Bolehkah Ibu Hamil Minum Larutan Penyegar? Simak Penjelasannya
Kesehatan

Bolehkah Ibu Hamil Minum Larutan Penyegar? Simak Penjelasannya

Juli 29th 2022

Bolehkah ibu hamil minum larutan penyegar untuk mencegah dehidrasi? Temukan jawabannya dalam ulasan singkat di dalam artikel ini.

Dehidrasi adalah salah satu hal yang umum dialami oleh ibu hamil sepanjang usia kehamilan. Sebagian besar kasus dehidrasi selama kehamilan memang cukup ringan, namun bila ibu hamil dehidrasi parah maka akan sangat berbahaya baik bagi ibu maupun janin.

Dehidrasi pada kehamilan bisa terjadi ketika ibu hamil mengalami morning sickness, sebagai salah satu tanda kehamilan. Morning sickness menyebabkan ibu hamil bisa mengalami mual dan muntah sepanjang hari yang bahkan bisa dialami hingga usia 3 bulan kehamilan. Apa penyebab di balik mual dan muntah selama kehamilan tidak diketahui dengan jelas penyebabnya. Namun, para ahli percaya bahwa peningkatan kadar hormon hCG (hormon kehamilan) yang dilepaskan oleh plasenta inilah yang menimbulkan gejala morning sicknes sepanjang waktu.

Jika morning sickness ringan adalah hal yang umum ditemui pada ibu hamil, tidak demikian dengan hiperemesis gravidarum yaitu mual dan muntah parah selama kehamilan. Hiperemesis gravidarum bahkan dapat menyebabkan ibu hamil kehilangan setidaknya 5% berat badannya. Kondisi ini cukup berbahaya karena ibu hamil berisiko tidak mendapatkan nutrisi karenanya. Rasa mual dan muntah yang parah menyebabkan sulit bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan maupun minuman, yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami dehidrasi dan juga kekurangan nutrisi.

Tanda-tanda dehidrasi pada ibu hamil

ilustrasi Tanda-tanda dehidrasi pada ibu hamil
Sumber gambar

Dehidrasi secara umum pertama kali ditunjukkan dengan adanya rasa haus yang teramat sangat. Apalagi saat hamil, ibu hamil cenderung mudah berkeringat dan merasa panas, yang juga dapat memicu dehidrasi.

Ibu hamil mengalami dehidrasi bila ada tanda-tanda sebagai berikut:

  • Perasaan kering di mulut dan tenggorokan
  • Bibir kering dan pecah-pecah
  • Kulit terlihat sangat kering
  • Kulit kehilangan elastisitasnya dan mata terlihat cekung
  • Ibu hamil jarang buang air kecil
  • Saat buang air kecil, urin berwarna gelap
  • Tidak ada rasa ingin buang air kecil seperti seharusnya
  • Tubuh terasa sangat lemah dan kelelahan
  • Ibu hamil mengalami konstipasi, wasir dan tinja sangat kering
  • Terasa pusing
  • Adanya kontraksi palsu (braxton hicks) ketika dehidrasi

Saat dehidrasi memburuk, maka perasaan haus justru akan hilang dan digantikan dengan tanda-tanda lain, seperti:

  • Pusing dan kebingungan
  • Jantung berdetak kencang
  • Adanya perubahan pola pergerakan janin
  • Tekanan darah turun yang menyebabkan pusing atau pingsan

Dehidrasi parah yang tidak segera mendapatkan pertolongan dapat menyebabkan syok dan kegagalan organ yang juga akan membahayakan nyawa janin di dalam rahim

Untuk mencegah dehidrasi pada ibu hamil, maka satu-satunya cara adalah mencukupi kebutuhan cairan ibu hamil dan menghindari beraktivitas di bawah sinar matahari langsung terlalu lama. Kecukupan cairan tidak hanya bisa diperoleh dari air minum saja, namun juga dari jus buah, sup, makan buah-buahan yang tinggi kandungan air atau juga minum larutan penyegar.

Bolehkah ibu hamil minum larutan penyegar saat sedang hamil?

ilustrasi minum larutan penyegar
Sumber gambar

Larutan penyegar yang banyak dijual bebas tidak berbahaya diminum oleh ibu hamil, selama tidak dikonsumsi berlebihan dan digunakan sebagai satu-satunya pengobatan ketika mengalami panas dalam atau tanda-tanda dehidrasi.

Setiap merek larutan penyegar memiliki komposisi yang berbeda-beda, tergantung pada merknya. Namun, umumnya larutan penyegar mengandung gipsum fibrosum yang sudah sejak lama digunakan sebagai bahan utama obat-obatan tradisional China. Gipsum fibrosum bukanlah obat herbal, melainkan mineral yang terdiri dari kalsium, sulfur dan sejumlah kecil mineral lainnya. Gipsum fibrosum yang terkandung di dalam larutan penyegar ini tidak memiliki warna, rapuh serta mudah dihancurkan. Biasanya bahan larutan penyegar ini ditemukan di dasar laut, di batuan sedimen seperti batu kapur.

Menurut pengobatan tradisional China, bahan yang juga biasanya digunakan sebagai hiasan ini bersifat mendinginkan dan menghilangkan panas, sehingga sering digunakan untuk menyembuhkan radang atau infeksi penyebab panas dalam. Seperti namanya juga, selain menghilangkan panas, larutan penyegar yang mengandung gipsum fibrosum dapat menghilangkan dahaga untuk mencegah dehidrasi dan panas dalam pada ibu hamil.

Cara mencegah dehidrasi pada ibu hamil yang aman

ilustrasi air kelapa
Sumber gambar

Menurut American College of Obstetrics and Gynecology, ibu hamil membutuhkan setidaknya 1,9-2,8 liter air untuk dikonsumsi selama kehamilan. Kebutuhan air tersebut tidak hanya bisa diperoleh dari air minum saja, namun juga makanan atau minuman lain yang mengandung air, antara lain seperti:

Jus jeruk kemasan

Jus buah kemasan yang sudah melalui proses pasteurisasi dan juga diperkaya dengan kalsium adalah salah satu pilihan minuman yang bisa dikonsumsi saat sedang hamil untuk mencegah dehidrasi. Kandungan kalsiumnya dapat membantu mencegah preeklamsia selama kehamilan, sedangkan kalium di dalamnya membantu menurunkan tekanan darah.

Hindari minum jus jeruk segar yang diperas karena berisiko terpapar bakteri, terutama bila bukan buatan sendiri.

Susu ibu hamil

Susu ibu hamil telah diperkaya dengan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama kehamilan. Susu ibu hamil bahkan baik dikonsumsi oleh mereka yang menjalani program hamil, karena mengandung asam folat yang dibutuhkan untuk mempersiapkan kehamilan dan mencegah cacat tabung saraf yang bisa mengancam janin. Cacat tabung saraf disebabkan oleh ibu yang kurang asupan asam folat. Untuk mencukupinya, Anda bisa mendapatkannya melalui suplemen maupun susu ibu hamil.

Air kelapa muda

Minum air kelapa muda selama kehamilan bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah dehidrasi dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. 95% kelapa muda adalah air yang diperkaya dengan elektrolit dan bermanfaat menghidrasi tubuh.

Mengonsumsi air kelapa muda juga dapat mengembalikan hilangnya elektrolit akibat morning sickness yang dialami sepanjang hari. Air kelapa muda mengandung elektrolit bermanfaat seperti kalium, sodium dan magnesium.

Makan makanan berkuah

Selain mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air atau jus, Anda juga bisa mendapatkan asupan cairan melalui makanan berkuah seperti sup, soto, rawon, atau makanan berkuah lainnya.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Selain menjaga kesehatan kehamilan dengan mencegah dehidrasi, sebaiknya Anda juga mendapatkan pemeriksaan NIPT test yang bisa diperoleh sejak trimester pertama kehamilan. Tes ini dapat membantu mendeteksi kelainan genetik atau kecacatan yang berisiko pada janin sejak dini, sehingga dokter bisa memberikan rekomendasi pengobatan atau perawatan yang bisa mengintervensinya. Yuk jaga kesehatan kehamilan dengan menjalani tes genetik, mencukupi kebutuhan nutrisi, mencegah dehidrasi, mendapatkan tidur berkualitas, serta tetap aktif bergerak dan berolahraga.

Sumber:

  1. https://medlineplus.gov/ency/article/001499.htm
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322230#preventing-dehydration
  3. https://hellosehat.com/tht/tenggorokan/manfaat-larutan-penyegar-untuk-panas-dalam/
  4. https://www.webmd.com/baby/what-to-know-staying-hydrated-while-pregnant-breastfeeding
  5. https://www.healthline.com/health/pregnancy/coconut-water-in-pregnancy#benefits

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id