Ibu Hamil 7 Bulan Berpuasa, Apakah Aman?
Kehamilan

Ibu Hamil 7 Bulan Berpuasa, Apakah Aman?

Agustus 27th 2022

Puasa merupakan aktivitas yang baik bagi kesehatan. Banyak orang melakukan puasa karena berbagai alasan, seperti menurunkan berat badan, menjaga kesehatan tubuh, hingga untuk ibadah. Bahkan bagi umat muslim, puasa Ramadhan selama sebulan penuh merupakan kewajiban bagi yang tidak berhalangan.

Ibu hamil merupakan salah satu golongan orang yang tidak diwajibkan berpuasa, namun tetap harus mengganti di lain waktu. Akan tetapi, banyak sekali ibu hamil yang memilih untuk tetap berpuasa karena tidak ingin meninggalkan ibadah. Hal ini yang kemudian dipertanyakan oleh para perempuan, bolehkah ibu hamil 7 bulan berpuasa?

Seperti yang Anda ketahui, ibu hamil memiliki kebutuhan nutrisi harian yang berbeda dari kebanyakan orang. Ibu hamil dengan janin tunggal saja membutuhkan tambahan makanan 340 kkal per hari. Nutrisi tambahan tersebut sangat dibutuhkan untuk perkembangan organ tubuh janin selama dalam kandungan.

Jadi, bolehkah ibu hamil 7 bulan berpuasa? Amankah hal tersebut untuk ibu dan janin dalam kandungan? Bagaimana pendapat para ahli terkait hal tersebut? Berikut akan dijelaskan pro dan kontra terkait bolehkah ibu hamil 7 bulan berpuasa.

Bolehkah ibu hamil 7 bulan berpuasa?

ilustrasi ibu hamil berpuasa
Sumber gambar

Mengetahui segudang manfaat dari puasa, banyak ibu hamil sangat ingin melakukan puasa meskipun sedang hamil. Mungkin Anda juga ingin mendapatkan kepastian terkait bolehkah ibu hamil 7 bulan berpuasa sehingga tidak perlu ragu lagi dalam memutuskan. Sebenarnya, puasa pada ibu hamil masih mengandung banyak pro dan kontra.

Puasa memang berarti mengurangi asupan makanan secara drastis. Sekilas, Anda pasti berpikir bahwa kurangnya asupan akan berdampak pada BBLR (Berat Badan Lahir Rendah < 2500 gram) dan perkembangan janin. Banyak yang mengkhawatirkan hal tersebut akan berdampak pada terjadinya berbagai jenis kelainan bawaan. Beberapa ahli bahkan mengkhawatirkan puasa akan berdampak pada persalinan preterm (bayi lahir prematur) dan kematian dalam rahim.

Sebenarnya, bolehkah ibu hamil 7 bulan berpuasa? Sebuah studi meta analisis yang mengumpulkan banyak penelitian dari berbagai tempat menunjukkan bahwa puasa tidak berpengaruh pada kejadian persalinan preterm. Puasa berpengaruh terhadap menurunnya berat plasenta, namun tidak dengan berat badan lahir bayi. Studi tersebut justru menunjukkan tidak ditemukan perbedaan signifikan pada berat badan lahir.

ilustrasi ibu hamil puasa
Sumber gambar

Sementara itu, untuk kejadian kelainan bawaan, kematian dalam rahim, maupun kejadian lahir mati tidak dapat disimpulkan. Hal itu karena tidak ada cukup data dalam penelitian yang dikumpulkan. Meski hasil dari studi ini menunjukkan puasa cukup aman, namun para ahli belum bisa menyimpulkan puasa benar-benar aman dan merekomendasikannya bagi ibu hamil.

Sebuah penelitian di Arab Saudi menunjukkan adanya perbedaan antara bayi yang lahir dari ibu yang berpuasa pada trimester 2 dan 3, dengan ibu yang tidak berpuasa. Ibu hamil yang berpuasa pada trimester 2 atau 3 cenderung mengalami persalinan preterm dan memiliki bayi dengan BBLR. Akan tetapi, untuk indikator lain seperti perkembangan otak bayi, kesehatan bayi, dan kelainan lain, belum ada cukup data sehingga tidak dapat disimpulkan.

Hasil dari beberapa penelitian di atas sudah menunjukkan secara garis besar bahwa ibu hamil pada trimester 2 dan 3 tidak direkomendasikan untuk berpuasa. Hal itu mungkin masih bisa ditoleransi pada trimester pertama. Jadi, bolehkah ibu hamil 7 bulan berpuasa? Jawaban tersebut bergantung pada penelitian mana yang lebih Anda percaya, namun tidak ada penelitian yang 100% menjamin keamanan berpuasa bagi ibu hamil 7 bulan.

Tips berpuasa bagi ibu hamil

tips berpuasa ibu hamil
Sumber gambar

Meski sudah dijelaskan bahwa ibu hamil tidak direkomendasikan untuk berpuasa, namun masih ada beberapa orang yang merasa perlu berpuasa. Apabila Anda masih berada pada trimester pertama atau ada indikasi kesehatan lain, puasa bisa saja dibenarkan. Akan tetapi, ada aturan yang tetap harus Anda patuhi terkait bolehkah ibu hamil 7 bulan berpuasa.

Bolehkah ibu hamil 7 bulan berpuasa? Boleh bila Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil. Ingatlah bahwa Anda tetap harus menambah kebutuhan kalori dan protein harian. Apabila tidak bisa menambahnya di siang hari, perbanyaklah makan pada saat sahur dan berbuka.

Akan tetapi, jangan paksakan diri untuk makan langsung porsi besar dalam sekali waktu. Makanlah dengan porsi kecil namun sering. Bangunlah lebih pagi sehingga ada banyak waktu untuk sahur.

Apabila tidak yakin mampu memenuhi kebutuhan harian hanya dengan makanan, konsumsilah multivitamin dan suplemen. Selalu konsultasikan segala jenis suplemen yang akan dikonsumsi pada dokter yang merawat Anda. Beberapa nutrisi seperti asam folat, vitamin, zat besi, dan kalsium mungkin tetap harus Anda konsumsi dalam bentuk suplementasi.

Jangan lupa untuk menimbang berat badan setiap hari. Pastikan puasa tidak terlalu berpengaruh dalam menurunkan berat badan. Ingatlah bahwa dalam kondisi normal, ibu hamil perlu mengalami kenaikan berat badan sebanyak 11-16 kg selama kehamilan. Hal itu tentu perlu disesuaikan lagi bagi ibu hamil yang mengalami obesitas atau kurang gizi sebelum hamil.

Terakhir, namun yang paling penting, ketahuilah batasan tubuh. Hanya Anda yang tahu persis kapan tubuh mulai lelah dan butuh asupan energi. Jangan pernah memaksakan diri bila memang tidak kuat, terutama bila Anda mendapati gerakan janin mulai berkurang drastis. Puasa berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Periksalah ke dokter secara rutin. Lakukan berbagai pemeriksaan wajib maupun yang tidak wajib seperti NIPT Test bila memang diperlukan. Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa bertindak bijak bila memang harus berpuasa. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan mengenai bolehkah ibu hamil 7 bulan berpuasa sehingga Anda tidak lagi ragu dalam membuat keputusan.

Sumber:

  1. https://www.medscape.com/viewarticle/779893
  2. https://bmcpregnancychildbirth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12884-018-2048-y
  3. https://www.acog.org/womens-health/faqs/nutrition-during-pregnancy

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id