Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Program Bayi Tabung
Kesehatan

Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Program Bayi Tabung

Mei 10th 2022

Bayi tabung adalah sebuah keajaiban dunia medis yang membantu pasangan yang susah mendapatkan keturunan untuk memiliki momongan.

Tak perlu lagi khawatir ketika semakin banyak orang yang julid dengan status keluarga Anda. Ketika kesulitan memiliki momongan, mungkin bayi tabung adalah jawaban untuk semuanya. Meski hanya sekadar omongan, memang pertanyaan seperti itu cukup bikin kecewa. Namun apa mau dikata kalau sudah jadi sebuah kebiasaan? Sesuatu yang membuat hati sedih pun jadi hal yang lumrah.

Bicara tentang metode medis untuk memiliki keturunan ini, bayi tabung adalah sebuah prosedur untuk membantu proses kehamilan. Cara ini bisa menjadi jalan keluar untuk Anda yang memiliki gangguan kesuburan dalam menghasilkan keturunan.

Secara alami, kehamilan pada manusia akan bermula ketika sel telur yang matang dibuahi oleh sperma di saluran indung telur. Kemudian sel telur tersebut akan tumbuh menjadi janin untuk kemudian lahir sebagai manusia setelah sembilan bulan kemudian.

Program bayi tabung adalah solusi bagi pasutri yang sulit dapatkan keturunan

ilustrasi kehamilan
Sumber gambar

Namun ada kalanya pasangan memiliki kesulitan yang berhubungan dengan kesuburan, entah dari pihak pria atau wanita. Hal ini kemudian mengganggu program hamil sehingga bayi tabung adalah jalan keluar untuk Anda yang mengalami masalah ini.

Bayi tabung adalah cara dunia kedokteran membantu pasien yang sulit memiliki keturunan. Ahli kesehatan kemudian akan menggabungkan sperma dan sel telur secara medis, di luar rahim ibu. Sel telur yang sudah menjadi embrio itu kemudian akan diletakkan kembali di rahim agar bisa berkembang menjadi janin.

Dokter tidak serta merta langsung menyarankan bayi tabung

ilustrasi konsultasi kehamilan
Sumber gambar

Pada dasarnya, para dokter percaya bahwa manusia bisa bila berusaha, termasuk dalam mendapatkan keturunan. Itulah mengapa program bayi tabung adalah sesuatu yang mereka tawarkan belakangan. Sebelumnya, dokter akan menyarankan penggunaan obat-obatan penyubur kandungan atau lewat inseminasi buatan.

Beberapa syarat yang biasanya membuat dokter menawarkan program bayi tabung adalah sebagai berikut:

  • Adanya sumbatan atau kerusakan pada saluran indung telur.
  • Memiliki riwayat operasi pengangkatan atau sterilisasi tuba falopi.
  • Terjadi gangguan ovulasi sehingga menyebabkan minimnya sel telur.
  • Memiliki jaringan dinding rahim yang tumbuh di luar rahim (endometriosis).
  • Terdapat miom, tumor jinak di dinding rahim yang bisa mengganggu penempelan embrio pada dinding rahim.
  • Pihak memiliki gangguan fungsi, bentuk, dan produksi sperma. Mulai dari kelainan bentuk dan ukuran (teratospermia), pergerakan yang lemah (asthenospermia), atau produktivitas sperma yang kurang (oligospermia).
  • Adanya alasan ketidaksuburan lain yang sulit didiagnosa.

Program bayi tabung adalah keputusan bersama

ilustrasi pasangan
Sumber gambar

Yang harus Anda ketahui tentang bagaimana mengawali proses bayi tabung adalah bahwa ini membutuhkan kerja sama antara suami dan istri. Pastikan Anda berdua sudah siap secara fisik dan mental. Pasalnya, ada juga kemungkinan bayi tabung berakhir kekecewaan karena gagal dalam prosesnya.

Selain itu, dengan semakin meningkatnya usia pasangan, terutama pihak wanita, semakin kecil pula persentase keberhasilan program. Termasuk juga adanya kemungkinan terjadinya kelainan genetik pada janin.

Pastikan juga bahwa Anda benar-benar memiliki komitmen untuk memiliki keturunan lewat bayi tabung. Bila sebelumnya memiliki gaya hidup tidak sehat, mulai jauhi kebiasaan negatif, seperti pola tidur yang tidak benar, hingga minuman beralkohol dan asap rokok.

Rangkaian tes untuk program bayi tabung adalah sebagai berikut:

Ovarian reserve testing

Dalam Ovarian reserve testing, dokter akan meneliti untuk mengetahui jumlah dan kualitas sel telur Anda. Caranya adalah dengan mengukur kadar follicle-stimulating hormone (FSH), anti-mullerian hormone (AMH), dan hormon estrogen di awal siklus menstruasi. Ada kemungkinan juga dokter akan melakukan USG panggul.

Tes untuk mengetahui penyakit infeksi menular

Dokter juga akan melakukan tes untuk mengetahui apakah Anda atau pasangan memiliki penyakit infeksi menular, seperti HIV.

Pemeriksaan dinding rahim

Ada beberapa metode untuk memeriksa dinding rahim. Mulai dari suntikan cairan khusus melalui leher rahim, kemudian lanjut dengan USG untuk mengetahui kondisi rongga rahim lewat proses sonohisterografi.

Dokter juga bisa melakukan pemeriksaan dengan memasukkan selang berkamera ke rahim melewati vagina. Proses ini disebut histeroskopi.

Tes dengan menggunakan embrio tiruan

Dengan tes ini, dokter akan mengetahui tentang ketebalan rongga rahim sekaligus menemukan solusi termudah dalam menjalankan program bayi tabung.

Tes sperma

Sulit mendapatkan keturunan bukan semata kelemahan wanita. Pria dengan sperma yang kualitasnya kurang juga bisa menjadi pemicunya. Karena itu, sebelum menjalankan program bayi tabung, dokter juga akan memeriksa kualitas dan kuantitas sperma pasien pria.

Tahapan-tahapan program bayi tabung adalah sebagai berikut:

Induksi ovulasi

Langkah pertama bayi tabung adalah induksi ovulasi. Pada tahap ini dokter akan memberikan beberapa pengobatan untuk menghasilkan hormon sintetis, seperti:

  1. Follicle-stimulating hormone (FSH), luteinizing hormone (LH), atau kombinasi keduanya yang efektif untuk melakukan rangsangan pada ovarium (indung telur).
  2. Human chorionic gonadotropin (hCG). Pengobatan ini akan dilakukan antara 8 – 14 hari setelah suntikan perangsang ovarium. Tujuannya adalah untuk membantu proses pematangan sel telur jika sel telur sudah siap untuk diambil.
  3. Obat yang berfungsi sebagai penekan ovulasi prematur. Bertujuan untuk mencegah sel telur lepas terlalu cepat dari indung telur.
  4. Memberi suplemen untuk pendukung hormon progesteron. Pengobatan ini akan diberikan saat sel telur akan diambil dengan tujuan mempersiapkan dinding rahim menjadi tempat penempelan embrio.

Dalam prosesnya, induksi ovulasi memerlukan waktu satu hingga dua minggu setelah sel telur didapatkan. Sementara itu pasien akan menjalani USG transvaginal. Tujuannya untuk memastikan bahwa sel telur tumbuh. Selain itu ada juga tes darah yang akan memastikan bahwa hormon estrogen dan progesteron sudah sesuai anjuran.

Bila pertumbuhan sel telur terlalu rendah atau terlalu banyak, atau ketika terjadi ovulasi prematur, dokter memiliki opsi untuk menunda bayi tabung. Selanjutnya, dokter akan mencoba untuk mengganti dosis hormon bagi pasien dengan harapan akan ada perbaikan pada prosesnya sehingga bisa melanjutkan program tersebut.

Pengambilan telur

Langkah selanjutnya untuk program bayi tabung adalah proses pengambilan telur. Metode ini akan mulai dokter lakukan sekitar 34 hingga 36 jam usai suntikan hormon terakhir dan sebelum ovulasi. Untuk mengurangi rasa sakit, pasien akan mendapatkan suntikan anti nyeri agar proses pengambilan telur bisa berjalan lancar.

Pengambilan telur pada program bayi tabung adalah dengan menggunakan jarum kecil secara transvaginal. Bila memungkinkan dokter akan membuat sayatan kecil pada dinding perut untuk memasukkan jarum tersebut dan menggunakan USG abdomen untuk membantu prosesnya.

Selanjutnya dokter akan mengambil beberapa sel telur yang kemudian menyimpannya pada inkubasi. Sel telur tersebut nantinya akan dibuahi sperma dari pihak pria. Sebagai catatan, bayi tabung adalah program yang tak memberi jaminan 100% berhasil. Ada kalanya metode ini tidak berjalan maksimal pada sebagian pasien dengan berbagai alasan.

Proses pembuahan

Proses pembuahan pada program bayi tabung adalah melalui inseminasi dan Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI). Cara inseminasi yaitu dengan menyatukan sperma dan sel telur sehingga menjadi embrio. Sementara ICSI adalah dengan mencari, kemudian memanfaatkan satu sperma sehat ke masing-masing sel ICSI. Opsi kedua ini biasanya dilakukan karena kualitas sperma yang buruk atau inseminasi mengalami kegagalan.

Transfer embrio

Dokter akan melakukan transfer embrio sekitar tiga sampai lima hari setelah pengambilan telur. Sebelum embrio masuk ke dalam rahim, akan ada pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui adanya kelainan genetik atau penyakit menular.

Dalam proses transfer embrio, pasien akan dibius ringan. Kemudian dokter memasukkan kateter ke dalam rahim lewat vagina. Berikutnya embrio akan dimasukkan melalui selang tersebut. Transfer embrio akan berhasil bila embrio-embrio tersebut mampu bertahan dan tertanam di dinding rahim.

Yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan sesudah menjalani program bayi tabung

ilustrasi wanita hamil
Sumber gambar

Setelah menjalani program bayi tabung, pasien disarankan untuk tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat, terutama yang membuat rahim terasa tidak nyaman. Beberapa gejala yang mungkin muncul setelah menjalani program bayi tabung adalah adanya cairan bening atau darah dari vagina, sembelit, kram perut, hingga perut kembung. Bisa juga payudara pasien terasa lebih lunak karena kadar hormon estrogen.

Untuk menunjang keberhasilan program bayi tabung serta kesehatan embrio di rahim, dokter akan memberi hormon progesteron sintetis melalui suntik atau pil. Untuk pasien, segera kunjungi dokter andai mengalami gejala nyeri pada panggul, demam, darah pada urin, atau perdarahan berat dari vagina.

Selanjutnya, 12 hingga 14 hari usai transfer embrio, pasien sebaiknya memeriksakan kehamilan. Bila ada tanda-tandanya, dokter akan melanjutkan penggunaan hormon sintetis hingga 8 – 12 minggu, serta kontrol kehamilan secara rutin.

BACA JUGA: Mengenal NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Namun, seperti tersebut di atas bahwa ada kemungkinan program bayi tabung adalah gagal. Bila hal ini terjadi, dokter akan menyarankan untuk berhenti menggunakan hormon progesteron. Selanjutnya pasien akan mengalami haid dalam seminggu. Bila tidak terjadi, kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Sumber:

  1. https://www.alodokter.com/bayi-tabung-ini-yang-harus-anda-ketahui

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id