Manfaat Mengonsumsi Blackmores untuk Ibu Hamil
Kehamilan

Manfaat Mengonsumsi Blackmores untuk Ibu Hamil

November 22nd 2022

Konsumsi blackmores untuk ibu hamil disebut dapat mencukupi sebagian besar kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Di antara banyak suplemen dan multivitamin kehamilan, blackmores untuk ibu hamil memiliki nilai yang lebih di mata masyarakat. Selain produksi dari perusahaan yang cukup terkenal di Indonesia, blackmores memang menawarkan nutrisi yang cukup lengkap dalam setiap kapsul.

Jenis blackmores yang beragam juga disesuaikan terhadap kebutuhan nutrisi setiap orang, baik berdasarkan usia, penyakit, maupun kondisi lain seperti kehamilan. Sebenarnya, seberapa perlu seorang ibu hamil mengonsumsi multivitamin maupun suplementasi tambahan? Perlukah konsumsi blackmores untuk ibu hamil? Berikut akan dijelaskan seputar nutrisi tambahan dan manfaat blackmores untuk ibu hamil.

Kebutuhan nutrisi tambahan selama hamil

ilustrasi ibu hamil makan salad
Sumber gambar

Proses kehamilan merupakan proses yang cukup berat sehingga membutuhkan perhatian ekstra, khususnya dalam nutrisi yang harus dicukupi. Bukan berarti selalu makan dalam porsi ganda, namun ibu hamil harus memenuhi kalori, protein, dan berbagai jenis zat gizi dalam dosis tertentu. Itulah sebabnya dokter kerap memberikan suplemen atau multivitamin pada setiap kunjungan kontrol.

Apa saja nutrisi tambahan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut beberapa nutrisi tambahan yang harus selalu ada ketika Anda hendak mengonsumsi suplemen tertentu.

Asam folat

Ibu hamil memerlukan asam folat sebanyak 400 mcg tiap hari hingga usia kehamilan 12 minggu. Bagi ibu hamil dengan riwayat melahirkan bayi dengan kelainan saraf sebelumnya, wajib mengonsumsi asam folat dengan dosis lebih tinggi. Asam folat berguna dalam pembentukan sel saraf dan mencegah terjadinya defek saraf, seperti kelainan bawaan spina bifida.

Vitamin D

Kebutuhan vitamin D selama hamil adalah sebanyak 10 mcg per hari. Selain memperoleh asupan vitamin D dari suplementasi, Anda juga perlu rutin berjemur sekitar 10-15 menit setiap hari. Vitamin D tak hanya baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi janin, tapi juga dalam meningkatkan daya tahan tubuh ibu selama hamil.

Vitamin C

ilustrasi vitamin c untuk ibu hamil
Sumber gambar

Vitamin C juga merupakan nutrisi tambahan yang harus ada dalam diet ibu hamil. Apabila Anda memiliki riwayat penyakit lambung sebelumnya, tidak perlu mengonsumsi vitamin C dosis tinggi. Anda juga dapat mengonsumsi vitamin C nonacidic yang lebih ramah terhadap lambung. Vitamin C berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh ibu sehingga tidak mudah terserang infeksi selama hamil.

Zat besi

Suplementasi zat besi merupakan nutrisi wajib bagi setiap ibu hamil. Hal ini karena anemia merupakan masalah umum dalam setiap kehamilan. Jika dibiarkan berlarut-larut, anemia dapat berdampak buruk bagi ibu maupun janin.

Konsumsi suplemen zat besi dapat disertai dengan konsumsi vitamin C untuk meningkatkan penyerapannya. Ingatlah ketika mengonsumsi zat besi, jangan mengonsumsi teh atau kopi karena dapat menghambat penyerapan zat besi.

Kalsium

Kalsium baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Tidak hanya itu, suplementasi kalsium dapat mencegah terjadinya preeklampsia maupun eklampsia. Kalsium dapat Anda peroleh dari segelas susu maupun dari makanan lain, seperti kacang-kacangan atau biji-bijian.

Nutrisi tambahan yang diperlukan ibu hamil sebenarnya bisa saja dicukupi dalam diet makan sehari-hari. Akan tetapi, Anda mungkin akan merasa sulit untuk menakar dosis menu sesuai kebutuhan. Sekarang Anda dapat melakukan tes nutrigenomik untuk mengetahui kebutuhan nutrisi secara tepat sehingga dapat mengatur menu makan dengan lebih baik.

Manfaat blackmores untuk ibu hamil

ilustrasi manfaat blackmores
Sumber gambar

Blackmores untuk ibu hamil merupakan salah satu di antara sekian banyak suplementasi kehamilan. Popularitas blackmores untuk ibu hamil ternyata bukannya tanpa alasan, namun ia memang mengandung hampir semua nutrisi tambahan yang dibutuhkan selama hamil. Berikut adalah beberapa manfaat blackmores untuk ibu hamil.

Mengoptimalkan perkembangan otak janin

Blackmores untuk ibu hamil mengandung 500 mcg asam folat dan DHA. Kedua zat tersebut dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak pada janin. Asam folat berperan penting dalam proses penutupan tabung saraf janin. Sementara itu, DHA merupakan senyawa omega 3 yang membantu perkembangan sel saraf dan fungsi penglihatan.

Membantu perkembangan tulang dan gigi

Blackmores untuk ibu hamil mengandung vitamin D yang cukup tinggi, yaitu sebesar 720IU. Berdasarkan penelitian, banyak ibu hamil dan anak Indonesia kekurangan kadar vitamin D dalam tubuh mereka. Suplementasi vitamin D sangat penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin dan mineral merupakan mikronutrien yang berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Blackmores untuk ibu hamil mengandung vitamin C, D, zink, dan betakaroten yang sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi blackmores selama masa kehamilan dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit infeksi.

Mencegah terjadinya anemia

Blackmores untuk ibu hamil mengandung zat besi sebanyak 5 mg dalam setiap kapsul. Hal ini sangat penting mengingat ibu hamil cukup rentan terhadap anemia. Anemia dalam kehamilan dapat menyebabkan pasokan oksigen ke janin menjadi berkurang dan berbagai komplikasi lainnya.

Begitu banyak manfaat blackmores untuk ibu hamil. Selain suplementasi, tentunya juga penting melakukan berbagai pemeriksaan, mulai dari pemeriksaan USG rutin, hingga pemeriksaan tambahan tes NIPT. Tes NIPT kini telah marak dilakukan untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin sejak dini.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu Anda memilih suplementasi selama masa kehamilan. Apabila masih ada hal yang membingungkan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan yang merawat Anda.

Sumber:

  1. https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/vitamins-supplements-and-nutrition/#:~:text=Folic%20acid%20before%20and%20during,tube%20defects%2C%20including%20spina%20bifida
  2. https://www.blackmoresnz.co.nz/products/pregnancy-breast-feeding-gold#:~:text=Blackmores%20Pregnancy%20%26%20Breast%2Dfeeding%20Gold,Now%20in%20a%20smaller%20capsule

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id