Berbagai Rekomendasi Jenis Buah untuk Ibu Hamil
Kehamilan

Berbagai Rekomendasi Jenis Buah untuk Ibu Hamil

Juni 26th 2022

Buah untuk ibu hamil dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi janin dan ibu selama kehamilan. Dengan mengonsumsi buah, janin dapat tumbuh dan berkembang baik hingga persalinan.

Buah telah dikenal sejak lama memberikan segala manfaat yang baik untuk tubuh. Buah yang dikonsumsi saat hamil juga memberikan manfaat yang sama, bahkan tidak hanya ibu saja yang menikmati manfaatnya, janin juga memetik manfaat kesehatan dari buah yang dikonsumsi ibu.

Mengonsumsi buah saat menjalani program hamil juga tak kalah penting, terutama bila selama ini Anda memiliki masalah kelebihan berat badan yang turut mempengaruhi kesuburan. Menurunkan berat badan saat menjalani program hamil dapat membantu meningkatkan keberhasilan kehamilan.

Manfaat makan buah untuk ibu hamil

Saat Anda hamil, sangatlah penting untuk makan makanan bergizi dan menghindari kalori kosong. Seringkali makan makanan siap saji atau makanan olahan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 pada janin di masa depan akibat asupan lemak dan gula yang terlalu banyak.

Buah-buahan dan sayuran sangat kaya nutrisi penting. Menggantikan camilan penuh lemak dan gula seperti biskuit, cake, dan snack kemasan dengan buah-buahan akan memungkinkan Anda mendapatkan sebagian besar vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan diri sendiri dan janin.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam buah juga dapat membantu mencegah sembelit yang merupakan gejala umum selama kehamilan.

Daftar buah untuk ibu hamil yang terbaik dikonsumsi sepanjang usia kehamilan

ilustrasi daftar buah untuk ibu hamil
Sumber gambar

Saat hamil Anda cenderung menginginkan makanan yang manis-manis atau asam. Memenuhi keinginan makan manis dengan makan cake bukanlah solusi yang tepat. Selain berisiko meningkatkan berat badan, juga berisiko terhadap kemungkinan diabetes gestasional serta diabetes tipe 2 pada janin di masa depan. Untuk itu, gantikan semua camilan manis baik cake, biskuit maupun permen dengan buah-buahan yang jauh lebih sehat.

Tidak harus selalu dalam bentuk buah potong, Anda juga bisa berkreasi dengan menyajikannya sebagai salad, smoothie atau campuran yogurt.

Nah, inilah jenis buah-buahan terbaik yang direkomendasikan untuk ibu hamil:

Buah jeruk

Buah untuk ibu hamil yang paling populer dan selalu bisa ditemukan setiap hari adalah buah jeruk. Jeruk membantu tubuh tetap terhidrasi karena kandungan airnya yang cukup banyak. Jeruk juga merupakan sumber asam folat yang sangat penting dalam membantu mencegah cacat otak dan sumsum tulang belakang atau yang dikenal dengan istilah cacat tabung saraf.

American College of Obstetrics and Gynecology merekomendasikan agar wanita yang menjalani program hamil untuk mengonsumsi 400 mcg asam folat setiap hari demi kesuksesan kehamilannya. Sedangkan ibu hamil perlu mencukupi sekitar 600 mcg asam folat setiap hari selama kehamilan.

Kandungan vitamin C dalam jeruk juga berperan sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik yang dibutuhkan ibu hamil selama kehamilan.

Buah mangga

Selain buah jeruk, mangga juga merupakan sumber vitamin C hebat yang membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh. Kandungan vitamin A dalam buah mangga juga bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh pada janin saat dilahirkan dan menurunkan risiko komplikasi yang lebih tinggi terhadap diare dan infeksi pernapasan. Bagi ibu hamil, vitamin A dapat membantu memperbaiki jaringan pasca persalinan, membantu menjaga penglihatan normal, melawan infeksi, mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu metabolisme lemak.

Ibu hamil berusia 18 tahun atau lebih muda membutuhkan sekitar 750 mcg vitamin A setiap hari, sedangkan ibu hamil berusia 19 tahun ke atas membutuhkan sekitar 770 mcg vitamin A setiap hari.

Mendapatkan vitamin A dari mangga dapat mencukupi kebutuhan harian, namun perlu dicatat bahwa porsi yang dikonsumsi tidak boleh berlebihan. Mengonsumsi vitamin A berlebihan selama hamil dapat mempengaruhi kondisi janin dan menyebabkan cacat lahir serta keracunan.

Buah alpukat

ilustrasi buah alpukat
Sumber gambar

Buah alpukat menawarkan aneka kebutuhan nutrisi seperti yang bermanfaat. Serat pada buah alpukat sangat penting untuk kehamilan dalam membantu gerakan usus yang lebih sehat, mencegah sembelit, membantu mengurangi risiko diabetes gestasional dan preeklamsia.

Alpukat merupakan sumber lemak sehat dan buah kaya nutrisi. Lemak sehat di dalam alpukat merupakan jenis lemak tak tunggal jenuh yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah dan membantu Anda kenyang lebih lama di saat mendambakan makan camilan. Selain itu, asupan makanan kaya lemak tak jenuh tunggal seperti alpukat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi insomnia kehamilan.

Kandungan vitamin C, asam folat dan magnesium dalam buah alpukat juga bermanfaat bagi kehamilan. Terutama karena saat hamil kebutuhan akan folat meningkat secara signifikan demi perkembangan janin.

Banyak ibu hamil mengatakan bahwa makan buah alpukat juga membantu mengatasi mual yang mungkin disebabkan kekurangan kalium dan magnesium. Kalium sendiri selain membantu meredakan mual juga dapat meredakan kram kaki yang sering dikeluhkan ibu hamil.

Buah pisang

Buah pisang merupakan sumber kalium lain selain alpukat yang juga diperkaya dengan vitamin B6, vitamin C dan serat.

Makan buah pisang selama hamil dapat membantu mengatasi sembelit sebagai gejala kehamilan yang umum dialami sejak awal kehamilan. Sedangkan vitamin B6 di dalam pisang dapat meredakan mual dan muntah sebagai gejala kehamilan yang paling sering dikeluhkan di trimester pertama.

Buah apel

ilustrasi buah apel
Sumber gambar

Apel merupakan buah yang kaya serat, vitamin C, vitamin A, kalium dan pectin. Pectin merupakan prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus Anda. Untuk menghindari risiko keracunan, sebaiknya pastikan untuk mencuci apel terlebih dahulu bila ingin dimakan beserta kulitnya, atau mengupas kulit apel sebelum dimakan.

Aneka buah berry

Jenis buah berry-berryan seperti murbei, strawberry, blackberry, raspberry, dan goji berry mengandung aneka manfaat seperti karbohidrat, vitamin C, serat dan asam folat. Selain itu mereka juga diperkaya dengan fitonutrien seperti flavonoid dan antosianin yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Karbohidrat yang terkandung di dalam aneka buah berry dapat memberikan energi yang mudah disalurkan kepada janin. Anda bisa mencampurkannya dengan jenis buah lain, misalnya pisang dan mengolahnya sebagai minuman smoothies.

Cara aman menyajikan buah untuk ibu hamil

ilustrasi cara penyajian buah
Sumber gambar

Memiliki kandungan nutrisi dan banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin, bukan berarti buah tidak dapat membawa risiko kesehatan tertentu. Kandungan pestisida, pupuk, dan kemungkinan bakteri yang menempel seperti salmonella dan listeria bisa menjadi ancaman tersendiri bagi ibu hamil dan janin. Untuk itu, ikuti beberapa langkah berikut agar buah dapat memberikan manfaat kesehatan yang maksimal:

  • Cuci keseluruhan buah dengan bersih sebelum dimakan walaupun sebelumnya sudah dicuci dan disimpan di lemari pendingin
  • Buang bagian yang berwarna coklat atau terlihat hampir busuk yang berisiko mengandung bakteri di sana
  • Hindari makan buah yang sudah dipotong dan disimpan lama di dalam lemari es, pastikan selalu makan buah yang baru saja dipotong untuk menghindari kontaminasi bakteri
  • Simpan buah di dalam lemari es yang jauh dari daging mentah
  • Pastikan mengonsumsi jus buah yang aman dan telah dipasteurisasi bila membelinya di supermarket, atau buat saja jus buah sendiri di rumah tanpa tambahan gula agar lebih sehat

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil melalui buah-buahan dapat meningkatkan kehamilan yang sehat baik bagi ibu maupun janin. Selain itu, untuk memastikan kesehatan janin, Anda mungkin juga membutuhkan NIPT test yang bisa diperoleh sejak trimester pertama kehamilan. Hubungi dokter untuk membuat jadwal tes dan mendapatkan informasi lebih detail tentang manfaat dan cara mendapatkankan NIPT test tersebut.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat#takeaway
  2. https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/vitamin-a-in-your-pregnancy-diet_675
  3. https://www.healthline.com/health/pregnancy/avocado-pregnancy#vitamins-and-minerals

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id