Tips Aman Berhubungan Saat Hamil Muda
Kehamilan

Tips Aman Berhubungan Saat Hamil Muda

Oktober 17th 2022

Amankah berhubungan saat hamil muda? Pertanyaan tersebut telah menjadi pertanyaan sejuta umat. Berhubungan saat hamil muda kadang merupakan suatu hasrat yang tak terelakkan. Sebenarnya hal tersebut wajar karena seks adalah kebutuhan alamiah seluruh makhluk hidup di dunia.

Akan tetapi, situasi berhubungan saat hamil muda sering menimbulkan pertanyaan dan kekhawatiran tersendiri bagi setiap pasangan. Amankah berhubungan saat hamil muda bagi janin? Bagaimana tips berhubungan saat hamil muda dengan aman? Nah, artikel kali ini akan menjawab berbagai keresahan Anda tersebut.

Apakah aman berhubungan saat hamil muda?

ilustrasi keamanan berhubungan saat hamil muda
Sumber gambar

Para ahli sepakat menyatakan bahwa berhubungan saat hamil muda merupakan hal yang aman. Hal ini Mungkin berkebalikan dengan mitos yang beredar luar bahwa perempuan hamil tidak boleh melakukan hubungan seksual. Kini Anda bisa merasa tenang setelah mengetahui fakta yang sebenarnya.

Berhubungan saat hamil muda diketahui tidak akan mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan. Penis tidak akan dapat melakukan penetrasi hingga menembus serviks (mulut rahim). Apa yang terjadi di bawah serviks tidak akan sampai ke atas (rahim).

Ketika berada pada trimester pertama, berhubungan saat hamil muda mungkin tidak memberikan gejala apa pun. Beberapa orang bahkan merasakan kenikmatan yang lebih besar daripada sebelum hamil. Akan tetapi, Anda mungkin merasakan sedikit kontraksi (Braxton Hicks) ketika melakukannya pada trimester ketiga. Tak perlu panik, hal tersebut wajar dan Anda cukup berbaring sejenak sambil menunggu kontraksi mereda.

Berhubungan saat hamil muda tidak akan dapat menimbulkan kontraksi yang adekuat untuk memicu persalinan. Kalau pun terjadi, itu mungkin hanya kontraksi palsu. Anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut, kecuali bila sejak awal telah terjadi kelainan pada kehamilan.

Kondisi yang dilarang untuk berhubungan saat hamil muda

ilustrasi sakit perut
Sumber gambar

Berhubungan saat hamil muda memang aman untuk kehamilan dalam kondisi normal. Akan tetapi, hal itu tidak berlaku bila telah terjadi kelainan pada kehamilan. Biasanya dokter akan memperingatkan Anda untuk berhati-hati atau bahkan tidak berhubungan saat hamil muda sama sekali. Berikut beberapa kondisi ketika Anda sebaiknya tidak berhubungan saat hamil muda.

  1. Adanya riwayat perdarahan pada kehamilan saat ini atau pada kehamilan sebelumnya.
  2. Terdapat kecurigaan kelainan letak plasenta (plasenta previa, solutio plasenta, dan sebagainya).
  3. Anda menderita inkompetensi serviks (serviks lemah dan tidak menutup sempurna).
  4. Anda sedang hamil dengan janin kembar.
  5. Adanya riwayat keguguran pada kehamilan sebelumnya.
  6. Adanya riwayat melahirkan bayi prematur pada kehamilan sebelumnya.
  7. Anda pernah mengalami ketuban pecah prematur.

Apabila mengalami salah satu saja dari daftar kondisi di atas, sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk berhubungan saat hamil muda. Adanya kondisi di atas membuat hubungan seksual menjadi sangat berisiko. Anda tidak hanya merasa tidak nyaman, tapi juga berisiko mengalami perdarahan hingga keguguran.

Tips berhubungan saat hamil muda

ilustrasi tips berhubungan saat hamil muda
Sumber gambar

Apabila kehamilan yang dialami normal dan dokter memperbolehkan, maka Anda tak perlu khawatir untuk berhubungan saat hamil muda. Memang sebagian orang merasakan kenikmatan yang lebih besar, namun sebagian lagi justru merasa tak nyaman ketika melakukannya. Berikut adalah beberapa tips berhubungan saat hamil muda yang dapat Anda praktikkan agar merasa nyaman dan aman baik bagi ibu maupun janin.

Carilah posisi yang nyaman dan aman

Posisi merupakan faktor penting yang menentukan kenyamanan kedua belah pihak. Pada awal kehamilan, hubungan seksual biasanya terkendala oleh perut yang mulai menonjol. Sebenarnya, tidak ada pedoman khusus posisi apa yang harus dilakukan ketika hamil, lakukanlah senyamannya.

Akan tetapi, memang ada hal yang sebaiknya diperhatikan soal posisi berhubungan. Ada baiknya Anda menghindari posisi perempuan di bawah. Hal tersebut dapat menekan perut dan pembuluh darah di perut sehingga berpotensi mengurangi peredaran darah ke janin. Anda dapat melakukan posisi side by side, woman on top, atau spooning agar lebih aman dan nyaman.

Jangan lupakan foreplay

Foreplay cukup penting dilakukan dalam berhubungan saat hamil muda. Hal ini seperti pemanasan untuk meminimalisasi terjadinya perdarahan. Organ reproduksi ibu hamil cenderung lebih sensitif sehingga lebih berisiko terjadi perdarahan.

Gunakan kondom ketika berhubungan

Gunakan kondom apabila Anda khawatir tertular IMS (Infeksi Menular Seksual) dari pasangan. Infeksi genitalia saat hamil cukup berbahaya karena dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan. Kondom merupakan satu-satunya alat kontrasepsi yang sekaligus dapat mencegah transmisi penyakit seksual.

Nah, itulah tips aman berhubungan saat hamil muda. Selain melakukan tips di atas, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini karena dokter bisa saja memiliki pertimbangan lain yang tidak Anda pikirkan sebelumnya.

Tetaplah melakukan perawatan prenatal rutin setiap bulan. Penting untuk melakukan USG pada trimester awal kehamilan. Anda juga dapat meminta rekomendasi tes NIPT pada dokter atau melakukannya secara mandiri, untuk mengetahui kelainan pada kromosom janin.

Selain itu, pemenuhan nutrisi tetap menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Anda dapat berkonsultasi pada dokter maupun ahli gizi terkait hal tersebut. Kini juga sudah ada tes nutrigenomik untuk membantu Anda mengetahui kebutuhan nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatan selama hamil.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Kehamilan yang sehat dan tubuh yang bugar akan membuat Anda tenang selama berhubungan seksual. Satu kunci utama berhubungan saat hamil muda yang tak boleh dilewatkan adalah komunikasi. Selalu komunikasikan dengan pasangan mengenai segala keluhan dan kekhawatiran Anda untuk memperoleh hubungan yang berkualitas.

Sumber:

  1. https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/sex/#:~:text=It’s%20perfectly%20safe%20to%20have,will%20not%20hurt%20your%20baby
  2. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/sex-during-pregnancy/art-20045318

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id