Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Begini Kata Para Dokter
Kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Begini Kata Para Dokter

November 14th 2022

Bolehkah ibu hamil makan mie instan merupakan pertanyaan yang cukup sering diajukan oleh para ibu hamil. Selain murah, mudah ditemukan di pasaran, mie instan juga terkenal akan rasa yang lezat dan membuat orang ketagihan. Apalagi mie instan produk dalam negeri yang terkenal kaya bumbu. Tak heran banyak penggemar mie instan dari berbagai belahan dunia.

Anda pun mungkin merupakan penikmat setia mie instan, apalagi untuk dikonsumsi di kala senggang. Akan tetapi, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Karena seperti yang kita ketahui, orang yang tidak hamil pun sering dianjurkan untuk tidak banyak memakan mie instan. Begini penjelasan para dokter mengenai bolehkah ibu hamil makan mie instan.

Bolehkah ibu hamil makan mie instan?

ilustrasi makan mie instant
Sumber gambar

Mie instan produk dalam negeri bisa dibilang merupakan jenis mie instan yang paling disukai di pasaran. Hal ini karena formula bumbu khas Indonesia yang kaya akan rempah sehingga menghasilkan rasa yang beragam. Namun apakah di balik rasa yang lezat terkandung manfaat yang besar pula, terutama bagi ibu hamil yang sedang memerlukan banyak nutrisi?

Bolehkah ibu hamil makan mie instan? Para dokter berpendapat bahwa sebenarnya tidak ada larangan khusus bagi ibu hamil dalam mengonsumsi mie instan. Mie instan tidak seberbahaya itu untuk dihindari sama sekali.

Akan tetapi, ibu hamil memang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi mie instan secara sering dan berlebihan. Hal itu karena mie instan termasuk dalam kategori makanan miskin gizi. Sementara itu, ibu hamil membutuhkan banyak zat gizi untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Konsumsi mie instan secara berlebihan akan membuat ibu hamil kenyang akan makanan yang tidak memberikan cukup gizi. Selain itu, mie instan juga memiliki komposisi nilai gizi yang tidak seimbang, yang bisa berbahaya bila dikonsumsi berlebihan. Daripada mie instan, cobalah untuk memasak mie sendiri yang lebih aman bagi kesehatan.

Mengatur menu harian yang padat gizi dan sesuai kebutuhan tubuh memang susah. Apalagi dalam kondisi hamil, ketika kebutuhan nutrisi berbeda dari sebelumnya. Anda dapat melakukan tes nutrigenomik untuk mengetahui kebutuhan nutrisi secara tepat sehingga dapat membantu dalam menentukan pola makan harian.

Bahaya mie instan bagi ibu hamil

ilustrasi bahaya makan mie instan
Sumber gambar

Bolehkah ibu hamil makan mie instan? Ibu hamil boleh, namun tidak dianjurkan terlalu sering mengonsumsi mie instan. Hal itu karena konsumsi mie instan secara berlebihan ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin. Berikut kandungan dalam mie instan yang berbahaya bila dikonsumsi berlebihan.

Tinggi kalori

Kalori yang tinggi dapat mengakibatkan kadar gula darah menjadi tinggi. Berhati-hatilah bila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes atau keluarga dengan penyakit diabetes sebelumnya. Jangan sampai Anda menderita diabetes dalam kehamilan karena terlalu sering mengonsumsi mie instan yang tinggi akan kalori.

Tinggi natrium

Mie instan juga kaya akan natrium. Itulah sebabnya ia terasa gurih dan cenderung asin. Padahal selama hamil, Anda wajib membatasi asupan natrium.

Diet tinggi natrium berbahaya selama kehamilan karena dapat memicu tekanan darah tinggi. Selain itu, tekanan darah tinggi dalam kehamilan dapat menyebabkan preeklampsia bahkan eklampsia. Kedua kondisi tersebut merupakan kondisi yang mengancam nyawa ibu dan janin. Mengerikan, bukan?

Mengandung banyak pengawet

Sesuai namanya, segala sesuatu yang instan tentu mengandung banyak pengawet. Anda harus menghindari konsumsi terlalu banyak pengawet dan zat aditif lainnya selama masa kehamilan. Pengawet dan zat aditif lainnya dapat berdampak buruk bagi janin dalam kandungan.

Beberapa penelitian bahkan menemukan efek samping jangka panjang dari konsumsi mie instan bagi anak yang dilahirkan. Konsumsi mie instan berlebihan ternyata berhubungan dengan penyakit kardiovaskuler bagi anak yang dilahirkan, setelah mereka beranjak dewasa. Anda tentu tak ingin memupuk penyakit bagi anak, bukan?

Cara memakan mie instan yang sehat

ilustrasi cara memasak mie instan
Sumber gambar

Setelah mengetahui bolehkah ibu hamil makan mie instan, lalu adakah cara untuk meminimalisasi efek buruk dari mie instan? Tentu saja ada. Bukan berarti menghilangkan sama sekali efek buruk mie instan, namun cara ini dapat menetralisasi dan mengurangi efek buruk tersebut. Yuk, para ibu hamil, lakukan hal-hal ini ketika hendak memakan mie instan.

  1. Tidak menambahkan garam ke dalam mie instan
  2. Menambahkan aneka sayuran yang telah dicuci bersih dan matang
  3. Tambahkan lauk pauk tinggi protein, seperti telur, daging, dan ayam
  4. Tidak menggunakan bumbu instan sepenuhnya, cukup tuangkan setengah dan bereskperimenlah dengan racikan bumbu sendiri
  5. Masak mie instan hingga benar-benar matang

Nah, itulah langkah-langkah yang perlu diperhatikan jika Anda ingin mengonsumsi mie instan selama hamil. Sebagai ibu hamil, nutrisi harus sangat diperhatikan, begitu pula dengan perawatan antenatal rutin. Anda juga dapat melakukan berbagai tes tambahan, seperti tes NIPT untuk mengetahui kelainan kromosom pada janin.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Sekian artikel mengenai jawaban dari bolehkah ibu hamil makan mie instan. Semoga dapat membuka wawasan kita semua mengenai nutrisi yang baik selama kehamilan. Selamat beraktivitas.

Sumber:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5449380/
  2. https://www.momjunction.com/articles/safe-eat-noodles-pregnancy_0080671/#:~:text=Instant%20noodles%20are%20generally%20not,health%20of%20the%20growing%20fetus

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id