7 Aplikasi Kehamilan untuk Membantu Para Calon Ibu
Kehamilan

7 Aplikasi Kehamilan untuk Membantu Para Calon Ibu

Agustus 7th 2022

Aplikasi kehamilan dapat membantu mengetahui segala informasi tentang kehamilan. Mulai dari tips kehamilan, pertumbuhan dan perkembangan janin setiap minggunya, hingga hari perkiraan lahir yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Kehamilan menjadi pengalaman yang selalu baru dan berbeda bagi wanita, bahkan ketika bukan kehamilan pertama. Kehamilan memiliki keunikan masing-masing, dimulai dari tanda-tanda kehamilan yang bisa saja berbeda antara orang yang satu dan yang lain. Demikian juga dengan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim yang mungkin saja berbeda karena pengaruh nutrisi dan genetika orang tua.

Berbicara soal genetika janin, sejak trimester pertama, Anda sudah bisa melakukan pemeriksaan NIPT test guna mengetahui jenis kelamin janin dan kondisi kesehatan janin. Tes ini bisa mendeteksi lebih dini adanya kelainan yang mungkin dibawa oleh janin dan beresiko mempengaruhi tumbuh kembang janin di dalam rahim.

Saat menjalani program hamil, Anda bisa memprioritaskan diri untuk mendapat pemeriksaan NIPT test serta mengunduh beberapa aplikasi kehamilan guna memaksimalkan kesehatan kehamilan dan janin. Apa saja sih aplikasi kehamilan yang terbaik?

Pilihan aplikasi kehamilan terbaik untuk membantu kehamilan sehat

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membantu kehamilan yang sedang dijalankan.

Pregnancy+ | Tracker App

ilustrasi ibu hamil menggunakan smartphone
Sumber gambar

Salah satu aplikasi kehamilan yang bisa Anda unduh adalah Pregnancy+, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta orang dan memiliki rating 4.7. Di dalam aplikasi ini Anda akan menemukan saran para ahli, artikel harian, kiat perawatan kesehatan dan model interaktif 3D sehingga Anda dapat mengetahui perkembangan bayi Anda.

Melalui aplikasi Pregnancy+, Anda juga bisa mengetahui kapan hari perkiraan lahir, menghitung pergerakan dan aktivitas janin di dalam perut, memantau berat berat badan Anda, serta menghitung kontraksi yang Anda rasakan.

Hallobumil

Aplikasi Hallo bumil adalah aplikasi pendamping kehamilan dan parenting pertama di Indonesia, yang siap mendampingi persiapan kehamilan, hamil, sampai pada waktunya melahirkan. Informasi yang terkandung dalam aplikasi ini seperti status harian program hamil, kalender menstruasi atau perkiraan masa subur, perkembangan janin, keadaan kehamilan, menghitung pergerakan janin, menghitung tendangan janin, merekam perjalanan Anda dan si kecil dengan album foto kehamilan, bahkan memberikan informasi seputar pasca persalinan.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan konsultasi seputar kehamilan dan perkembangan kehamilan dengan dokter kandungan atau konsultasi seputar pertumbuhan dan perkembangan anak dengan dokter anak.

Di sini juga tersedia video dan tips informasi serta komunitas agar Anda bisa bertukar pengalaman dan cerita dengan anggota lainnya.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1 juta orang, mungkin Anda ingin menjadi salah satunya.

Baby Center Pregnancy App&Baby Tracker

ilustrasi ibu hamil memakai gadget
Sumber gambar

Aplikasi kehamilan BabyCenter telah dipilih lebih dari 400 juta calon orang tua yang akan memandu Anda menjalani kehamilan harian dan mendapatkan informasi perkembangan bayi dari minggu ke minggu. Anda bisa mengikuti semua tahapan kehamilan dengan gambar dan video yang menunjukkan apa saja yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Tak hanya soal kehamilan, aplikasi ini bahkan menyiapkan ribuan artikel untuk membantu Anda mempersiapkan diri dalam pengasuhan anak. Semua informasi kesehatan di dalamnya ditulis oleh para ahli dan ditinjau serta disetujui terlebih dahulu oleh Dewan penasihat medis BabyCenter sebelum tayang. Artinya, setiap informasi di dalamnya sangat lengkap dan akurat.

Aplikasi kehamilan ini juga membantu melacak kesuburan dan memberikan banyak tips untuk mensukseskan usaha Anda untuk cepat hamil. Andapun bisa mengetahui jenis vitamin prenatal apa yang bisa dikonsumsi untuk memaksimalkan usaha Anda.

Ovia Pregnancy Tracker

Melalui aplikasi kehamilan Ovia Pregnancy Tracker, Anda bisa memantau pertumbuhan bayi, mengikuti milestone kehamilan, mencatat gejala kehamilan dan mempelajari perkembangan kehamilan dari minggu ke minggu.

Aplikasi ini juga memuat informasi berupa video perkembangan kehamilan mingguan yang bisa Anda ikuti. Artikel hariannya membantu memuaskan keingintahuan Anda terhadap perkembangan kehamilan. Dilengkapi dengan perhitungan kontraksi dan pergerakan janin, Anda dapat terus memantau apabila kontraksi menunjukkan bahwa waktu persalinan sudah sangat dekat.

Flo Ovulation & Period Tracker

ilustrasi aplikasi untuk ibu hamil
Sumber gambar

Aplikasi kehamilan ini telah dipilih lebih dari 230 juta wanita di seluruh dunia untuk memantau kehamilan dan pertumbuhan serta perkembangan janin sepanjang kehamilan. Aplikasi ini dilengkapi dengan kalender periode menstruasi, kalkulator ovulasi, tips hidup sehat selama kehamilan, pengingat waktu terkait kehamilan, dan masih banyak lagi.

Mengikuti perkembangan teknologi, aplikasi ini bahkan dapat dihubungkan dengan smartwatch Anda sehingga Anda merasa lebih dekat dengannya.

Buku Bumil

Buku Bumil adalah aplikasi kehamilan yang membantu Anda agar tidak ketinggalan perkembangan janin semasa kehamilan. Dengan mengikuti perkembangannya, Anda akan merasa lebih dekat dan siap menjadi ibu yang hebat untuknya.

Fitur-fitur yang terkandung dalam aplikasi Buku Bumil dilengkapi dengan perkembangan janin dari minggu ke minggu, video animasi janin dengan resolusi tinggi, tips kehamilan, musik klasik untuk ibu hamil, kalkulator berat badan, kalkulator kehamilan untuk mengetahui usia kehamilan, kebutuhan air minum ibu hamil, bacaan surat Al-Quran untuk janin, dan lain sebagainya.

Diary Bunda

Aplikasi kehamilan Diary Bunda telah dipercaya lebih dari 500 ribu ibu di Indonesia. Aplikasi ini memberikan informasi tentang perubahan menarik yang terjadi pada tubuh dan janin yang sedang berkembang di dalam perut.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda cukup memasukkan HPL (Hari Perkiraan Lahir) sehingga secara otomatis aplikasi ini akan memberikan info lengkap sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan janin serta kehamilan.

Saat bayi telah dilahirkan, aplikasi ini akan secara otomatis memberikan panduan parenting pasca melahirkan. Anda bisa menemukan infor tentang proses pemulihan pasca persalinan, milestone anak, tips makanan, tips menyusui, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Bagaimana, sudah menemukan aplikasi kehamilan yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Ajak pasangan untuk ikut serta membaca dan memantau perkembangan kehamilan sehingga ia menjadi ayah yang siaga sampai waktu persalinan nanti. Bersama-sama dengan pasangan, Anda bisa bekerja sama mencari tahu semua hal yang Anda perlukan untuk mendukung kondisi kesehatan kehamilan agar terhindar dari risiko komplikasi kehamilan.

Sumber:

  1. https://play.google.com/store/search?q=aplikasi%20kehamilan&c=apps
  2. https://www.sehatq.com/review/aplikasi-kehamilan-yang-bagus
  3. https://www.orami.co.id/magazine/sangat-berguna-4-aplikasi-ini-wajib-diunduh-ibu-hamil

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id