di dalam artikel berikut, kami akan membahas buah mana saja yang aman untuk dimakan selama kehamilan, dan buah yang sebaiknya dihindari.

Ketahui buah yang aman untuk ibu hamil

ilustrasi buah untuk ibu hamil
Sumber gambar

Saat hamil, kebutuhan kalori ibu hamil akan meningkat. Kebutuhan kalori ini dapat dicukupi dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang juga dapat mencegah sembelit. Nah, berikut adalah jenis-jenis buah yang sebaiknya dikonsumsi selama kehamilan. Apa saja sih? yuk simak.

Buah jeruk

Buah jeruk adalah salah satu buah yang aman untuk ibu hamil karena merupakan sumber folat atau asam folat yang baik. Asam folat dalam buah jeruk sangat penting untuk melindungi otak dan sumsum tulang belakang dari risiko cacat tabung saraf. American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) menyarankan agar wanita yang menjalani program hamil, mengonsumsi asam folat dengan dosis 400 mcg setiap hari selama menjalani perencanaan kehamilan. Dan selama kehamilan, dosis asam folat akan ditingkatkan hingga 600 mcg.

Buah jeruk juga sumber vitamin C yang merupakan antioksidan, yang baik untuk mencegah kerusakan sel-sel serta membantu memaksimalkan penyerapan zat besi.

Karena jeruk adalah buah yang kaya kandungan air, buah jeruk juga dapat membantu menghidrasi tubuh.

Buah mangga

Siapa sih yang tak kenal buah tropis yang memiliki rasa asam manis ini? Buah mangga kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin A. Kekurangan vitamin A selama kehamilan dikatakan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko komplikasi kehamilan seperti diare dan infeksi pernapasan. Namun, Anda tetap disarankan untuk membatasi konsumsi mangga atau makanan lain yang mengandung vitamin A selama kehamilan. Karena ternyata, mengonsumsi vitamin A berlebihan juga bisa berbahaya bagi janin dan meningkatkan risiko keguguran.

Buah alpukat

Buah alpukat adalah buah yang kaya kandungan vitamin B, C, K, serat, kolin, magnesium dan juga kalium. Kandungan kalium dan magnesiumnya dapat membantu meredakan mual akibat morning sickness yang dialami selama trimester kehamilan. Anda bisa mengonsumsi alpukat sebagai snack yang dapat membantu meredakan mual sehingga Anda tidak kehilangan nafsu makan.

ilustrasi buah alpukat
Sumber gambar

Selain meredakan mual, kalium di dalam alpukat juga dapat meredakan kram kaki serta gejala kehamilan lain yang sering dikaitkan dengan kekurangan kalium dan magnesium.

Satu lagi kandungan di dalam buah alpukat yang sangat bermanfaat, yaitu kolin yang penting dalam perkembangan otak dan syaraf bayi. Sama halnya dengan kekurangan asam folat, kekurangan kolin dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf dan juga gangguan memory sepanjang hidup.

Buah lemon

Buah lemon memiliki beberapa manfaat bagi ibu hamil. Selain dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin C ibu hamil dan menstimulasi sistem pencernaan, aroma lemon juga dipercaya dapat membantu meredakan rasa mual yang terkait dengan kehamilan.

Buah pisang

Pisang kata kandungan kalium, vitamin B6, vitamin C dan juga serat. Tingginya kandungan serat pada buah pisang dapat membantu meredakan gejala sembelit. Sedangkan kandungan vitamin B6 di dalam pisang dapat meredakan mual dan muntah terutama di trimester pertama kehamilan.

Buah apel

Apel adalah buah yang sehat dikonsumsi segala usia. Kaya akan serat, buah apel juga dilengkapi dengan vitamin C, vitamin A, kalium dan pectin. Pectin yang terkandung di dalam buah apel berperan sebagai prebiotik, untuk memberi makan bakteri baik di dalam usus.

Buah apel boleh dikonsumsi dengan atau tanpa kulitnya, yang terpenting adalah mencuci buah apel terlebih dahulu sampai bersih sebelum mengonsumsinya.

Buah anggur

Mengonsumsi buah anggur dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin C dan K, asam folat, antioksidan, serat, asam organik dan pectin yang dibutuhkan tubuh selama kehamilan. Kandungan antioksidannya seperti flavonoid, tannin, linalool, anthocyanins, dan geraniol dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu mencegah infeksi.

Buah kering

Saat bepergian mungkin Anda akan merasa tidak praktis bila membawa buah-buahan segar, Anda bisa menggantinya dengan buah-buahan kering, lho. Buah kering mengandung serat, vitamin dan mineral serta energi yang sama seperti buah segar. Bedanya mungkin kandungan airnya tidak sama seperti buah segar, sehingga Anda tetap perlu mendapatkan asupan cairan dari minuman lain.

Buah yang sebaiknya dihindari selama hamil

Jika tadi kita telah membahas buah apa saja yang aman dimakan dan bermanfaat bagi ibu hamil, Anda juga perlu tahu buah mana saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang hamil.

ilustrasi pepaya muda
Sumber gambar

Pepaya muda

Buah pepaya muda mengandung getah yang dapat memicu kontraksi prematur atau menyebabkan sakit perut. Buah pepaya muda sebaiknya dihindari untuk menurunkan risiko persalinan prematur atau juga keguguran.

Buah durian

Sebenarnya tidak cukup banyak penelitian yang membahas tentang durian terkait dengan kehamilan, namun ada beberapa alasan yang menyebabkan sebaiknya menghindari durian ketika sedang hamil, antara lain:

  • Makan durian saat sedang hamil dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di perut.
  • Durian menyebabkan gas di perut.
  • Durian menyebabkan muntah atau diare.
  • Durian meningkatkan risiko diabetes gestasional terutama bila dikonsumsi dalam porsi berlebihan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Selain dua buah di atas, Anda juga perlu membatasi porsi makan buah-buahan terutama yang tinggi kandungan gulanya seperti jus buah, buah kering, atau jenis buah tertentu. Cuci hingga bersih buah-buahan sebelum dimakan untuk membersihkan sisa pestisida dan bakteri yang mungkin ikut termakan. Hindari pula makan buah yang terdapat memar, atau buah potong yang dijual di supermarket karena berisiko terkontaminasi bakteri.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat#nutritious-fruits
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322757#fruits-to-avoid
  3. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/food-news/fruits-to-eat-and-to-avoid-during-pregnancy/photostory/80231444.cms?picid=80231630
  4. https://www.rxlist.com/durian/supplements.htm

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id